Tinjauan Etika Bisnis Islam terhadap Transparansi Distributor Sistem MLM di PT. Tiens Syariah Bandung

Irma Meilani, Sandy Rizki Febriadi, Shindu Irwansyah

Abstract


Abstract. This research is motivated by transparency between one distributor and another regarding the fees obtained from member get members, which causes confusion in providing wages by the company and is not open about the ranking achieved between one distributor and another distributor at PT.Tiens Syariah Bandung. . This study aims to determine transparency according to Islamic business ethics, to know the transparency of distributors in PT Tiens Syariah, and to know the transparency of the distribution of the MLM system at PT Tiens Syariah according to Islamic business ethics. The method used in this research is qualitative, data obtained from interviews. This type of descriptive research is to determine the transparency of the MLM distributors conducted by PT.Tiens Syariah. Sources of data are secondary data by examining several sources from interviews and books. The result of the analysis is that there is a mismatch between the theory used and the implementation in the field. PT.Tiens Syariah has not applied the values of honesty as contained in the principles of business ethics further on the concept of Islamic transparency of the distributor PT.Tiens Syariah Bandung does not apply the concept of Islamic transparency which is an open organization, information must be disclosed honestly, relevantly and precisely time can be compared and includes all matters relating to the information provided, and the provision of information also needs to be carried out fairly to all parties.


Keywords: Transparency, Distributor, PT.Tiens Syariah Bandung.

Abstrak. Penelitian ini dilatar belakangi oleh transparansi antara distributor satu dengan distributor lainnya terkait fee yang didapatkan dari member get member sehingga menimbulkan adanya ketidakjelasan dalam memberikan upah oleh perusahaan serta tidak terbuka perihal peringkat yang dicapai antara distributor satu dengan distributor lainnya di PT.Tiens Syariah Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui transparansi menurut etika bisnis Islam, mengetahui transparansi distributor di PT.Tiens Syariah, dan mengetahui Transparansi Distribusi Sistem MLM di PT.Tiens Syariah menurut etika bisnis Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, data diperoleh dari hasil wawancara. Jenis penelitian deskriptif dimana untuk mengetahui gambaran transparansi distributor MLM yang dilakukan PT.Tiens Syariah. Sumber data yang dilakukan data sekunder dengan cara mengkaji beberapa sumber dari hasil wawancara dan  buku. Hasil analisis adanya ketidaksesuaian antara teori yang digunakan dengan pelaksanaan dilapangan. PT.Tiens Syariah belum menerapkan nilai-nilai kejujuran seperti yang ada dalam prinsip-prinsip etika bisnis selanjutnya pada konsep transparansi Islam distributor PT.Tiens Syariah Bandung tidak menerapkan konsep transparansi Islam yaitu organisasi bersifat terbuka, informasi harus diungkap secara jujur,relevan, dan tepat waktu dapat dibandingkan dan meliputi segala hal berkaitan dengan informasi yang diberikan, dan pemberian informasi juga perlu dilaksanakan secara adil kepada semua pihak.

Kata kunci : Transparansi,Distributor,PT.Tiens Syariah Bandung.

Abstrak. Penelitian ini dilatar belakangi oleh transparansi antara distributor satu dengan distributor lainnya terkait fee yang didapatkan dari member get member sehingga menimbulkan adanya ketidakjelasan dalam memberikan upah oleh perusahaan serta tidak terbuka perihal peringkat yang dicapai antara distributor satu dengan distributor lainnya di PT.Tiens Syariah Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui transparansi menurut etika bisnis Islam, mengetahui transparansi distributor di PT.Tiens Syariah, dan mengetahui Transparansi Distribusi Sistem MLM di PT.Tiens Syariah menurut etika bisnis Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, data diperoleh dari hasil wawancara. Jenis penelitian deskriptif dimana untuk mengetahui gambaran transparansi distributor MLM yang dilakukan PT.Tiens Syariah. Sumber data yang dilakukan data sekunder dengan cara mengkaji beberapa sumber dari hasil wawancara dan  buku. Hasil analisis adanya ketidaksesuaian antara teori yang digunakan dengan pelaksanaan dilapangan. PT.Tiens Syariah belum menerapkan nilai-nilai kejujuran seperti yang ada dalam prinsip-prinsip etika bisnis selanjutnya pada konsep transparansi Islam distributor PT.Tiens Syariah Bandung tidak menerapkan konsep transparansi Islam yaitu organisasi bersifat terbuka, informasi harus diungkap secara jujur,relevan, dan tepat waktu dapat dibandingkan dan meliputi segala hal berkaitan dengan informasi yang diberikan, dan pemberian informasi juga perlu dilaksanakan secara adil kepada semua pihak.

Kata kunci : Transparansi,Distributor,PT.Tiens Syariah Bandung.


Keywords


Transparansi,Distributor,PT.Tiens Syariah Bandung.

Full Text:

PDF

References


Abdul Aziz. (2013). Etika Bisnis Perspektif Islam Implementasi Etika Islami

untuk dunia usaha . Bandung : Alfabeta .

Aqmala, D. (2018). †Analisis Pengaruh Karakteristik Distributor, Dukungan

Perusahaan Dan Organisasi Pembelajaran Terhadap Kinerja Distributor Multi

Level Marketing (Mlm). 11-12.

Keraf.A.Sonny. (2002). Etika Lingkungan. Jakarta : Penerbit Buku Kompas.

Mardani. (2014). Hukum bisnis syariah. Jakarta: Prenadamedia.

Mubarak, A. Z. (2018). Moderasi Islam Di Era Disrupsi Dalam Pandangan Kearifan

Lokal,Pendidikan Islam,Ekonomi Syariah,Dan Fenomena Sosial Keagamaan. Yogyakarta: Senja Imprint Ganding Pustaka.

Yunuarti, D. P. (2010). Implementasi prinsip transparansi dalam good corporate

govenance melalui peraturan presiden(perpres) no 26 tentang transparansi

pendapatan negara diperoleh dari industri ekstraktif,yuridika . vol.25.no 1.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/syariah.v6i2.22162

Flag Counter   Â