PENGARUH KINERJA SYARIAH FUNDING EXECUTIVE (SFE) TERHADAP PENINGKATAN JUMLAH NASABAH PENDANAAN DI BANK MUAMALAT KCP SALMAN-ITB BANDUNG

Fadhilah Tsalas Nur, Asep Ramdan Hidayat, Aminuddin Irfani

Abstract


Perkembangan produk pendanaan yang berupa produk tabungan dan deposito belum begitu menonjol dalam jumlah rekeningnya serta belum menunjukkan peningkatan yang signifikan di Bank Muamalat KCP Salman. Hal ini bisa dilihat dari rata-rata FDR Bank Muamalat di atas 100%. Artinya, pembiayaan yang di salurkan melebihi nominal Dana Pihak Ketiga (DPK) yang dimiliki Bank Muamalat. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja Syariah Funding Executive dalam kegiatan pemasaran produk pendanaan di Bank Muamalat KCP Salman – ITB.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan deskriptif analisis, yakni metode yang menggambarkan suatu fenomena berdasarkan kenyataan yang sedang berlangsung dengan cara mendeskripsikan data yang ada dan disusun sistematis kemudian menganalisanya sehingga dapat ditarik kesimpulan. Di mana penelitian ini yang akan diuji adalah pengaruh kinerja Syariah Funding Executive terhadap peningkatan jumlah nasabah pendanaan di Bank Muamalat KCP Salman.

Hasil penelitian ini adalah kinerja Syariah Funding Executive dalam kegiatan pemasaran produk pendanaan di Bank Muamalat KCP Salman – ITB secara umum telah menujukkan kinerja yang cukup baik. Tingkat perkembangan jumlah rekening deposito sebagai indikasi peningkatan nasabah pendanaan di Bank Muamalat KCP Salman – ITB mengalami perkembangan yang signifikan. Hal ini terlihat dari jumlah rekening dan nominal DPK di Bank Muamalat KCP Salman meningkat selama periode 2011 sampai dengan 2014. Dan pengaruh kinerja Syariah Funding Executive dalam kegiatan pemasaran produk pendanaan terhadap peningkatan nasabah pendanaan di Bank Muamalat KCP Salman – ITB terdapat pengaruh yang signifikan.

 


Keywords


Produk Bank Syariah, Pendanaan, Kinerja, dan Sales

References


Habib Nazir dan Hassanuddin, Ensiklopedi Ekonomi dan Prbankan Syariah, Ghalia Indonesia, Jakarta, 2008

www.bi.go.id/

http://www.lppi.or.id/index.php/module/Blog/sub/1/id/bekal-pengetahuan-funding-officer-fo

M. Napis Djuaeni, Kamus Kontemporer Indonesia-Arab Istilah Politik-Ekonomi, Mizan, Bandung, 2005

M. Syafií Antonio, Apa dan Bagaimana Bank Islam, PT Raja Grafindo, Jakarta, 2001

Philip Kotler, Marketing Management. PT Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2006




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/syariah.v0i0.1680

Flag Counter   Â