Analisis Implementasi Retailing Mix pada Manajemen Pemasaran Minimarket Syariah Mart Cianjur
Abstract
Abstract. This study aim to analyze the implementation of retailing mix in marketing managemen minimarket Syariah Mart Cianjur. Elements of retailing mix according to Christina Whidya Utami theory include Products, Prices, Promotions, Services and Physical Facilities. The problem in this study is: How is the concept of retailing mix, How is the implementation of retailing mix in Syariah Mart Cianjur. How is analyze the implementation of retailing mix in Syariah Mart Cianjur. The research method used in this research is descriptive analysis method. Data sources used are primary data namely interviews, secondary data namely books, journals, articles and other sources that are considered relevant the problem. Based on the results of the analysis of retailing mix implementation in the form of products, prices, promotions, service and physical facilities contained in the Minimarket Syariah Mart Cianjur, they have no maximally applied the retailing mix concept to their marketing management.
Keywoards: Retailing Mix, Marketing Management, Sharia Minimarket
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis impelementasi retailing mix pada manajemen pemasaran Minimarket Syariah Mart Cianjur. Unsur-unsur retailing mix menurut Christina Whidya Utami meliputi produk, harga, promosi, pelayanan dan fasilitas fisik. Adapun permasalahan dalam penelitain ini sebagai berikut, yaitu: bagaimana konsep retailing mix di dalam manajemen pemasaran syariah, bagaimana implementasi retailing mix pada manajemen pemasaran Minimarket Syariah Mart Cianjur dan bagaimana analisis implementasi retailing mix  padamanajemen pemasaran minimarket Syariah Mart Cianjur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis desktiptif. Sumber data yang digunakan adalah data primer yaitu wawancara data sekunder yaitu buku, jurnal, artikel dan sumber lain yang dianggap relevan dengan permasalahan. Berdasarkan hasil analisis implementasi retailing mix berupa produk, harga, promosi,. pelayanan dan fasilitas fisik yang terdapat di Minimarket Syariah Mart Cianjur belum sacara maksimal menerapkan konsep retailing mix pada manajemen pemasarannya.
Kata Kunci: Retailing Mix, Manajemen Pemasaran, Minimarket Syariah
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adam Hermawan, Kastawan Mandala. (2018) Pengaruh Retailing Mix Terhadap
Kepuasan Pelanggan Pada Foodmart Primo Lippo Mall Kuta. E- Jurnal
Manajemen Unud, Vol. 7, No. 2.
Agne Yasa, “RITEL MODERN: Gerai Konsep Syariah Menjamur†dalam
www.bisnis.com, diakses pada 25 Juli 2019
Arinda Firdianti. (2018). Implemantasi Manajemen Berbasis
Sekolah. Yogyakarta:CV.Gre Publishing.
Ernie Tisnawar]ti Sule dan Kurniawan Saefullah,(2005), Pengantar Manajemen
Edisi 1. Jakarta : Prenada Media.
Fandy Tjiptono. (1997). Strategi Pemasaran Edisi 1.Yogyakarta:ANDI.
Fandy Tjiptono. (2005). Pemasaran Jasa, Edisi Pertama. Yogyakarta:Penerbit
Bayumedia.
Guntur Setiawan. (2004).Implementasi Dalam Birokrasi Pembangunan.
Jakarta:Balai Pustaka.
Jimmy Hasolan. (2010). Pengantar Ilmu Ekonomi (PIE), Yogyakarta:Deepublish.
Kotler, Philip. (2008). Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid 2. Jakarta: Indeks.
Mushaf Al-QuranKementrian Agama RI, Mushaf Al-Hadi (Al-Qur’an Terjemahan Kencan Perkata Latin dan Kode Tadjwid), Bandung:Penerbit Satu Warna,2001
KH. Ahmad Mudjab Mahalli, Hadist-Hadist Mutafaq Alaih Cet 2, 2004, Jakarta:Divisi
Srisusilawati, P. (2017). Kajian Komunikasi Pemasaran Terpadu Dalam
Mendorong Keputusan Pembelian Jasa Perbankan. AMWALUNA: Jurnal
Ekonomi dan Keuangan Syariah.
Richard R. Rumagit.( Desember 2013). Bauran Penjualan Eceran (Retailing Mix) Pengaruhnya TerhadapKeputusan Pembelian Di Jumbo Swalayan Manado, Jurnal EMBA 171 Vol.1 No.4.
Wawancara dengan Wahyu, Pengelola Minimarket Syariah Mart Cianjur, di Cianjur tanggal 15 Juni 2019
Widya Utami, Christiana. (2014). Manajemen Ritel: Strategi dan Implementasi
Oprasional Bisnis Ritel Modern Di Indonesia. Jakarta : Salemba Empat.
Wijaya, Hartono Subagio,dan Sugiono Sugiharto. (2013). Analisis Retailing Mix
Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Toko 39 Semarang. E-JurnalManajemen
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/syariah.v0i0.16581
  Â