IMPLEMENTASI KONSEP ETIKA BISNIS MENURUT IMAM AL GHAZALI PADA PELAKSANAAN PROGRAM ADVERTISING DI PT ASURANSI TAKAFUL INDONESIA CABANG BANDUNG

Nashrullah Anshory, Asep Ramdhan Hidayat, N. Eva Fauziah

Abstract


Dalam menjalankan aktivitas ekonomi, Imam Al-Ghazali menekankan harus berpedoman pada etika bisnis yang Islami. Hal ini juga harus dilakukan oleh lembaga asuransi syariah dalam hal mempromosikan produk-produknya. Kegiatan Advertising di PT Asuransi Takaful Umum Bandung dalam memasarkan produk asuransi umum ini dilakukan dengan menggunakan beberapa instrument media. Dalam tatanan pelaksanaan teknisnya, iklan-iklan yang ditayangkan dengan berbagai media tersebut terkesan hanya mengedepankan sisi bisnis dan investasi yang bersifat duniawi. Kegiatan advertising tersebut terkesan tidak menekankan nilai-nilai ukhrawi atau minimal   Allah SWT atau dimensi ibadah lainnya sebagaimana yang dikehendaki Imam Al Ghazali.

Berdasarkan latar belakang tersebut, maka dibuat rumusan masalah kedalam bentuk pertanyaan sebagai berikut:Bagaimana konsep etika bisnis Islam menurut Imam Al-Ghazali? Bagaimana konsep advertising pada produk asuransi umum syariah di PT. Asuransi Takaful Indonesia Cabang Bandung? dan bagaimana Implementasi konsep etika bisnis Islam menurut Imam Al Ghazali padapelaksanaan program advertising di PT Asuransi Takaful Indonesia Cabang Bandung?

Etika sebagai ajaran baik-buruk, benar-salah atau ajaran tentang moral khususnya dalam prilaku dan tindakan-tindakan yang termasuk didalamnya kegiatan ekonomi, bersumber utama dalam ajaran agama. Itulah sebabnya penelitian dilakukan untuk mengetahui apakah penyampaian iklan/advertising tentang produk asuransi yang berbasis syariah tersebut telah sesuai dengan etika Islami, dalam hal ini etika menurut Imam Al-Ghazali.

Metode penelitian yang digunakan adalah dengan metode deskriptif analitis, yaitu studi untuk menemukan fakta dengan interpretasi yang tepat, yang ditujukan untuk meneliti status kelompok manusia, suatuobjek, suatu set kondisi, suatu system pemikiran ataupun suatu kelas peristiwa pada masa sekarang dan mengadakan interpretasi yang lebih dalam tentang hubungan-hubungan antar fenomena.

Kesimpulan dari penelitian terhadap Implementasi konsep etika bisnis islam menurut imam Al-Ghazali pada pelaksanaan program Advertising oleh PT takaful Indonesia cabang Bandung adalah bahwa secara konsep PT takaful Indonesia cabang Bandung telah sesuai dengan nilai dan etika menurut imam Al-Ghazali, dimana di dalam pelaksanaan Advertising tersebut selalu diiringi dengan pesan baik yang disampaikan secara tertulis, suara ataupun gambar yang diharapkan bisa mengingatkan nasabah atau calon nasabah agar tetap selalu bertawakal kepada Allah SWT.


Keywords


Etika, Advertising, Asuransi.

References


Abdurrahman, http://www.eramuslim.com/tokoh-islam/al-ghazali/ diakses pada tanggal 16 April 2014.

Abu Hamid Muhammad Al Ghazali, Mengungkap Rahasia Tawakal (Edisi Terjemahan oleh Idrus Hassan Lc), Mizan, bandung, 2004 : Hal. 16

Muhammad Natsir, Metode Penelitian, CV Bumi Aksara, Jakarta, 2000 : Hal.30

Muhammad, EtikaBisnis Islam. UPP-AMP YKPN, Yogyakarta tt : Hal. 3

Abu Hamid al-Ghazali, IhyaUlum al-Diin (Kairo: Matba’ah al-Utsmaniyyah. 1993), Jilid IV.hal. 793.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/syariah.v0i0.1655

Flag Counter   Â