Pengaruh Pengetahuan Agama, Lingkungan dan Pengetahuan Produk terhadap Keputusan Pedagang Muslim dalam Memilih Bank
Abstract
Keywords: Islamic Bank, Consumer Behavior, Consumer Decisions.
Abstrak. Bank di Indonesia menggunakan dual banking system yaitu bank syariah dan bank konvensional. Pedagang saat ini menggunakan bank sebagai alat transaksi. Seorang muslim seharusnya memilih bank syariah dalam kegiatan transaksi supaya terhindar dari riba. Faktanya pedagang muslim Pasar Patrol masih menggunakan bank konvensional. Maka peneliti tertarik untuk membuat rumusan masalah yaitu bagaimana pengaruh (X1), (X2), (X3) terhadap (Y). Tujuan untuk mengetahui pengaruh keputusan pedagang muslim dalam memilih bank melalui faktor perilaku konsumen dengan faktor dominannya yaitu pengetahuan agama (X1), lingkungan (X2), pengetahuan produk (X3) terhadap keputusan konsumen (Y). Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yaitu analisis data uji statistik berupa regresi linear berganda dengan sampel random sampling. Sumber yang digunakan adalah data primer yaitu kuesioner dan data sekunder yaitu berbagai sumber literatur yang mendukung penelitian. Hasil penelitian, berdasarkan skor kriterium keputusan pedagang muslim dalam memilih bank dengan variabel X1 baik sedangkan X2 dan X3 kurang baik. Sehingga para pedagang muslim dalam penelitian membuktikan minimnya menggunakan bank syariah dalam bertransaksi. Sedangkan, hasil F hitung signifikan sebesar 53,558 artinya secara keseluruhan terdapat pengaruh antara X1, X2, X3. Dengan hasil hipotesis H1, H2, H3, diterima artinya terdapat pengaruh dari variabel X1  (26,7%), X2 (30,1%),  X3 (41,6%) secara signifikan dan mempengaruhi variabel (Y).
Kata kunci : Bank Syariah, Perilaku Konsumen dan Keputusan Konsumen.Keywords
Full Text:
PDFReferences
Departemen Agama. (2000). Alquran dan Terjemahannya. Bandung: Diponegoro.
Fatwa MUI Tentang Bunga Bank. (2019, April 16). Fatwa Majelis Ulama Indonesia Nomor 1 Tahun 2004 Tentang Bunga (Interest/Fa’idah). Retrieved April 16, 2019. From http://digilib.uin-suka.ac.id/2484
Hamzah, Maulana (2015). Optimalisasi Peran Dual Banking System Melalui Fungsi Strategis JUB. Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indonesia. Vol.3 (2), 6-7.
Muflih, Muhammad. (2006). Perilaku Konsumen Dalam Perspektif Ilmu Ekonomi Islam. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Nurhasanah, Neneng dan Putra, Panji Adam Agus. (2017). Hukum Perbankan Syariah Konsep dan Regulasi. Jakarta: Sinar Grafika.
Sumarwan, Ujang. (2011). Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.
Zainal, Veithzal Rivai. dkk. (2018). Islamic Marketing Manajemen, Jakarta: Bumi Aksara.
Wartoyo. (2010). Bunga Bank: Abdullah Saeed VS Yusuf Qaradhawi. Jurnal Ekonomi Islam. Vol.4 (1), 3-4.
Hidayat, Yayat Rahmat dan Ifa Hanifia Senjiati. (2016). Modul pratikum statistika. Bandung : Mujahid Press.
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/syariah.v0i0.16510
  Â