ANALISIS PENERAPAN ETIKA KERJA ISLAM TERHADAP KINERJA KARYAWAN (STUDI KASUS BANK SYARIAH MANDIRI CABANG BANDUNG UTAMA)

Nia Kamelia Sari, Zaini Abdul Malik, Aan Julia

Abstract


Upaya yang dilakukan perusahaan untuk meningkatkan kinerja karyawan salah satunya dengan membuat etika kerja yang harus diikuti oleh setiap karyawannya. Etika kerja yang dimiliki Bank Syariah Mandiri menganut nilai-nilai Islam yaitu dikenal dengan ETHIC. Tujuan penelitian ini yaitu: (1)Untuk mengetahui bagaimana konsep etika kerja Islam Bank Syariah Mandiri; (2) Untuk mengetahui kinerja karyawan Bank Syariah Mandiri Cabang Bandung Utama; dan (3) Untuk mengetahui bagaimana analisis penerapan etika kerja Islam terhadap kinerja karyawan di Bank Syariah Mandiri Cabang Bandung Utama. Responden dalam penelitian ini adalah karyawan Bank Syariah Mandiri Cabang Bandung Utama. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Teknik sampling yang digunakan yaitu accidental sampling. Hasil perhitungan penelitian menunjukkan, bahwa bahwa etika kerja Islam Bank Syariah Mandiri telah diterapkan dengan baik oleh hampir seluruh karyawan Bank Syariah Mandiri Cabang Bandung Utama, sehingga meningkatkan kinerja karyawannya.


Keywords


Etika Kerja Islam, Kinerja Karyawan

References


Andi Hastono, Skripsi: Nilai-nilai Islam pada Budaya Organisasi Bank Syariah Mandiri Pusat, Jakarta, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, 2009.

Asep Tapip Yani, Manajemen Sumber Daya Manusia (Sebuah Pendekatan Strategik), Bandung, Humaniora, hlm.34.

Habib Ar-Rahman dalam Andy Maynascova, Skripsi: Hubungan Etika Kerja Islam terhadap Kinerja Karyawan Panghegar, Universitas Islam Bandung, 2008, hlm.26

H.J. Bernardin dan J.E.A. Russel, Human Resource Management 2nd Edition – An Experience Approach, Singapore: McGraw-Hill, 1998, hlm.239.

Ustaz Razali bin Abd Rahim, 2001, hlm.5.

Zuhal, Knowledge & Innovation (Platform Kekuatan Daya Saing), Jakarta, PT Gramedia Pustaka Utama, 2010, hlm.420.

http://faridwajdi.info/lapk-kejahatan-bank-akibat-moral-buruk/ diunduh pada Selasa, 19 Mei 2015 pukul 22.20 WIB




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/syariah.v0i0.1162

Flag Counter   Â