Pengembangan Metode Analisis Boraks dan Formalin Menggunakan Alat Uji Carik Selofan yang Diimpregnasikan Kedalam Campuran Pereaksi Kurkumin dan Schryver

Giatasa Manoti, Anggi Arumsari, Sukanta Sukanta

Abstract


Penyalahgunaan boraks dan formalin yang masih tinggi dalam pangan jajanan membuat perlu dikembangkannya alat uji carik yang dapat mendeteksi kedua analit dalam satu alat uji carik dengan mudah, cepat, serta memiliki sensitifitas dan mudah. Maka pada penelitian ini dibuat alat uji carik menggunakan membran selofan sebagai polimer. Membran selofan ini diimpregnasikan ke dalam campuran pereaksi kurkumin dan schryver untuk dapat bereaksi dengan boraks dan formalin. Hasil penelitian menunjukkan alat uji carik selofan memberikan hasil positif pada larutan analit boraks, formalin serta campuran kedua analit tersebut. Alat uji carik yang dibuat memberikan batas deteksi pada keadaan tunggal untuk boraks sebesar 100 ppm, dan formalin sebesar 300 ppm. Serta pada larutan campuran boraks dan formalin memberikan batas deteksi masing – masing 100 ppm dan 400 ppm

Keywords


boraks, formalin, selofan, alat uji cari

References


Hardianti, Siti. (2016). “Skripsi:Pengembangan Metode analisis Boraks dan Formalin Menggunakan Alat Uji Carik Selofanâ€. Universitas Islam Bandung.

Laity PR, Glover PM, Godward J, McDonald PJ, Hay JN. (2000). “Structural studies and diffusion measurements of waterswollen Cellophane†NMR imaging.

Schryver, S.B. (1910). The Photochemical Formation of Formaldehyde in green plants. Proc. Roy. Soc. London, Series B 82.

Saparinto, Cahyo dan Diana H. (2006). Bahan Tambahan Pangan. Kanisius, Yogyakarta.

Tokusoglu, O., Alkan, S., Murtaza, P., Dilvin E. (2015). " Turmeric Curcuminoid Polyphenolics As Antioxidant And Anticarcinogenic Agents " in Natural Science and Discovery.

Zulfa, Fika N,. (2013). “Skripsi: Fabrikasi Strip Test Berbasis Reagen Asam Sulfanilat Dan Naftilamin Untuk Analisis Pengawet Nitrit Pada Sampel Sosis Gorengâ€. Universitas Jember. Jember.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.8351

Flag Counter    Â