Optimasi Komposisi Wax dalam Formula Lip Cream Ekstrak Bunga Rosella (Hibiscus Sabdarifa L.) dengan Metode Simplex Lattice Design (SLD)

Irma Astri Pebriliani, Amila Gadri, Ratih Aryani

Abstract


Kandungan wax dalam lip cream berfungsi sebagai thickener untuk meningkatkan konsistensi. Wax yang sering digunakan pada pembuatan lip cream yaitu microwax dan beeswax. Ekstrak etanol 96% bunga rosella (Hibiscus sabdarifa L.) mengandung antosianin yang dapat digunakan sebagai zat warna alami dalam sediaan lip cream. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komposisi yang paling baik dari kombinasi microwax dan beeswax dengan memanfaatkan metode Simplex Lattice Design (SLD) menggunakan software Design Expert 10.0.3. Delapan formula lip cream dari hasil software Design Expert 10.0.3 dengan metode SLD diuji daya sebar dan uji kesukaan meliputi daya lekat dan daya oles. Selanjutnya hasil diolah kembali oleh software dengan memasukan data respon yang diinginkan sehingga mendapatkan 2 formula yang di prediksi sebagai formula optimum. Kemudian kedua data formula optimum di verifikasi dengan membandingkan respon sukarelawan. Hasil verifikasi kedua formula menyimpulkan bahwa nilai daya sebar prediksi sesuai dengan hasil sebenarnya, sedangkan nilai daya oles dan daya lekat prediksi lebih rendah dibandingkan hasil sebenarnya. Formula 1 dan formula 2 merupakan formula terbaik dilihat dari uji organoleptis, uji homogenitas, daya sebar dan uji kesukaan

Keywords


Lip cream, Optimasi, wax, Hibiscus sabdarifa L

References


Barel, A.O., Paye, M., dan Howard I.M. (2001). Handbook of Cosmetic Science and Technology. Edisi Kedua, Informa Healthcare, New York.

Butler, Hilda et all. 2000. Poucher’s Perfumes, Cosmetics and soaps 10th Edition. London : Kluwer Academic Publishers.

Dirjen POM. (2010). Farmakope Herbal Indonesia. Jilid I. Jakarta: Departemen Kesehatan RI.

Koswara, Sutrisno. (2009). Pewarna Alami Produksi dan Penggunaannya. Ebookpangan.Com [diakses pada tanggal 3 Januari 2017].

Lauffer, P.G.I., 1972, Lipsticks, dalam Balsam, M.S., Cosmetic Science and Technology, Second Edition, John Willey & Sons Inc, USA.

Mardiah, dkk. 2009. Budi Daya dan Pengolahan Rosella Si Merah Segudang Manfaat. Agromedia. Jakarta Selatan.

Tranggono, R.I dan Latifah, F. 2007. Buku Pegangan Ilmu Pengetahuan Kosmetik. Jakarta: Penerbit Pustaka Utama.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.8109

Flag Counter    Â