Faktor-Faktor yang Menentukan Permintaan Mobil LCGC di Indonesia

Wulan Ratna Sari, Westi Riani, Meidy Haviz

Abstract


Abstract. Indonesia is a country that has a relatively good development in the automotive industry. At present, there are at least 3 types of passenger cars that are widely used by the public, namely passenger cars MPV, SUV and LCGC. The increase in car sales from year to year reflects the need for transportation. This study aims to identify the factors that determine the demand for LCGC cars in Indonesia, as well as to determine the dominant factors that determine the demand for LCGC cars in Indonesia. The method used is descriptive analysis with a quantitative approach. Data collection was carried out through questionnaires, with a total sample of 270 respondents. determined based on the method developed by Isaac and Michael. Questionnaires are distributed via Google form. Respondents in the study were LCGC car users. The method of analysis is based on respondents' perceptions of the 20 statements measured using a Likert scale and processed using the SPSS for Windows Version 25.0 program. From the results of data processing identified factors that determine the demand for LCGC cars are car prices, fuel prices and spare parts, tastes, and income. The most dominant factor determining LCGC car demand is taste.

Keywords: Demand, LCGC

Abstrak. Indonesia merupakan negara yang memiliki perkembangan dalam industri otomotif yang relatif baik. Saat ini, setidaknya terdapat 3 jenis mobil penumpang yang banyak digunakan masyarakat, yaitu mobil penumpang jenis MPV, SUV dan LCGC. Peningkatan penjualan mobil dari tahun ke tahun mencerminkan kebutuhan akan alat transportasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor- faktor yang menentukan permintaan mobil LCGC di Indonesia, serta untuk mengetahui faktor dominan yang menentukan permintaan mobil LCGC di Indonesia. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner, dengan jumlah sampel sebanyak 270 responden yang ditetapkan berdasarkan metode yang dikembangkan oleh Isaac dan Michael. Kuesioner disebar melalui Google Form. Responden dalam penelitian adalah pengguna mobil LCGC. Metode analisis yang didasarkan pada persepsi responden terhadap 20 pernyataan yang diukur dengan menggunakan Skala Likert dan diolah dengan menggunakan program SPSS for Windows Version 25.0. Dari hasil pengolahan data teridentifikasi faktor yang menentukan permintaan mobil LCGC yaitu Harga Mobil, Harga Bahan Bakar dan Sparepart, Selera, dan Pendapatan. Adapun faktor yang paling dominan menentukan permintaan mobil LCGC adalah Selera. 

Kata Kunci: Permintaan, LCGC


Keywords


Permintaan, LCGC

Full Text:

PDF

References


AR, dan Damaianti. (2011). Metode penelitian pendidikan bahasa. Bandung: remaja rosdakarya.

Bagus Ardi Kurniawan, Fitrie Arianti (2013) Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan riil mobil Toyota Kijang Innova di Kota Semarang.

Beni Setiawan (2016) Pengaruh Faktor Sosial dan Atribut Produk terhadap Keputusan Pembelian Mobil Low Cost Green Car (Survei pada Pengguna Suzuki Karimun Wagon R di Indonesia).

Chaerannisah. (2014) Analisis Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Permintaan Mobil di Kota Makassar.

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menargetkan pertumbuhan kendaraan roda empat pada 2013. JAKARTA.

Hasan, M. Iqbal, Pokok-pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya, Ghalia Indonesia, Bogor, 2002

Kementerian Perindustrian. 2012. Nilai impor barang jadi karet berdasarkan negara asal. Kementrian Perindustrian, Jakarta.

Kementerian Perindustrian Nomor 33/2013. Republik Indonesia.

Muhammad Rahmat Zain (2016) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pembelian Mobil di Kota Makassar (Studi Kasus Honda Mobilio).

Production 2014 · Wholesales 2014. 2013. Data by Brand 2013.

Rahardja, Prathama dan Mandala Manurung. 2008. Pengantar Ilmu Ekonomi (Mikroekonomi & Makroekonomi) Edisi Ketiga. Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Reza Mardani Nugroho. (2013) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Permintaan Mobil Toyota Avanza di Kota Semarang.

Sudarsono, 1983. Teori ekonomi mikro, FE UGM : Yogyakarta.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : ALFABETA.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v7i1.26153

Flag Counter    Â