Preferensi Konsumen terhadap Brand Kerudung di Kota Bandung

Andini Fitriani, Ria Haryatiningsih, Westi Riani

Abstract


Abstract. Preferences according to the Big Indonesian Dictionary (2006) are choices, tendencies, preferences or things that take precedence, prioritize, and take precedence over others. The purpose of this research is to find out which factors are the most dominant to be the consumer's preference in using a veil in Bandung and to know how consumers' preferences towards the veil brand in Bandung. This research uses quantitative descriptive methods. Using primary data obtained through the distribution of questionnaires to visitors Elzatta and Zoya in Bandung Indah Plaza with the number of respondents Elzatta as many as 50 respondents and visitors Zoya as many as 50 respondents. Measurement of indicators using AHP. The results showed the determinants of people choosing Elzatta or Zoya veils were dominated by quality with a weight of 41.44%, taste with a weight of 33.38% and price with a weight of 25.15%. Of the quality criteria predominantly style with a weight of 63.54%, the criteria for taste are dominated by packaging with a weight of 61.29%, and the price criteria are dominated by normal prices with a weight of 80.41%. It was explained that the dominant factor of consumer preference in choosing the Elzatta and Zoya veils in Bandung Indah Plaza was the quality factor. Preference of the majority of consumers in Bandung Indah Plaza in choosing the Elzatta Veil with a final weight of 55% compared to Zoya with a final weight of 44%. There is almost the same weight value between those who choose Elzatta or Zoya but the more dominant consumers choose Elzatta Veil.

Keyword: Preferences, Brand veil, in the city of bandung

Abstrak. Preferensi menurut Kamus Besar bahasa Indonesia (2006) adalah pilihan, kecenderungan, kesukaan atau hal yang didahulukan, diprioritaskan, dan diutamakan daripada yang lain. Tujuan penelitian untuk mengetahui Faktor manakah yang paling dominan untuk menjadi preferensi konsumen dalam menggunakan kerudung di kota bandung dan mengetahui bagaimana preferensi konsumen terhadap brand kerudung di kota bandung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Menggunakan data primer yang di dapat melalui penyebaran kuesioner kepada pengunjung Elzatta dab Zoya di Bandung Indah Plaza dengan jumlah responden pengunjung Elzatta sebanyak 50 responden dan pengunjung Zoya sebanyak 50 responden. Pengukuran indicator  menggunakan AHP. Hasil penelitian menunjukan faktor penentu orang memilih kerudung Elzatta atau Zoya didominasi oleh kualitas dengan bobot 41,44%, selera dengan bobot 33,38% dan harga dengan bobot 25,15%. Dari kriteria kualitas didominasi corak dengan bobot 63,54%, dari kriteria selera didominasi kemasan dengan bobot 61,29%, dan kriteria harga didominasi harga normal dengan bobot 80,41%. Dijelaskan bahwa faktor dominan preferensi konsumen dalam memilih kerudung Elzatta dan Zoya di bandung Indah Plaza adalah faktor kualitas. Preferensi mayoritas konsumen di Bandung Indah Plaza dalam memilih Kerudung Elzatta dengan bobot akhir 55% dibandingkan Zoya dengan bobot akhir sebesar 44%. Terdapat nilai bobot yang hampir sama antara yang memilih Elzatta atau Zoya tetapi  yang lebih dominan konsumen memilih Kerudung Elzatta.

Kata Kunci : Preferensi, Brand kerudung, di Kota bandung

 


Keywords


Preferensi, Brand kerudung, di Kota bandung

Full Text:

PDF

References


Arni, Anggraeni Sutilestari. 2015. Preferensi Masyarakat terhadap Produk Makanan Kemasan Berlabel Halal dan tidak Berlabel Halal. Universitas Islam Bandung.

Anggraeni, Dita Putri. 2016. Pengaruh Kualitas Produk terhadap Kepuasan dan Loyalitas Planggan. Universitas Brawijaya Malang.

Errin. 2015. Pengaruh Harga Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan pembelian (Studi pada Pelanggan Freshasan Cabang Banjarsari Selatan Semarang). Universitas Diponegoro.

Endy, Gunawan Anindhita. 2012. Analisis Pengaruh Citra dan Kualitas Produk terhadap Loyalitas Konsumen Kecap Merek Udang di Kabupaten Grobogan. Universitas Muhammadiyah Surakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.21036

Flag Counter    Â