Strategi Persaingan Pada Kios – Kios Kecil Makanan dalam Menghadapi Perkembangan Café di Kawasan Wisata Punclut Bandung, Jawa Barat
Abstract
Keywords: Competitiveness Strategy, Porter’s Five Force Model, SWOT Analysis.
Â
Abstrak. Persaingan usaha dalam meraih pangsa pasar yang lebih luas adalah hal yang wajar. Namun, persaingan usaha yang tidak sehat dapat merugikan pelaku usaha yang lain. Kondisi tersebut terjadi pada persaingan antara para pelaku usaha 6 café besar di Kawasan Wisata Punclut Bandung dengan para pemilik kios kecil disekitarnya. Dampak keberadaan 6 café besar tersebut adanya penurunan jumlah usaha, omset, dan pengunjung di kios kecil sekitar Kawasan. Menghadapi kondisi tersebut, maka perlu diketahui bagaimana seharusnya strategi yang dapat dilakukan oleh kios – kios makanan kecil di sekitar Punclut agar dapat bertahan menghadapi persaingan usaha. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan mengaplikasikan Five Force Model dan menggunakan metode Analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat persaingan usaha yang sangat ketat bagi para kios kecil, sehingga strategi utama yang harus dilakukan adalah strategi intensif. Dari hasil analisis SWOT didapatkan strategi pengembangan kios makanan kecil, yaitu: (1) meningkatkan strategi promosi dengan menggunakan bantuan teknologi; (2) meningkatkan kualitas tenaga kerja; (3) melakukan diversifikasi prroduk dan diferensiasi produk agar menu lebih menarik dan bervariatif; (4) meningkatkan kualitas dari fasilitas sarana dan prasana bagi konsumen; (5) meningkatkan standarisasi mutu produk makanan yang dijual; (6) melakukan kerjasama dengan institusi tertentu atau lembaga terkait.
Kata Kunci: Strategi Persaingan, Five Force Model Porter, Analisis SWOT.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arsyad, Lincolyn dan Stephanus Eri Kusuma, 2914, Ekonomika Industri: Pendekatan Struktur Perilaku dan Kinerja, UPP STIM YKPN, Yogyakarta.
David. 2009. Manajemen Strategis Konsep. Jakarta: Salemba Empat.
Dyson, Robert G. 2002. “Strategic development and SWOT Analysis at The University of Warwickâ€. European Journal of Operational Research.
Husein, Umar. 2010. Riset pemasaran dan bisnis, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Julia, Aan et.al, Persaingan Usaha di Industri Kerajinan Batik Trusmi di Kabupaten Cirebon (Aplikasi Porter’s Five Force Model), Prosiding SNaPP 2017, pISSN 2089-3590|eISSN 2303-2472.
Porter, M. E. 1976. “How Competitive Forces Shape Strategyâ€, Harvard Business Review, Vol.57, No.2.
Saiman, L. 2014. Kewirausahaan (Teori, Praktik, dan Kasus-kasus), Edisi 2. Jakarta: Salemba Empat.
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.14938
  Â