Strategi Bersaing pada Usaha Cake dan Pastry di Kota Bandung

Vindiandra Ramawijaya, Ima Amaliah, Westi Riani

Abstract


Abstrak

Kota Bandung merupakan salah satu destinasi tujuan wisata para wisatawan, baik wisatawan lokal maupun wisatawan internasional. Kondisi ini telah mendorong berkembangnya usaha kuliner sebagai buah tangan Kota Bandung. Salah satunya jenis kuliner cake dan pastry. Berkembangnya jenis usaha cake dan pastry menciptakan persaingan yang ketat antara pelaku usaha. Sehingga pelaku usaha cake dan pastry perlu merancang strategi bersaing untuk menarik konsumen agar membeli produknya. Aspek bersaing yang dipakai dalam penelitian ini ialah harga, kualitas produk, kualitas pelayanan, promosi, dan inovasi produk. Tujuan dari penelitian untuk mengidentifikasi faktor kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman pada usaha cake dan pastry di Kota Bandung. Data yang digunakan dalam penelitan ini adalah data primer yang dikumpulkan melalui survey lapangan serta membagikan kuisioner kepada pelaku usaha dan konsumen. Lalu metode analisis data menggunakan analisis SWOT. Hasil penelitian ini adalah menemukan apa saja faktor yang menentukan untuk menjadi rancangan strategi bersaing pada usaha cake dan pastry sehingga pelaku usaha dapat bertahan atau unggul dalam persaingan.

 

Kata Kunci: Bersaing, Cake, Pastry, Kota Bandung

Abstract. Bandung city is one of the tourist destinations for tourists, both local tourists and international tourists. This condition has encouraged the development of culinary business as the souvenir of the City of Bandung. One type of culinary cake and pastry. Growing types of cake and pastry businesses create intense competition between businesses. So that cake and pastry businesses need to design competitive strategies to attract consumers to buy their products. Competitive aspects used in this study are price, product quality, service quality, promotion, and product innovation. The purpose of the study is to identify the factors of strength, weakness, opportunities, and threats to cake and pastry businesses in the city of Bandung. The data used in this research are primary data collected through field surveys and distributing questionnaires to businesses and consumers. Then the data analysis method uses SWOT analysis. The results of this study are to find out what determines the factors to be a competitive strategy design for cake and pastry business so that business actors can survive or win in competition.

 

Keywords: Competition, Cake, Pastry, Bandung City


Keywords


Bersaing, Cake, Pastry, Kota Bandung

Full Text:

PDF

References


Amaliah, Ima dan Julia, Aan. 2012. Pemetaan Faktor Penentu Daya Saing Komoditas Hortikultura Unggulan Di Jawa Barat. Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan PKM : Sosial, Ekonomi, dan Humaniora. Diakses melalui https://scholar.google.co.id, pada tanggal 8 agustus 2018.

Buku Komisi Pengawas Persaingan Usaha, Jakarta 2017

Frinces, Z. Heflin. 2011. Persaingan dan Daya Saing : Kajian Strategis Globalisasi Ekonomi. Jogjakarta : Media Pustaka

Gitosudarmo, Indriyo. 2001. Manajemen strategi. Yogyakarta: BPFE YOGYAKARTA




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.12118

Flag Counter    Â