Scoping Review: Pengaruh Mendengarkan Musik Klasik terhadap Kemampuan Konsentrasi Mahasiswa

Nizar Dzulkifli, Dicky Santosa, Mia Kusmiati

Abstract


Abstract. Concentration of mind has an important role in the learning-process and it is influenced by many things, one of which is sounds. Sound sources that can affect concentration abilities include sounds produced from music in terms of classical music. This study was aimed to determine the effect of listening to classical music on student’s concentration abilities. This research was conducted with scoping review method in which researchers analyzed 11 previous research articles published in 2010-2020 using the search engines Science Direct, PubMed, and Google Scholar and were of the original research articles with undergraduate student research subjects. This study will be assessed by PICOS: Population (undergraduate students), Intervention (listening to classical music), Comparation (listening to other types of music and not given listening to music interventions), Outcome (mind concentrations are measured using measuring instruments, either directly or indirectly), Study (original research articles (RCT, quasi-experimental, qualitative descriptive, cohort, and case control)) to be determined as eligible criteria on PRISMA. The results showed that listening to classical music affects the student ability of mind concentration, with the tendency of students who listened to classical music had higher concentration of mind abilities due to a decrease in brain waves to alpha waves as well as stimulate the release of endorphins and serotonin.

Keywords: classical music, mind concentration, undergraduate student.

Abstrak. Konsentrasi memiliki peran penting terhadap proses belajar dan dipengaruhi oleh banyak hal, salah satunya adalah suara. Sumber suara yang dapat memengaruhi kemampuan konsentrasi diantaranya suara yang dihasilkan dari musik. Terdapat berbagai macam jenis musik salah satunya adalah musik klasik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mendengarkan musik klasik terhadap kemampuan konsentrasi mahasiswa. Penelitian ini dilakukan dengan metode scoping review dimana peneliti menganalisis 11 artikel penelitian terdahulu yang diterbitkan pada tahun 2010-2020 menggunakan mesin pencarian Science Direct, Pubmed, dan Google Scholar dan bertipe original research articles (RCT, kuasi eksperimental, deskriptif kualitatif, cohort, dan case control) dengan subjek penelitian mahasiswa tahap sarjana. Penelitian ini akan dinilai secara PICOS: Population (mahasiswa tahap sarjana), Intervention (mendengarkan musik klasik), Comparation (mendengarkan musik jenis lain dan tidak diberikan intervensi mendengarkan musik), Outcome (konsentrasi yang diukur dengan menggunakan alat ukur baik mengukur konsentrasi secara langsung maupun tidak langsung), Study (original research articles (RCT, clinical trial, kuasi eksperimental, deskriptif kualitatif, cohort, dan case control)) untuk ditentukan sebagai kriteria Elegible pada PRISMA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh mendengarkan musik klasik terhadap konsentrasi mahasiswa, dengan kecenderungan mahasiswa yang mendengarkan musik klasik mengalami peningkatan konsentrasi akibat adanya penurunan gelombang otak menjadi gelombang alfa, serta merangsang pelepasan endorfin dan serotonin.

Kata kunci : konsentrasi, mahasiswa, musik klasik.


Keywords


konsentrasi, mahasiswa, musik klasik.

Full Text:

PDF

References


Setiani AC, Setyowani N, Kurniawan K. Meningkatkan Konsentrasi Belajar Melalui Layanan Bimbingan Kelompok. Indonesian Journal Guidance and Counseling: Theory and Application. 2014;(1):37-42.

Supradewi R. Otak , Musik, Dan Proses Belajar. Buletin Psikologi Universitas Gadjah Mada. 2016;18(2):58-68.

Roffiq A, Qiram I, Rubiono G. Media Musik Dan Lagu Pada Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia. 2017;(September):35-40.

Aviana R, Hidayah FF. Pengaruh Tingkat Konsentrasi Belajar Siswa Terhadap Daya Pemahaman Materi Pada Pembelajaran Kimia Di Sma Negeri 2 Batang. Jurnal Pendidik Sains. 2015;3(1):30-33.

Limyati Y, Wayudianingsih R, Maharani RD. Mozart’s Sonata for Two Pianos K448 in D-Major 2nd Movement Improves Short-Term Memory and Concentration. Journal of Medicine and Health. 2019;2(4):930-937.

Julianto V, Dzulqaidah RP, Salsabila SN. Pengaruh Mendengarkan Murattal Al Quran Terhadap Peningkatan Kemampuan Konsentrasi. Jurnal Ilmiah Psikologi. 2016;1(2):120-129.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/kedokteran.v7i1.26260

Flag Counter    Â