PENGARUH PENJUALAN PRODUK LOGAM MULIA TERHADAP PROFITABILITAS PADA PT PEGADAIAN SYARIAH KANTOR WILAYAH XI BANDUNG

Farhan Firmansyah, Edi Sukarmanto, Nurhayati Nurhayati

Abstract


Abstract. This product of precious metal will be sell by cash and credit certainly it will help the client that want to have on invest in gold but he hosn’t enough find for it. But in line with devilment of selling of precisious meta, now day this product is offered. In many of financial institutions, one of them is pegadaian syariah. Precious metal is one of product that exsist in PT Pegadaian Syariah. Development of carry in precious metal that always be mainstay product in this financial institution.This procedure is carry and quick, so that pegadaian will have and an increase profitability. There for, this research aim to paint out(1)shell in precious metal at PT. Pegadaian Kanwil X Bandung at 2009 until 2013.(2)Increase of profitability in PT. pegadaian kanwil X Bandung after existence of precious metal at 2009 until 2013 (3) result in selling precious metal product that influence the increased of profitability in PT. Pegadaian kanwil X Bandung at 2009 until 2013.

Methode that used in this research is simple linear regression analysis that usefull to fine out how independen variable that is selling precious metal product influence dependen variable profitability(Y). That used  in this research is simple linear regression analysis that useful to find of now independent variable that is selling precious metal product influence dependent variable profitability (Y). that used to collected datos’s in this research is interview and documentation.

Based on, discussion, amount of selling in precious metal that has been channeled is fluctuating. Research of profitability level in PT.Pegadaian kanwil X Bandung at 2009 until 2013 based on ROI (Return on investment) calculation is increading every year.The research that there is an impact between preciousmetal product with profitability show. In PT.Pegadaian kanwil X Bandung in purpose to increasing profitability  the company should increasing promotion posting phamplet, and distributing brosur so they will understanding with  Islamic syari’ah and transaction’s benefit in pegadian syariah.there for the product that exited in pegadaian syari’ah like precious metal could gain atough profitability .

Keword: Selling of precious metal profitability.

Abstrak. Produk ini merupakan penjualan logam mulia dengan cara pembayaran tunai dan kredit. Tentu produk ini akan sangat membantu nasabah yang tidak memiliki dana yang cukup tapi ingin berinvestasi emas. Namun seiring dengan perkembangnya produk penjualan logam mulia ini ditawarkan diberbagai lembaga-lembaga keuangan lainnya, seperti di pegadaian syariah. Penjualan Produk Logam Mulia merupakan salah satu produk yang ada di PT Pegadaian syariah. Perkembangan Penjualan Logam Mulia yang selalu menjadi produk andalan Pegadaian Syariah. Dengan prosedur yang mudah dan cepat Sehingga profitabilitas yang didapatkan pegadaian meningkat. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Penjualan logam mulia pada PT Pegadain Kanwil X Bandung pada tahun 2009 s/d 2013, (2) peningkatan profitabilitas yang dialami PT Pegadaian Kanwil X Bandung setelah adanya produk Logam Mulia pada tahun 2009 s/d 2013, (3) Hasil Pengaruh Penjualan Produk Logam mulia tehadap peningkatan profitabilitas di PT Pegadaian Kanwil X Bandung pada tahun 2009 s/d 2013.

Metode dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear sederhana yang berguna untuk mengetahui pengaruh variabel independen yaitu penjualan produk logam mulia (X) terhadap variabel dependen yaitu profitabilitas (Y). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi..

Berdasarkan pembahasan diketahui bahwa jumlah penjualan  yang  disalurkan dari penjualan logam mulia mengalami fluktuatif. Tingkat profitabilitas yang dihasilkan PT Pegadaian Kanwil X Bandung pada tahun 2009 s/d 2013 berdasarkan perhitungan ROI (Return On Invesment ) mengalami peningkatan tiap tahunnya. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh antara penjualan produk logam mulia terhadap profitabilitas PT Pegadaian Kanwil X Bandung.Untuk lebih meningkatkan profitabiltas, perusahaan perlu meningkatkan promosi serta memasang pamphlet dan membagikan brosur agar mereka paham dengan syariat-syariat Islam dan keuntungan bertransaksi di lembaga keuangan syariah agar produk yang ada di pegadaian syariah seperti logam mulia ini dapat memperoleh profitabilitas yang tinggi.

 

Kata Kunci : Penjualan Logam mulia dan Profitabilitas


Keywords


Penjualan Logam mulia dan Profitabilitas

References


Ali Rama, “ekonomi syariah dan outlook2011â€,artikel di akses pda 13 mei 2011.

Arikunto, Suharsimi. 1996. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Arifin, Zainul. Dasar-dasar manajemen bank syariah.jakarta: pustaka alvabeta,2003

Arifin .2009 .Membuka Cakrawala Ekonomi. Jakarta: Salemba Empat.

Baridwan, Zaki. 2000. Intermediate Accounting. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Dahlan Siamat. 2005. Managemen Lembaga Keuangan. Jakarta : FE UI.

Dini dan Muslik, Gold Silver Cerdas Memilih Emas dan Perak, (Bandung: Maximalis, 2008), h.18

Harahap, Syafri dan Sofyan. 2001. Teori Akuntansi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Heri Sudarsono. 2003. Bank & Lembaga Keuangan Syariah. Jakarta : Rajawali Pers.

Huda, Nurul dan Mohamad Heykal. 2010. Lembaga Keuangan Islam, Tinjauan Teoritis dan Praktis. Jakarta : Kencana.

John J. Wild, K.R. Subramanyam dan Robert F. Halsey (terjemahan). 2005. Financial Statement Analysis. Edisi 8. Jakarta: Salemba Empat.

Kasmir. 1999 . Bank & lembaga Keuangan Lainnya. Jakarta: PT Raja Grafind Persada.

Kasmir, 2008. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Edisi Revisi. PT Raja grafindo Persada, Jakarta.

Kasmir. 2009. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Lathif, Ah. Azharuddin, Fikih Muamalat, Jakarta: UIN

Press, 2005, Cet. I.

Moekijat. 2000. Kamus Manajemen. Bandung: Cv Mandar Maju.

Muhammad Syafi’i Antonio. 2009. Bank Syariah Dari Teori Ke Praktek. Jakarta: PT.Rajawali Press.

Munawir. 2007. AnalisisLaporanKeuangan. Yogyakarta: Liberty

M. syafi’i Antoniou. Bank syariah suatu pengenalan umum, (jakarta, BI bekerja sama dengan tazkia institute.1999), cet, ke-.H.37

Nainggolan, Pahala. 2006. Cara Mudah Memahami Akuntansi. Jakarta: PPM.

Nazir. Moh. 2009. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Riawan amin.Menata perbankan syariah di indonesia, (jakarta:UIN press,2009).h.20

Sartono, Agus. 2001. Managemen Keuangan Teori dan Aplikasi. Yogyakarta : BPFE.

Sastradipraja, Usman. 2007. Analisis & Penggunaan Laporan Keuangan. Bandung: Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Widyatama.

Simamora, Henry. 2000. Akuntansi Bisnis Pengambilan Keputusan. Jakarta: Salemba Empat.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta, Bandung.

Susan Irawati. 2006. Manajemen Keuangan, Bandung : Pustaka

Sugiyono. 2008. MetodePenelitianBisnis. Alfabeta, Bandung.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif dan R&D.Bandung:Alfabeta

Sugiyono. 2005. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Whitney, F, L. 1960. The Elements of Research. Asian Eds. Oska : Overseas Book CO.

Zainuddin Ali. 2008. Hukum Gadai Syariah. Sinar Grafika, Jakarta.

Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, h.259

Sartono, Agus. 2001. Managemen Keuangan Teori dan Aplikasi.Yogyakarta : BPFE.

Sugiyono. 2008. MetodePenelitianBisnis. Alfabeta, Bandung.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif dan R&D.Bandung:Alfabeta

Sugiyono. 2005. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.741

Flag Counter    Â