Analisis Penerapan Total Quality Management (TQM) Terhadap Kinerja Manajerial
Abstract
Abstract. Competition among business organizations are becoming increasingly stringent, so that company managers are required to have knowledge and skills in order to assess the problems that occur in the company so that the company can survive. Managerial performance is an important element in the company, which helps companies achieve their goals. In addition, one approach in the era of globalization of regional and global competition increasingly fierce this is to apply the concept of Total Quality Management (TQM). In the manufacturing and service industries need to prepare a strategy to develop the quality of employees and managers with the aim of improving production process quality and productivity optimal and sustainable. The problem in this research is the extent to which the influence of Total Quality Management applied to managerial performance. The purpose of this study was to determine the effect of TQM on managerial performance. The object of this research is total quality management, and performance management. The method used in this research is explanatory with survey approach. Sources of data used are the primary data source. The data collection techniques used is by using a questionnaire. And samples used in this study are saturated samples, the sampling technique when all members of the population used as a sample. The results showed that the total quality management influence on managerial performance.
Abstrak. Persaingan antar organisasi bisnis menjadi semakin ketat, sehingga para manajer perusahaan wajib memiliki pengetahuan dan keterampilan agar dapat mengkaji permasalahan yang terjadi dalam perusahaan sehingga perusahaan dapat bertahan. Kinerja manajerial merupakan elemen penting dalam perusahaan yang membantu perusahaan mencapai tujuannya. Selain itu salah satu pendekatan dalam menghadapi era globalisasi karena persaingan regional dan global yang semakin ketat ini ialah dengan menerapkan konsep  Total Quality Management (TQM). Dalam industri manufaktur dan jasa perlu strategi mempersiapkan diri dengan mengembangkan kualitas karyawan dan manajer dengan tujuan meningkatkan kualitas proses produksi dan produktivitas secara optimal dan berkelanjutan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah sejauh mana pengaruh Total Quality Management yang diterapkan terhadap kinerja manajerial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh TQM terhadap kinerja manajerial.Objek penelitian dalam penelitian ini adalah  total quality management, dan kinerja manajerial. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu  explanatory dengan pendekatan survei. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan menggunakan kuisioner. Dan sample yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampel jenuh, yaitu teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Hasil penelitian menunjukan bahwa total quality managementmemberikan pengaruh terhadap kinerja manajerial.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Besterfield, Dale H. et al. 1999. Total Quality Management. Prentice-Hall.
Bungin, Burhan. 2013. Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta. Kencana Prenada Media Group.
Fahmi, Irham. 2010. Manajemen Kinerja. Teori Aplikasi. Bandung. Alfabeta.
Hardjosoedarmo, Soewarso. 1999. Total Quality Management. Yogyakarta. ANDI.
Hidayat, Anang. 2007. STRATEGI SIX SIGMA Peta Pengembangan Kualitas dan Kinerja Bisnis. Jakarta. PT. Elex Media Kamputindo.
Indrawan, Rully. Yaniawati, Poppy. 2014. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Campuran Untuk Manajemen, Pembangunan, dan Pendidikan. Bandung. PT. Refika Aditama.
Kurnianingsing, Retno. 2003. Pengaruh Sistem Pengukuran Kinerja dan Sistem Penghargaan Terhadap Keefektifan Penerapan Teknik Total Quality Management. Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur di Indonesia, SNA III hal 227-246.
Mangkuprawira. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia Stratejik edisi kedua. Bogor. Ghalia Indonesia.
Mulyadi. 2000. TQM: Prinsip Manajemen Kontemporer Untuk Mengurangi Lingkungan Bisnis Global. Yogyakarta. Adity Media.
Narimawati, Umi, 2010. Penulisan Karya Ilmiah. Bekasi: Penerbit Ganesis.
Nasution, M.N. 2005. Manajemen Mutu Terpadu Edisi Kedua. Jakarta. Ghalia Indonesia.
Nurhayati, Nunung. Win Konadi, Helliana. 2013. Modul Praktikum Statistik Penelitian dengan SPSS. Unisba.
Rivai, Veithzal. dkk. 2005. Performance Appraisal. Jakarta. Rajawali Pers.
Rudianto. 2013. Akuntansi Manajemen. Jakarta. Erlangga.
Sari, Dewi Maya. 2009. Pengaruh Total Quality Management Terhadap Kinerja Manajerial Pada PT. Super Andalas Steel. Skripsi tidak diterbitkan. FE-USU Medan. Medan.
Sekaran, Uma dan Roger Bougie. 2013. Research Method for Business : A Skill Building Approach, 5th edition. Chichester : Wiley.
Solihin, Ismail. 2009. Pengantar Manajemen. Jakarta. Erlangga.
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Bisnis. Bandung. Alfabeta.
_____. 2008. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D), Edisi Sebelas. Bandung. Alfabeta.
. 2013. Statistika Untuk Penelitian. Bandung :Alfabeta.
Swarjana, I Ketut. 2015. Metode Penelitian Kesehatan (Edisi Revisi). Yogyakarta. ANDI.
Tjiptono, Fany. Diana, Anastasia. 2003. Total Quality Management. Yogyakarta. ANDI.
Umar, Husein. 2002. Metode Riset Bisnis. Jakarta. PT Gramedia Pustaka Utama.
Yuniarsih, Tjutju. Suwatno. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung. ALFABETA, CV.
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.4986
  Â