Pengaruh Tone at The Top dan Pengendalian Internal terhadap Pencegahan Fraud

Aurora Deel, Pupung Purnamasari

Abstract


Abstract. This study aims to see the effect of Tone at the top and Internal Control of Fraud Prevention. The object of this research is tone at the top, internal control and fraud prevention. This research uses descriptive verification method with quantitative approach. The research sample in this study was 40 respondents who were an employee and management of state-owned bank of the city of Bandung. This research uses primary data collected using a questionnaire. This research data uses multiple regression analysis. The results showed that tone at the top has a positive and significants effect of fraud prevention, this is indicated by sig. of 0,00 which means sig.<0,05 which means the stronger tone at the top , the more better a fraud prevention on state-owned bank of the city of Bandung, while internal control does not effects fraud prevention, this is indicated by sig. 0,631 which means sig.>0,05 this is shows that the good or bad of the company's internal control does not affect fraud prevention because of limitations such as collusion and the element of lack of supervision by management.

Keywords: tone at the top, internal control and fraud prevention, employee, management.

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Tone at the top dan Pengendalian Internal terhadap Pencegahan Fraud. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Adapun sampel dalam penelitian ini berjumlah 40 responden yang merupakan karyawan dan manajemen  pada Bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dikota Bandung. Penelitian ini menggunakan data primer yang dikumpulkan menggunakan kuesioner. Data penelitian ini diuji dengan teknik analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa tone at the top berpengaruh positif dan signifikan terhadap pencegahan fraud, hal ini ditunjukan oleh nilai sig. sebesar   0,00 yang berarti sig. <  0,05. Artinya semakin baik tone at the top yang berasal dari top management maka baik pula pencegahan fraud pada Bank BUMN di Kota Bandung. Sedangkan pengendalian internal tidak berpengaruh terhadap pencegahan fraud hal ini ditunjukan oleh nilai sig.0,631 yang berarti sig. > 0,05. Maka, baik atau buruknya pengendalian internal perusahaan tidak mempengaruhi pencegahan fraud karena adanya keterbatasan seperti kolusi dan unsur kurangnya pengawasan oleh manajemen.

Kata Kunci: tone at the top, pengendalian internal dan pencegahan fraud,karyawan, manajemen.


Keywords


tone at the top, pengendalian internal dan pencegahan fraud,karyawan, manajemen.

Full Text:

PDF

References


Ananda, Purnamasari, Gunawan (2016). Pengaruh Pengendalian Internal dan Religiusitas Terhadap Pencegahan Fraud. Volume 2, No. 2, Tahun 2016

COSO (commitee of sponsoring organizations). (2013). Internal Control - Integrated Framework: Executive Summary. North Carolina: Durham.

Evitasari. (2020, September 13). Pengertian Pengendalian Internal. Retrieved from guruakuntansi.co.id: https://guruakuntansi.co.id/pengertian-pengendalian-internal/

Frank Kabuye, N. B. (2019). The influence of tone at the top management level and internal audit quality on the effectiveness of risk management practices in the financial services sector. Cogent Business & Management, 6:1, 1704609,.

Lestari, N. K. (2017). Pengaruh Pengendalian Internal, Integritas dan Asimetri Informasi pada Kecurangan Akuntansi. E-Jurnal bAkuntansi.

Lorensa, F. &. (2018). Pengaruh Budaya Organisasi dan Peran Auditor Internal terhadap Pencegahan Kecurangan dengan Komponen Pengendalian Internal sebagai vaiabel Intervening. Jurnal Akuntansi & Keuangan Daerah.

Renaldo Budirahardjo, S. A. (2019). REVITALIZING AND STRENGTHENING THE ROLE OF APIPIN BUILDING STRONG TONE AT THE TOP AS AN EFFORT TO PREVENT CORRUPTION IN INDONESIA . Asia Pacific Fraud JournalE-ISSN: 2502-695X, ISSN: 2502-8731Volume 4, Nomor 2 (July-December) 2019.

Tsani Aulia Rabius, Nurleli. (2021). Analisis Penerapan Total Quality Management dan Komitmen Organisasi dalam Meningkatkan Kinerja Perusahaan. Prosiding Jurnal Riset Akuntansi. 1(1). Hal 30-37




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.30393

Flag Counter    Â