Pengaruh Earnings Management terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan yang Dimoderasi Oleh Good Corporate Governance (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Sektor Farmasi di BEI Tahun 2010 – 2014)

Amalia Fakhrunnisa, Sri Fadilah, Edi Sukarmanto

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh earnings management terhadap kinerja keuangan perusahaan. Dalam penelitian ini, peneliti juga memasukan good corporate governance sebagai variabel moderasi yang mengujinya. Adapun proksi yang digunakan untuk earnings management adalah discreationary accruals dan diukur dengan menggunakan Modified Jones Model, kinerja keuangan dengan Return on Assets (ROA),serta proksi GCG yang diambil peneliti yaitu hanya kepemilikan institutional. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif verifikatif dengan menggunakan alat uji analisis regresi linear. Untuk kegunaan penelitian tersebut, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan target populasi pada 10 perusahaan manufaktur sub sektor farmasi yang telah listing di Bursa Efek Indonesia selama 5 tahun berturut-turut pada periode 2010-2014. Dari penarikan target populasi, hanya diperoleh 7 perusahaan yang sesuai dengan kriteria. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa earnings management secara parsial berpengaruh terhadap kinerja keuangan perusahaan, good corporate governance secara parsial berpengaruh terhadap kinerja keuangan, earnings management yang dimoderasi oleh good corporate governanceberpengaruh terhadap kinerja keuangan perusahaan. Peneliti menyarankan untuk penelitian selanjutnya dapat menambah jumlah sampel perusahaan dan tahun pengamatan agar hasilnya dapat lebih digeneralisasikan.


Keywords


earnings management, good corporate governance,discreationary accruals, Return on Assets

References


Abdelghany, K.E. 2005. Measuring The Quality of Earning. Managerial Auditing Journal Vol. 20 No. 9. p. 1001-1015

Adrian, Sutedi. 2011. Good Corporate Governance. Sinar Grafika : Jakarta

Herawaty, Vinola. 2008. Peran Praktek Corporate Governance sebagai moderating variable dari pengaruh earnings management terhadap nilai perusahaan. Jurnal Akuntans dan Keuangan, VOL. 10. NO. 2. Universitas Trisakti, Indonesia.

Jensen, M., dan Meckling, W. 1976. The Theory of The Firm : Managerial Behaviour, Agency Cost, and Ownership Structure. Journal of Financial and Economics, 3: 305 -360.

Jones, J. 1991. Earning Management during Import Relief Investigation. Journal of Accounting Research. 29: 193-228.

Lesmana, Rico dan Rudy Surjanto. 2003. Financial Performing Analyzing. PT. Elex Media Komputindo: Jakarta.

Rahmawati, Andri dan Hanung Triatmoko. 2007. “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Laba dan Nilai Perusahaanâ€. Simposium Nasional X.

Sulistyanto, Sri. 2008. Manajemen Laba: Teori Dan Model Empiris. Grasindo : Jakarta.

Susanti , Emillia. 2013. Pengaruh Pelaksanaan Good Coorporate Governance, Kepemilikan Institusional Dan Leverage TerhadapKinerja Keuangan(Studi pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia Pada tahun 2009 – 2011).




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.3009

Flag Counter    Â