Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Karyawan pada Aparatur desa (Studi di Kecamatan Majalaya Kabupaten Bandung)

Chintya Putri Sutisna, Nurleli Nurleli

Abstract


Abstract, The phenomenon that occurs in the performance of village governance in Indonesia is the unclear division of tasks and authorities within the organization. Luck in the village government is largely determined by the performance of village officials who assist the village head in carrying out activities in the village government. Maximum employee performance will be obtained if transformational leadership and organizational culture are well implemented at Kecamatan Kabupaten Bandung. This study aims to determine the effect of transformational leadership and organizational culture on the performance of village apparatus employees. The method used in this research is the verification method with a  quantitative approach. The source used is primary data. Using questionnaire techniques in collection with a sample size of 50 respondents. The sampling technique for non-probability sampling was convenience sampling. The test results show that transformational leadership and organizational culture have an effect on employee performance in Village Apparatus.

Keywords: Transformational Leadership, Organizational Culture, Employee Performance

Abstrak, Fenomena yang terjadi pada kinerjapemerintahan desa di Indonesia ialah ketidakjelasan pembagian  tugas serta wewenang dalam organisasi. Kemujuran pada pemerintahan desa sangat ditentukan oleh kinerja aparatur desa yang membantu kepala desa dalam  menyelenggarakan kegiatan di pemerintahan desa. Kinerja karyawan yang maksimal akan diperoleh dari kepemimpinan transformasional dan budaya organisasi yang sudah diterapkan dengan baik di Kecamatan Majalaya Kabupaten Bandung. Penelitian ini bertujuan supaya mengetahui pengaruh kepemimpinan transformasional dan budaya organisasi pada kinerja karyawan aparatur desa. Metode yang dipakai pada penelitian ini ialah metode verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Sumber yang digunakan data primer. Menggunakan teknik kuesiner dalam  pengumpulan dengan jumlah sampel sebanyak 50 responden. Teknik  penentuan sampel  non probality sampling  dengan jenis convenience sampling.  Hasil pengujian menunjukan bahwa  kepemimpinan transformasional dan budaya organisasi berpengaruh pada kinerja karyawan pada aparatur desa.

Kata kunci:  Kepemimpinan Transformasional,  Budaya Organisasi, Kinerja Karyawan  


Keywords


Kepemimpinan Transformasional, Budaya Organisasi, Kinerja Karyawan

Full Text:

PDF

References


Anthony, Robert & Govindarajan, V. 2005. Manajemen Control System. Jakarta: Salempa Empat.

Darodjat, A. T. 2015. Konsep-Konsep Dasar Manajemen Personalia. Bandung: Anggota Ikapi.

Hasibuan, M. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Isvandiari, A. (2017). “Pengaruh Kompensasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Bagian Produksi PG. Meritjan†Kediri, Jurnal JIBEKA, Vol. 1. 2017.

Mangkunegara, A. P. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Refika Aditama.

Moeljono, D. 2003. Budaya Korporat dan keunggulan Korporasi. Jakarta: Alex Media.

Rivai, V. (2004). Kepemimpinan dan PeriIaku organisas.. Jakarta: PT Raja.

Robbins, S. P & Judge, T. A. (2016). Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.

Ruswan. 2020. Kinerja Buruk Aparatur Desa Sukaslamet. Tersedia di htpps://peraknew.com [27/07/2020].

Wijanyanto. 2012. Pengantar Manajemen. Cetakan Pertama. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

YukI, G. 2010. Kepemimpinan daIam Organisasi, Edisi Ketujuh. Jakarta: PT Indeks.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v7i1.26986

Flag Counter    Â