Pengaruh Lingkungan Internal terhadap Keunggulan Kompetitif
Abstract
Abstract. The internal environment will greatly affect competitive advantage. Competitive advantage will be achieved if the success of a company is highly dependent on the company's internal capabilities. The phenomenon that occurs in the coffee shop industry in the city of Bandung shows that poor service will make customers disappointed, such as the lack of information given to customers regarding purchasing procedures. This study aims to be able to explain the influence of the internal environment on competitive advantage in the coffee shop industry in Bandung. The research method used in this research is the verification method with a quantitative approach. The data source used is the primary data source. The data collection technique used was a questionnaire with a sample size of 30 coffee shop industries in the city of Bandung. The sample selection technique in this study is a non-probability sampling technique with convenience sampling technique. Hypothesis testing used is simple linear regression. The results showed that the internal environment towards competitive advantage in the coffee shop industry in Bandung was included in good criteria. The internal environment has a significant influence on competitive advantage in the coffee shop industry in Bandung City.
Keywords: Internal Environment, Competitive Advantage, coffee shop industry
Â
Abstrak. Lingkungan internal akan sangat mempengaruhi keunggulan kompetitif. Keunggulan kompetitif akan dapat dicapai apabila keberhasilan suatu perusahaan sangat bergantung pada kemampuan internal perusahaan. Fenomena yang terjadi pada industri kedai kopi di Kota Bandung menunjukan bahwa pelayanan yang buruk akan membuat pelanggan kecewa seperti kurangnya informasi yang diberikan terhadap pelanggan mengenai prosedur pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mampu menjelaskan pengaruh lingkungan internal terhadap keunggulan kompetitif pada industri kedai kopi di Kota Bandung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dengan jumlah sampel sebanyak 30 industri kedai kopi di Kota Bandung. Teknik pemilihan sampel pada penelitian ini adalah teknik non probality sampling dengan teknik convenience sampling. Pengujian hipotesis yang digunakan adalah regresi liner sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa lingkungan internal terhadap keunggulan kompetitif pada industri kedai kopi di Kota Bandung termasuk dalam kriteria baik. Lingkungan internal memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keunggulan kompetitif pada industri kedai kopi di Kota Bandung.Kata kunci : Lingkungan Internal, Keunggulan Kompetitif, Industri Kedai Kopi
Keywords
Full Text:
PDFReferences
A.Hitt, M., Ireland, R. D., & Hoskisson, R. e. (1997). Manajemen Strategis (menyongsong era persaingan dan globalisasi). Jakarta: Erlangga.
Amri Amir, J. Y. (2009). Metodologi Penelitian Ekonomi dan Penerapannya. IPB Press.
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi. Jakarta: Rineka Cipta.
_______. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Barney, J. (1991). Firm Resources and Sustained Competitive Advantage. Journal of Management, 17 (1).
David, F. R. (2011). Manajemen Strategis (Strategic Management). Jakarta: Salemba Empat.
Fajar, Ario.(2019) Kedai Kopi Terus Tumbuh, di Jakarta dan Sekitarnya Diperkirakan Ada 1.500 Kedai Kopi, tersedia di https://wartakota.tribunnews.com/2018/07/06/kedai-kopi-terus-tumbuh-di-jakarta-dan-sekitarnya-diperkirakan-ada-1500-kedai-kopi[08-11-2019]
Firman, A. (2017). Pengaruh Total Quality Management (TQM) Terhadap Keunggulan Bersaing Pada PT Toyota Kalla Cabang Alauddin Makassar. Jurnal BISNIS & KEWIRAUSAHAAN.
Gamble, J. E., Arthur A. Thompson, J., & Peteraf, M. A. (2013). Essentials of Strategic Management: The Quest For Competitive Advantage . New York: McGraw-Hill/Irwin.
Ghozali, I. (2012). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Yogyakarta: Universitas Diponegoro.
Ingga, I. (2008). Pengaruh Lingkungan Eksternal, Lingkungan Internal, Strategi Kepemimpinan Biaya, Strategi Diferensiasi, terhadap Nilai Pelanggan, dan Keunggulan Bersaing. Jurnal Aplikasi Manajemen Vol.7 Nomor 2, 284-285.
Jogiyanto, H. (2005). Sistem Informasi Strategik untuk Keunggulan Kompetitif Memenangkan Persaingan dengan Sistem Teknologi Informasi. Yogyakarta: Andi.
Mandalis. (1995). Metode penelitian: suatu pendekatan proposal . Jakarta: Bumi aksara.
Munizu, M. (2010). Pengaruh Faktor-Faktor Eksternal dan Internal Terhadap. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan Vol.12 No.1, 33-41.
Nurlina, N. R. (2013). Lingkungan Internal, Lingkungan Eksternal, dan Rahasia Jiwa Kewirausahaan sebagai Landasan Strategi Diferensiasi, serta Pengaruhnya terhadap Keunggulan Bersaing Usaha Mikro Tanaman Hias di Kota Denpasar. Jurnal Manajemen Agribisnis, 9.
Panjaitan, Nasib. (2019) Pelayanan Karyawan Kopi Kenangan di Grand Indonesia adalah Kenangan Terpahit tersedia di https://mediakonsumen.com/2019/11/09/surat-pembaca/pelayanan-karyawan-kopi-kenangan-grand-indonesia-adalah-kenangan-terpahit [12-11-2019]
Porter, M. E. (1998). Competitive Advantage: Creating and Sustaining Superior Performance . Free Press.
Pranoto, James.(2018) Kopi Susu, 'Pencuri' Celah di Antara Milenial Kelas Menengah, tersedia di https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20180825090445-262-324832/kopi-susu-pencuri-celah-di-antara-milenial-kelas-menengah[13-10-2019]
R, F. D. (2011). Manajemen Strategis (Strategic Management). Jakarta: Salemba Empat.
Reksohadiprodjo. (1990). Manajemen Strategik. Yogyakarta: BPFE-UGM.
Riyanto, S. (2018). Analisis Pengaruh Lingkungan Internal dan Eksternal Terhadap Keunggulan Bersaing dan Kinerja Usaha Kecil Menengah (UKM) di Madiun. Jurnal Manajemen Bisnis dan Inovasi, 159-168.
Saladin, D. (2011). Manajemen Strategik. Bandung: Agung Ilmu.
Setyowati, N. W. (2015). Pengaruh Lingkungan Eksternal dan Lingkungan Internal Terhadap Keunggulan Bersaing pada Industri Kecil dan Menengah di Bandung,Jawa Barat. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 10.
Syafrudin. (2018) Industri Kedai Kopi Ditaksir Tumbuh 20% Tahun Ini, tersedia di https://ekonomi.bisnis.com/read/20190822/12/1139918/industri-kedai-kopi-ditaksir-tumbuh-20-tahun-ini[10-11-2019]
Suryaningsih, Novita. (2019) Bisnis Kopi Booming, Esperto Indonesia: Skill Barista Harus Naik tersedia di https://today.line.me/id/pc/article/Bisnis+Kopi+Booming+Esperto+Indonesia+Skill+Barista+Harus+Naik-eJrBVl[12-10-2019].
Sugiyono. (2013 ). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,. Bandung: Alfabeta.
_______. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,. Bandung: Alfabeta.
_______. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukarmen, P. (2013 ). Analisis Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Dengan Keunggulan Bersaing Sebagai Variabel Intervening pada Produk Gula Pasir Sebelas (GUPALAS) Pabrik Gula Semboro PTP Nusantara XI (PERSERO). Jurnal Analisis Pengaruh Inovasi Produk Vol XII No. 1, 67.
Suryana. (2003). Kewirausahaan , Pedoman Praktis, Kiat dan Proses Menuju Sukses. Jakarta: Salemba Empat.
Susanto, A. (2014). Manajemen Strategik Komprehensif : Untuk Mahasiswa dan Praktisi . Jakarta: Erlangga.
Sutanto, Eddy. (2019) Starup Kopi Menjamur, Persaingan Bisnis Kafe di Indonesia Memanas tersedia di https://ekonomi.bisnis.com/read/20190807/12/1133701/startup-kopi-menjamur-persaingan-bisnis-kafe-di-indonesia-memanas [13-11-2019]
Uma Sekaran, R. B. (2016). Research Methods For Business: A Skill Building Approach. John Wiley&Sons.
Wulandari, A. (2009). Pengaruh Lingkungan Eksternal dan Ligkungan Internal Terhadap Orientasi Wirausaha Dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Perusahaan. Jurnal Pengembangan Wiraswasta Vol. 11 No. 2, 147.
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v6i2.24350
  Â