Pengaruh Penerapan Total Quality Management terhadap Implementasi Good University Governance

Bayu Putra, Rini Lestari

Abstract


Abstract. This study aims to be able to explain the application of total quality management to good university governance in the Units of Accredited Higher Education Institutions A and B in the city of Bandung and to be able to explain the effect of the application of total quality management to good university governance in Units of Accredited Higher Education Institutions A and B in the city of Bandung. The method used in this study is a survey method with a quantitative approach. The data source used in this study is the primary source. The data collection techniques used were questionnaires. The population of this research is the A and B Accredited Higher Education Unit Units in West Java. The sample in this study were 30 Units of A and B Accredited Higher Education in the City of Bandung. The sampling technique in this study is non probability sampling with convenience sampling technique. The result shows that the application of total quality management in A and B accredited tertiary institutions in Bandung has been going well, the application of good university governance in units of higher education institutions accredited A and B in Bandung is good, the application of total quality management for good university governance.

Keywords: Total Quality Management, Good University Governance

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mampu menjelaskan penerapan total quality management terhadap good university governance pada Unit-unit Lembaga Perguruan Tinggi yang Berakreditasi A dan B di Kota Bandung serta mampu menjelaskan pengaruh penerapan total quality management terhadap good university governance pada Unit-unit Lembaga Perguruan Tinggi yang Berakreditasi A dan B di Kota Bandung . Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Sumber data yang digunakan pada penelitian ini adalah sumber primer. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dengan kuesioner. Populasi dari penelitian ini adalah Unit-unit Lembaga Perguruan Tinggi yang Berakreditasi A dan B di Jawa Barat. Sampel pada penelitian ini adalah 30 Unit-unit Perguruan tinggi yang Berakreditasi A dan B di Kota Bandung. Teknik penentuan sampel pada penelitian ini adalah non probability sampling dengan teknik convenience sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa Penerapan total quality management pada Perguruan tinggi berakreditas A dan B di Kota Bandung sudah berjalan baik, penerapan good university governance pada unit-unit lembaga perguruan tinggi berakredtias A dan B di Kota Bandung sudah baik, penerapan total quality management berpengaruh terhadap good university governance.

Kata Kunci : Total Quality Management, Good University Governance


Keywords


Total Quality Management, Good University Governance

Full Text:

PDF

References


Ainun, 2018, Kemenristek: Pendidikan Jadi Penentu Daya Saing Global, tersedia

di https://edukasi.kompas.com/read/2018/08/30/18165941/kemenristek

pendidikan-jadi-penentu-daya-saing-global [30/08/2018].

Amin, Rifqi. 2014. Sistem Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada

Perguruan Tinggi Umum. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Deming, W. Edwards. 2002. Out of Crisis. Massachussetts Institute of Technology. Cambridge.

Nasution, M. N. (2005). Manajemen Mutu Terpadu: Total Quality Management, Edisi Kedua, Ghalia Indonesia, Bogor.

Pradipta, 2015 Implementasi pengendalian intern,TQM,Audit Internal, dan Budaya Organisasi terhadap penerepan Good Governance pada lembaga amil zakat seluruh Indonesia.

Santoso, Singgih. 2007. Seri Solusi Bisnis Berbasis TI: Total Quality Management (TQM) dan Six Sigma. Jakarta: PT Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia.

Saputri, 2011 Pengaruh Pengelolaan Keuangan Daerah dan Penerapan TQM Terhadap Kinerja SKPD dilingkungan Kota Bandung.

Undang-Undang No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan tinggi.

Wicaksono, (2006). Pengaruh Total Quality Management(TQM) terhadap Budaya Kualitas (Studi pada PT. Hari Terang Industry—Surabaya)

Wijatno, Seriam. 2009. Pengelolaan perguruan tinggi secara efisien, efektif, dan

ekonomis: untuk meningkakan mutu penyelenggaraan pendidikan dan mutu

Wijaya, Putra, Darmawan, 2014. Pengaruh Implementasi Pengendalian Intern Budaya Organisasi dan Total Quality Management Terhadap Penerapan Good Governance pada DInas Pendapatan Daerah Kota Bandung




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v6i2.23961

Flag Counter    Â