Pengaruh Laba Bersih dan Arus Kas Operasi terhadap Harga Saham (pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2018)

Taufik Ismail, Edi Sukarmanto, Nurhayati Nurhayati

Abstract


Abstract.The purpose of this research is to find out the influence net income and operating cash flow to stock price. This research object is net income, operating cash flow, and stock price. This research was done in manufactured company is listed in Bursa Efek Indonesia. This research using descriptive and verificative method with quantitative approach. The data source used is the annual report on 2016-2018 periods in manufactured company is listed in Bursa Efek Indonesia. The sampel using 59 companies from population 142 companies, obtained by using purposive sampling. The hypothesis test using double linear regression analysis test with the help of data analysis tools SPSS. The result of this research show that net income influence significantly with the positive direction to stock price, and operating cash flow influence significantly with the negative direction to stock price. The sugesstion for the next researchers expected to develop research by adding variables and researching in other sectors with the addition of the observation period so that the data produced will be better.

Keywords: Net Income, Operating Cash Flow, Stock Price

Abstrak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh laba bersih dan arus kas operasi terhadap harga saham. Objek penelitian ini adalah laba bersih, arus kas operasi, dan harga saham. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data sekunder yaitu laporan keuangan tahunan periode 2016-2018 pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sampel yang digunakan sebanyak 59 perusahaan dari populasi 142 perusahaan, diperoleh dengan menggunakan metode purposive sampling. Pengujian hipotesis menggunakan uji analisis regresi linier berganda dengan bantuan pengolah data SPSS. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa laba bersih berpengaruh signifikan dengan arah positif terhadap harga saham, dan arus kas operasi berpengaruh signifikan dengan arah negatif terhadap harga saham. Saran bagi peneliti selanjutnya diharapkan untuk mengembangkan penelitian dengan menambahkan variabel-variabel dan meneliti pada sektor lain dengan penambahan lamanya periode pengamatan sehingga data yang dihasilkan akan lebih baik.

Kata kunci : Laba Bersih, Arus Kas Operasi, Harga Saham



Keywords


Laba Bersih, Arus Kas Operasi, Harga Saham

Full Text:

PDF

References


Aprianti, S. (2017). Pengaruh Komponen Arus Kas terhadap Harga Saham pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal ACSY Politeknik Sekayu Vol. VI, No. 1, 39.

Darmadji, T., & Fakhruddin. (2012). Pasar Modal di Indonesia. Edisi Ketiga. Jakarta: Salemba Empat.

Ikatan Akuntansi Indonesia. (2015). Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan. Jakarta : Ikatan Akuntansi Indonesia

Mulya, A. A. (2009). Analisis Relevansi Informasi Laba Akuntansi, Nilai Buku Ekuitas dan Arus Kas Operasi dengan Harga Saham (Studi Empirik Pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2004 - 2008. Fakultas Ekonomi Universitas Budi Luhur.

Sa’adah, Lailatus. (2014). Pengaruh Laba Akuntansi, Komponen Arus Kas, Ukuran Perusahaan terhadap Harga Saham pada Perusahaan Kelompok LQ 45 yang Listing di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Manajemen dan Akuntansi STIE Malangkucecwara Malang. Vol. 3, No. 2.

Satria, Dy Ilham & Sitti Hafasah. (2016). Pengaruh Laba Akuntansi dan Komponen Arus Kas terhadap Harga Saham pada Industri Properti yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010-2014. Jurnal Akuntansi dan Keuangan. Universitas Malikussaleh Lhokseumawe. Vol. 5, No. 1.

Soemarso. (2009). Akuntansi Suatu Pengantar. Jakarta: Salemba Empat.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharmadi. (2003). Hubungan Fungsional Arus Kas, Laba dan Ukuran Perusahaan Dengan Return Saham Di Bursa Efek Jakarta. Tesis Universitas Diponegoro Semarang.

Sutrisno, D. (2016). Pengaruh Laba Akuntansi dan Arus Kas terhadap Harga Saham pada Perusahaan Manufaktur di BEI Tahun 2012 – 2015.

Suwardjono. 2005a. Teori Akuntansi: Perekayasaan Pelaporan Keuangan. Yogyakarta: BPFE.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.21116

Flag Counter    Â