Perancangan Sistem Informasi Pada Toko Selvi

Ayu Deviana, Magnaz Lestira Oktaroza

Abstract


Abstract. Selvi Shop is a Micro and Small Business that is engaged in trading food, beverages, household needs, and others which are sold wholesale. The Selvi store has many obstacles in carrying out its operations. The systems and procedures applied at the Selvi Store are still inadequate. Documents used to support operational activities are incomplete, procedures are unclear, and reports are not made for a specific period. The purpose of this research is to design an information system for buying, selling, and stocking of merchandise available at Selvi Stores, so as to reduce errors in the management of every part of the Selvi Store. The system development methods used in this study are the FAST (Framework for Application of System Technique) method and the JAD (Joint Application Development) approach. The results of this study are an information system design of purchasing, selling, and merchandise inventory that can support operational activities at the Selvi Shop. In addition, there are also proposed system elements, namely documents, systems and procedures, and reports that can support the company's operational activities.

Keywords : Analyze and Design of Information System

Abstrak. Toko Selvi merupakan Usaha Mikro Kecil dan Menengah yang bergerak dalam bidang perdagangan makanan, minuman, kebutuhan rumah tangga, dan lain-lain yang dijual secara grosir. Toko Selvi memiliki banyak kendala dalam menjalankan kegiatan operasionalnya. Sistem dan prosedur yang diterapkan pada Toko Selvi masih belum memadai. Dokumen yang digunakan untuk menunjang kegiatan operasional tidak lengkap, prosedur yang tidak jelas, dan tidak membuat laporan untuk periode tertentu. Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk merancang sistem informasi pembelian, penjualan, dan persediaan barang dagang yang ada pada Toko Selvi, sehingga dapat mengurangi kesalahan dalam pengelolaan setiap bagian yang ada pada Toko Selvi. Metode pengembangan sistem yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode FAST (Framework for Application of System Technique) dan pendekatan JAD (Joint Application Development). Hasil dari penelitian ini yaitu sebuah rancangan sistem informasi pembelian, penjualan, dan persediaan barang dagang yang dapat menunjang kegiatan operasional pada Toko Selvi. Selain itu, ada pun unsur-unsur sistem yang diusulkan yaitu dokumen, sistem dan prosedur, dan laporan yang dapat menunjang kegiatan operasional perusahaan.

Kata kunci : Analisis dan Perancangan Sistem Informasi



Keywords


Analisis dan Perancangan Sistem Informasi

Full Text:

PDF

References


Akbar, Fauzan dan Agus Umar Hamdani. 2018. Merancang Sistem Informasi Pembelian dan Penjualan Busana Muslim Pada Toko Melly Fashion. Jurnal IDEALIS Vol.1 No.5.

Anggraeni, Elisabet Yunaeti dan Rita Irviani. 2017. Pengantar Sistem Informasi. Yogyakarta: ANDI.

Baridwan, Zaki. 2000. Sistem Informasi Akuntansi, Edisi Kelima. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Bodnar H. George dan William S. Hopwood. 2006. Sistem Informasi Akuntansi, Edisi 9. Terjemahan Julianto Agung Saputra dan Lilis Setiawati. Yogyakarta: ANDI.

Cooper, R. Donald dan Pamela S. Schindler. 2017. Metode Penelitian Bisnis. Edisi 12 Buku 1. Terjemahan Rahma Wijayanti dan Gina Gania. Jakarta: Salemba Empat.

Endayani, dan Lauw Li Hin. 2018. Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Penjualan dan Pembelian Sparepart Motor Pada Baruna Motor Menggunakan Metode Unified Modeling Language. Jurnal IDEALIS Vol.1 No.5.

Gelinas, U.J, Richard B. Dull, and Patrick R. Wheeler. 2014. Accounting

Information System, 10th International Edition. Australia: Cengange

Learning.

Hall, A. James. 2007. Sistem Informasi Akuntansi, Edisi 4 Buku 1. Terjemahan Dewi Fitriasari dan Deny Arnos Kwary. Jakarta: Salemba Empat.

Hurt, L. Robert. 2016. Accounting Information System, 4th Edition. California State Polytechnic University, Pomona: Mc Graw Hill.

Indrianto, Nur dan Bambang Supomo. 2000. Metodologi Penelitian Bisnis, Edisi Pertama. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Kieso, E. Donald Jerry J. Weygandt & Terry D. Warfield. 2011. Akuntansi Keuangan Menengah Vol.1. Terjemahan Nia Pramita Sari dan Muhammad Rifai. Jakarta: Salemba Empat.

Kristanto, Andri. 2008. Perancangan Sistem Informasi dan Aplikasinya, Edisi Reivisi. Yogyakarta: Gava Media.

McLeod, Raymond Jr. dan George Schell. 2004. Sistem Informasi Manajemen, Edisi Kedelapan. Terjemahan Hendra Tegus dan Agus Widyantoro. Jakarta: Indeks.

Narbuko, Cholid & Abu Achmadi. 2015. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Nazir, Moh. 2014. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Puspitawati, Lilis & Sri Dewi Anggadini. 2011. Sistem Informas Akuntansi, Edisi Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Romney, B. Marshall & Paul John Steinbart. 2015. Sistem Informasi Akuntansi, Edisi ke 13. Terjemahan Kikni Sakinah Nur Safira dan Novita Puspasari. Jakarta: Salemba Empat.

Sekaran, Uma & Roger Bougie. 2017. Metode Penelitian Untuk Bisnis, Edisi Keenam. Terjemahan Tim Editor. Jakarta: Salemba Empat.

Soedarso, Sri Widodo. 2016. Sistem Informasi Manajemen Berbasis Informasi

Teknologi Komputer. Bandung: Manggu Media.

Solihin, Hanhan Hanafiah dan Arvid Alnuron Fuja Nusa. 2017. Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan, Pembelian dan Persediaan Suku Cadang Pada Bengkel Tiga Putra Motor Garut. Jurnal Infotronik Volume 2, No.2.

Sudarsono, Bibit dan Erniyati. 2017. Perancangan Program Sistem Informasi Persediaan dan Penjualan Barang Pada Toko Sparepart Motor. Simposium Nasional Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (SIMNASIPTEK).

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:

Alfabeta.

Sukamto, Rosa Ariani. 2009. Analisis dan Desain Sistem Informasi. Bandung: Informatika.

Susanto, Azhar. 2008. Sistem Informasi Akuntansi: Struktur Pengendalian Resiko Pengembangan. Bandung: Lingga Jaya.

__________. 2004. Sistem Informasi Akuntansi: Konsep dan Pengembangan Berbasis Komputer. Bandung: Lingga Jaya.

Sutabri, Tata. 2004. Sistem Informasi Akuntansi. Yogyakarta: ANDI.

Wahyono, Teguh. 2004. Sistem Informasi Akuntansi, Desain dan Pemrograman Komputer. Yogyakarta: ANDI.

Whitten, Jeffrey L & Lonnie D Bentley. 2004. System Analysis and Design

Methods. New York: McGrwaw-Hill Irwin.

__________. 2007. System Analysis and Design Methods, Seventh Edittion. New York: McGrwaw-Hill Irwin.

__________. 2008. Introduction to System Analysis and Design, First Edition. New York: McGrwaw-Hill Irwin.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.20497

Flag Counter    Â