Pengaruh Intensitas Persaingan dan Kualitas Informasi Akuntansi Manajemen terhadap Kinerja Perusahaan

Annisa Nabilah Refinawaty, Rini Lestari

Abstract


Abstract. The intensity of competition and the quality of management accounting information can improve company performance. The higher the company's performance, the greater the potential of a company to achieve its goals. The phenomenon that occurs in companies in Indonesia reflects that the decline in competition results in companies not being able to compete with their competitors. In addition, there are also many failures in companies to present accounting information, the information presented is not in accordance with the criteria so that it cannot be called information quality and in making decisions made by management could not run well. This study aims to determine the effect of the intensity of competition on company performance and the quality of management accounting information on company performance. The method used in this research is to use primary data sources. The data collection technique used is a questionnaire. The population of this study is all medium shoe industrial companies in West Java with the target population being the medium shoe industry in Bandung. The sampling technique in this study is non probability sampling with convenience sampling. Hypothesis testing uses multiple regression analysis methods. The results of hypothesis testing indicate that the intensity of competition affects the performance of the company and the quality of management accounting information affects the performance of the company.

Keywords: Company Performance, Competition Intensity, Quality Of Management Accounting Information

Abstrak. Intensitas persaingan dan kualitas informasi akuntansi manajemen dapat meningkatkan kinerja perusahaan. Semakin tinggi kinerja perusahaan yang dimiliki maka sangat besar pula potensi yang dimiliki suatu perusahaan dalam tercapainya tujuan perusahaan. Fenomena yang terjadi pada perusahaan – perusahaan di Indonesia mencerminkan bahwa menurunnya persaingan mengakibatkan perusahaan tidak bisa bersaing dengan kompetitornya, selain itu juga banyak terjadi kegagalan pada perusahaan – perusahaan dalam menyajikan informasi akuntansi, informasi yang disajikan tidak sesuai dengan kriteria sehingga tidak dapat disebut dengan informasi yang berkualitas dan dalam pengambilan keputusan yang dilakukan oleh manajemenpun tidak bisa berjalan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intensitas persaingan terhadap kinerja perusahaan dan kualitas informasi akuntansi manajemen terhadap kinerja perusahaan. Metode yang digunakan pada pnelitian ini adalah menggunakan sumber data primer. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Populasi dari penelitian ini adalah semua perusahaan industri mennengah komoditi sepatu di Jawa Barat dengan target populasi adalah  perusahaan industri menengah komoditi sepatu di Kota Bandung. Teknik penentuan sampel pada penelitian ini adalah non probability sampling dengan jenis convenience sampling. Pengujian hipotesis menggunakan metode analisis regresi berganda. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa intensitas persaingan berpengaruh terhadap kinerja perusahaan dan kualitas informasi akuntansi manajemen berpengaruh terhadap kinerja perusahaan.

Kata Kunci: Intensitas Persaingan, Kualitas Informasi Akuntansi Manajemen, Kinerja Perusahaan


Keywords


Intensitas Persaingan, Kualitas Informasi Akuntansi Manajemen, Kinerja Perusahaan

Full Text:

PDF

References


Auh, S., & Menguc, B. (2005). Balancing exploration and exploitation: The moderating role of competitive intensity. Jurnal of Business Research, 1654.

Bastian, I. (2010). Akuntansi Sektor Publik : Suatu Pengantar. Jakarta.

Blocher. (2001). Manajemen Biaya. Terjemahan Susty Ambriani. Jakarta: Salemba Empat.

Chenhall, R. H., & Moris, D. (1986). The Impact of Structure, Envionment, and Inderdependence in the Prerceived Usefulness Management Accounting System. The Accounting Review Vol. LXI, No. 1, 19.

Hansen, D. R. (2006). Manajemen Accounting, Edisi Ketujuh. Jakarta: Salemba Empat.

Lestari, R. (2015). The Influence Of Manager Competence on The Quality Of Management Accounting Information System and Its Implications on The Quality Of Management Accounting Information. I J A B E R, Vol. 13, No. 6, 4408.

Mangkunagara, A. P. (2005). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan . Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mawardi, M. I. (2012). Analisis Prediksi Financial Distress dengan Menggunakan Model Altman Z-Score Modifikasi 1995. Diponegoro Journal of Management Volume 1, Nomor 1.

Mujilan, A. (2012). Sistem Informasi Akuntansi. Madiun: Wima Pers.

Mulyadi. (1993). Akuntansi Manajemen: Konsep, Manfaat, dan Rekayasa edisi ke 2. Yogyakarta: Salemba Empat.

Mulyadi. (2007). Sistem Perencanaan dan Pengendalian Manajemen. Jakarta: Salemba Empat.

Nasution, M. N. (2005). Manajemen Mutu Terpadu. Bogor: Ghalia.

Porter, M. E. (1985). Competitive Advantage. New York: Macmillan, Inc. is part of the Maxwell Communication.

Rahman, A. H. (2019). Pengaruh Kualitas Informasi Akuntansi Manajemen terhadap Kinerja Manajerial. Universitas Islam Bandung.

Saliman, D. A. (2011). Hukum Bisnis untuk Perusahaan: Teori dan Contoh Edisi Kelima. Jakarta: Adhitya Andrebina Agung.

Solihin, I. (2012). Manajemen Strategik. Jakarta: Erlangga.

Surjadi. (2009). Pengembangan Kinerja Pelayanan Publik. Bandung: PT Rafika ADITAMA.

Susanto, A. (2003). Sistem Informasi Manajemen. Bandung: Lingga Jaya.

Winata, D. J., & Devie. (2013). Analisa Pengaruh Aliansi Startejik Terhadap Keunggulan Bersaing dan Kinerja Perusahaan. Business Accounting Review, Vol. 1.

Yuwono, S. (2003). Petunjuk Praktis Penyusunan Balanced Scorecard Menuju Organisasi yang berfokus pada Strategi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.20477

Flag Counter    Â