ANALISIS BIAYA KUALITAS DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PADA DIVISI TEMPA DAN COR PT PINDAD (PERSERO)

dewi sabaniah, Epi Fitriah, Yuni Rosdiana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan biaya kualitas, perkembangan penjualan produk dan analisis biaya kualitas dalam meningkatkan penjualan produk.

Metode yang digunakan penulis adalah metode deskriptif analisis, sumber data yang diperoleh adalah sumber data primer dan sekunder serta literature.teknik pengumpulan data yaitu menggunakan metode wawancara langsung dengan karyawan PT.PINDAD serta dokumentasi yang telah diberikan oleh perusahaan.

Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Perkembangan biaya kualitas yang mengalami peningkatan yaitu pada biaya pengendalian seperti biaya pencegahan dan biaya penilaian sedangkan untuk biaya kegagalan seperti kegagalan internal dan eksternal mengalami penurunan. Hal ini disebabkan karena perusahaan mampu menekan biaya yang ada pada biaya kegagalan. Perkembangan penjualan produk yang terdiri dari penjualan internal dan eksternal pada tahun 2011-2014 mengalami peningkatan adanya peningkatan yang didominasi oleh penjualan eksternal hal ini disebabkan karena biaya kualitas yang baik menjadikan produk yang diperjualbelikan pun akan semakin tinggi sebanding dengan kualitas yang telah diproduksi.  Produk perusahaannya pun siap bersaing dengan pasar global dan mampu meningkatkan penjualan produknya. Analisis perkembangan biaya kualitas dan penjualan produk dilihat dari tabel tersebut maka ketika biaya kualitas naik maka penjualan pada PT.PINDAD tersebut juga mengalami kenaikan dengan demikian maka biaya kualitas dapat meningkatkan penjualan produk pada Divisi Tempa dan Cor PT.PINDAD. ketika biaya kualitas naik maka penjualan pada PT.PINDAD tersebut juga mengalami kenaikan dengan demikian bahwa biaya kualitas dapat meningkatkan penjualan pada Divisi Tempa dan Cor PT.PINDAD.

 


Keywords


Biaya kualitas, peningkatan, penjualan produk.

References


Blocher dkk. 2000 (212). Manajemen Biaya. Jilid II . Edisi Pertama. Jakarta: Salemba Empat.

Jaluanto.SPT,SE,MCom dan Dyah Widyaningrum,S. Analisis Kualitas Produk, Biaya Kualitas dan Volume Penjualan (Studi Kasus Perusahaan Emping UD. HN Putra, Limpung, Kabupaten Batang).

Mulyadi. 2008:202. Sistem Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat

Rokayah, Siti. 2006. Universitas Komputer Indonesia. Pengaruh Biaya Kualitas (Cost of Quality) Terhadap Volume Penjualan Produk Pada Divisi Tempa dan Cor PT. PINDAD (Persero)â€.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.1749

Flag Counter    Â