ANALISIS PENERAPAN TARGET COSTING UNTUK MENINGKATKAN LABA PERUSAHAAN (STUDI KASUS PADA CV. ONDERHOUD COMPANY SHOES AND LEATHER)

citra khaira rachmatulloh, Epi Fitriah, Rini Lestari

Abstract


Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan studi kasus. Untuk mengetahui bagaimana penerapan target costing dan laba , maka disebarkan kuesioner kepada responden yang terkait. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan adalah melalui wawancara, dokumentasi dan kuesioner.Hasil penelitian ini menyatakan bahwa Penerapan Target Costing untuk meningkatkan laba CV. Onderhoud Company menunjukkan kriteria memadai. Dalam hal ini penerapan target costing yang terjadi di perusahaan dilakukan dengan  menggunakan 6 (enam) prinsip - prinsip yaitu harga yang menentukan biaya (price led costing), fokus pada pelanggan, fokus pada desain produk dan desain proses, cross – functional team, keterlibatan rantai nilai, dan orientasi daur hidup produk, dengan 6 (enam) prinsip diatas perusahaan dapat meningkatkan labanya. Dengan menerapkan prinsip – prinsip target costing dengan memadai, maka perusahaan dapat mencapai tujuan utama yang diharapkan. Tujuan utama perusahaan adalah mendapatkan laba semaksimal mungkin tanpa mengurangi kualitas yang ada pada produk. Dengan demikian, CV. Onderhoud Company dapat meningkatkan laba pada CV. Onderhoud Company.


Keywords


Target Costing, Laba

References


Blocher, Edward J., et.all. 2011.Manajemen Biaya. Edisi Tiga. Diterjemahkan oleh Tim Penerjemah Penerbit Salemba. Jakarta : Salemba Empat.

Hansen, Don R., Maryanne M. Mowen. 2009. Akuntansi Manajerial, Edisi Delapan. Diterjemahkan oleh Denny Amos Kwary. Jakarta : Salemba Empat.

Himawan dan Pendajaya. 2005. Penerapan Metode Target Costing sebagai Alat Bantu Manajemen dalam Mengoptimalkan Perencanaan Laba (Studi Kasus PT XYZ). ESENSI, Volume 8 No. 2/2005.

Hongren, Charles T., 2008. 2008. Akuntansi Biaya : Penekanan Manajerial Jilid 1. Jakarta. PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Kieso, Donald E., Weygant, Jerry J., and Warfield, Terry D. 2008. Intermediate Accounting volume I. Terjemahan Emil Salim, Jilid I. Jakarta : Erlangga.

Mulyadi. 2012. Akuntansi Biaya. Yogyakarta : Akademi Manajemen Perusahaan. YKPN.

Narsa, I Made., Yuniawati, Rani Dwi. 2003. Management Dengan Sistem Pengukuran Kinerja dan Sistem Penghargaan Terhadap Kinerja Manajerial (Studi Empiris pada PT. Telkom Divre V Surabaya). Jurnal Akuntansi & Keuangan Vol 5. N0.1, Mei 2003: 18 21. Surabaya.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.1697

Flag Counter    Â