PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN PENGENDALIAN INTERNAL TERHADAP GOOD UNIVERSITY GOVERNANCE SERTA IMPLIKASINYA PADA KINERJA ORGANISASI

sendhy risma juwita, Sri Fadilah, Nurhayati Nurhayati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh budaya organisasi dan pengendalian internal terhadap good university governance serta implikasinya pada kinerja organisasi pada Universitas di Kota Bandung dengan mayoritas program studinya masih terakreditasi C. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh melalui kuesioner yang diisi oleh responden yaitu ketua program studi pada 4 Universitas di Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan purposive sampling, pengumpulan data dilakukan dengan mendatangi langsung para responden untuk mengisi kuesioner penelitian. Hipotesis penelitian ini diuji dengan menggunakan model analisis jalur. Metode analisis yang digunakan meliputi analisis untuk mengetahui deskripsi tentang responden penelitian dan persepsi responden terhadap variabel penelitian. Uji validitas dan reabilitas digunakan untuk menguji instrumen penelitian. Selanjutnya, analisis jalur digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini. Hasil penelitian secara parsial menyatakan bahwa budaya organisasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja organisasi, pengendalian internal berpengaruh terhadap kinerja organisasi dan good university governance berpengaruh terhadap kinerja organisasi.

Keywords


Budaya Organisasi, Pengendalian Internal, Good University Governance dan Kinerja Organisasi

References


Dyah Puspitarini, Noviana. 2012. Peran Satuan Pengawasan Intern Dalam Pencapaian Good University Governance Pada Perguruan Tinggi Berstatus PK-BLU. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang.

Imelda 2004. Implementasi Balanced Scorecard pada Organisasi Publik. Accounting .

Kemdikbud longgarkan akreditasi institusi PT. kompas 25 maret 2014.kopertis12.or.id

Ketut Gunawan. 2009. Pengaruh Budaya Organisasi, Kepuasan Kerja, Dan Motivasi Kerja Terhadap gaya kepemimpinan dan kinerja organisasi (studi pada lembaga perkreditan desa (LPD) Di Bali). Jurnal Aplikasi Manajemen. Vol.7.No.2 Mei 2009:441-449.

Schein, Edgar H. 2004. Organizational Culture and Leadership . Third Edition. Jossey –Bass Publishers, San Francisco.

Soedjono. 2005. Pengaruh Budaya Organisasi terhadap Kinerja Organisasi dan kepuasan Kerja Karyawan pada Terminal Penumpang Umum di Surabaya. Jurnal Manajemen dan kwirausahaan Vol. 7 No. 1. STIESIA Surabaya.

Sudarmanto. 2014. Kinerja dan Pengembangan Kompetensi SDM: Teori Dimensi Pengukuran, dan Implementasi Dalam Organisasi. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Tim Pengembang Pendidikan FIP-UPI. 2007. Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. PT.Imperial Bhakti Utama (IMTIMA).

Tim Yayasan Pendidikan Internal Audit. 2008. Pengendalian Internal dan Manajemen Risiko. Jakarta: Graha Sucofindo.

Wiratno, Adi, Umi Pratiwi dan Nurkhikmah. 2013. Pengaruh Budaya Organisasi, Gaya Kepemimpinan, Komitmen Organisasi Dan Pengendalian Intern Terhadap Penerapan Good Governance Serta Implikasinya Pada Kinerja (Survey Pada Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Tegal), Jurnal. Vol 3, No 1 (2013): Proceeding Seminar Nasional & Call For Papers (SCA-3).Universitas Jenderal Soedirman




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.1684

Flag Counter    Â