PENGARUH KUALITAS SISTEM INFROMASI AKUNTANSI, KUALITAS INFORMASI AKUNTANSI, DAN KUALITAS JASA TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA PADA BANK UMUM SYARIAH DI BANDUNG

Ulfah Fauziah, Nunung Nurhayati, Elly Halimatusadiah

Abstract


Sistem informasi akuntansi yang dibangun dengan baik dan benar dapat meningkatkan produktivitas, layanan, dan kepuasan nasabah. Tujuan penelitian ini (1)Untuk mengetahui kualitas sistem informasi akuntansi, kualitas informasi akuntansi, kualitas jasa, dan kepuasan pengguna pada Bank Umum Syariah di Bandung; (2)Untuk mengetahui besar pengaruh kualitas sistem informasi akuntansi terhadap kepuasan pengguna; (3)Untuk mengetahui besar pengaruh kualitas informasi akuntansi terhadap kepuasan pengguna; (4)Untuk mengetahui besar pengaruh kualitas jasa terhadap kepuasan pengguna; (5)Untuk mengetahui besar pengaruh kualitas sistem informasi akuntansi, kualitas informasi akuntansi dan kualitas jasa terhadap kepuasan pengguna.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan verifikatif dengan populasi sejumlah 12 Bank berdasarkan sampel jenuh. Peneliti menggunakan alat analisis regresi berganda, teknik pengumpulan data lapangan dan kepustakaan, serta instrumen penelitian kuesioner dan analisis data kuantitatif.

Hasil penelitian ini yaitu (1)Kualitas sistem informasi akuntansi,kualitas informasi akuntansi, dan kualitas jasa pada Bank Umum Syariah di Bandung termasuk kedalam kategori baik; (2)Kualitas sistem informasi akuntansi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna sebesar 47,6%; (3)Kualitas informasi akuntansi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna sebesar 23,6%; (4)Kualitas jasa berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna sebesar 28,1%; (5)Kualitas sistem informasi akuntansi,kualitas informasi akuntansi,dan kualitas jasa berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna sebesar 99,3%.Sisanya sebesar 0,7% dijelaskan oleh variabel yang tidak diteliti dalam penelitian ini.


Keywords


sistem informasi akuntansi, informasi akuntansi, jasa, kepuasan pengguna

References


Azhima, Taghfirul Y. 2011. Peranan Teknologi Informasi dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap (Studi pada PT. Perkebunan Nusantara XI Persero Rumah Sakit LAVALETTE Malang). Tesis. Malang : Universitas Brawijaya

Delone and McLeod. 2003. Information system success Research, pp 60-95

Doll, W.J., and G. Torkzadeh. 1988. The Measurement of End-User Computing Satisfaction. MIS Quarterly. 12 (June). Pg. 259-274.

Gelinas and Sutton.2002. Accounting Information System, 5Th, South-Western Thomson Learning,USA

Jasfar,Farida. 2009. Manajemen Jasa. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Kotler and Keller. 2012. Marketing Management. London : Pearson Education.

Krismiaji. 2010. Sistem Informasi Akuntansi. Yogyakarta: Unit Penerbit dan Percetakan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.

Krisna, Putri. 2013. Pengaruh kualitas layanan sistem informasi, kualitas sistem informasi, dan kualitas informasi terhadap kepuasan penguna akhir sistem informasi (survei pada tiga Satker KPU Pengguna Software Aplikasi SIA). Skripsi. Bandung : Universitas Widyatama.

Negash, S., Ryan, T., Igbaria, M. 2003. Quality and Effectiveness in Web Based Customer Support Systems. Information & Mangement, 40(8): 757-768

Rachmawati, Indah Fauziah.2012. Pengaruh Kualitas Sistem Informasi terhadap Kepuasan Pengguna (Studi Kasus pada Karyawan PT. Kereta Api Indonesia (Persero) selaku Pengguna Sistem Informasi Rail Ticketing System (RTS)). Skripsi. Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia.

Septianita, Winda. 2014. Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Kualitas Pelayanan Rail Ticketing System (RTS) terhadap Kepuasan Pengguna (Studi Empiris pada PT. Kereta Api Indonesia (PERSERO) DAOP 9 Jember). Skripsi. Jember : Universitas Jember.

Sugiono.2012. Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, Azhar. 2013. Sistem Informasi Akuntansi. Bandung : Lingga Jaya.

Tjiptono, Fandy., Chandra Gregorius. 2012. Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Undang-Undang No 21 Tahun 2008

www.bi.go.id

www.Infobanknews.

www.ojk.go.id




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.1567

Flag Counter    Â