Arahan Penataan dan Peremajaan Taman Kota di Kecamatan Ciawi Kabupaten Tasikmalaya

Cecep Tria Fauzi Rahman, Sri Hidayati Djoeffan

Abstract


Abstract. Ciawi Square and Sports Field is an area that has been set in Ciawi Urban RDTR as a City Park. Therefore, the Area has a wider Open Space function that must meet the needs of Open Space Scale City. Location This area has potential because it is located in Ciawi Urban Center and is located between trade and services center, government, and worship area. This area has experienced environmental degradation, visual degradation, and functional degradation resulting from trade activities and community activities in the Central Park Area. This area has an area of 1.31 Ha of the total population of 59,124 people and its land use includes Taman Alun-alun, trading places (Lapis street vendors), Soccer Fields, Basketball Fields and Tennis Courts. Since its inception, this area has been visited by many people to perform various community activities and gradually experience various changes in accordance with the times. But unfortunately these changes do not lead to something better, where these changes occur due to environmental degradation, functional degradation and visual degradation. Therefore the rejuvenation of Park City area is considered necessary to be an effort to improve the function of the Area as Open Space and Public Space. The goal to be achieved from the rejuvenation itself is Creating the Park City Center as a Safe, Comfortable, Beautiful, and Joyous Open Space for Community Activities in District Ciawi.

Keyword : Garden City, Open Space, Urban Renewall

 

 

Abstrak. Alun-alun dan Lapangan Olahraga Ciawi merupakan Kawasan yang telah ditetapkan dalam RDTR Perkotaan Ciawi sebagai Taman Kota. Oleh karena itu Kawasan tersebut memiliki fungsi Ruang Terbuka secara lebih luas yang harus memenuhi kebutuhan Ruang Terbuka Skala Kota. Lokasi Kawasan ini memiliki potensi karena berada di Pusat Perkotaan Ciawi dan berada diantara pusat perdagangan dan jasa, pemerintahan, dan area peribadatan. Kawasan ini telah mengalami degradasi lingkungan, degradasi visual, dan degradasi fungsional akibat dari adanya kegiatan perdagangan dan aktifitas masyarakat di Kawasan Taman Pusat Kota. Kawasan ini memiliki luas sebesar 1,31 Ha dari jumlah penduduk 59.124 jiwa dan penggunaan lahannya meliputi Taman alun-alun, tempat berdagang (Lapak PKL), Lapangan Sepak Bola, Lapang Basket, dan Lapangan Tenis. Sejak awal dibangun, kawasan ini banyak dikunjungi masyarakat untuk melakukan berbagai kegiatan masyarakat dan lambat laun mengalami berbagai perubahan sesuai dengan perkembangan zaman. Namun sayangnya perubahan ini tidak mengarah kepada sesuatu yang lebih baik, dimana perubahan ini terjadi akibat adanya degradasi lingkungan, degradasi fungsional dan degradasi visual. Oleh karena itu peremajaan kawasan Taman Pusat Kota ini dirasa perlu dilakukan sebagai suatu upaya peningkatan kembali fungsi dari Kawasan sebagai Ruang Terbuka dan Ruang Publik. Adapun tujuan yang ingin dicapai dari peremajaan sendiri yaitu Menciptakan Taman Pusat Kota sebagai Ruang Terbuka yang Aman, Nyaman, Indah, Asri, dan Berseri Bagi Aktifitas Masyarakat di Kecamatan Ciawi.   

Kata Kunci : Taman Kota, Ruang Terbuka, Peremajaan Kota


Keywords


Taman Kota, Ruang Terbuka, Peremajaan Kota

Full Text:

PDF

References


UU No. 26 Tahun 2007 Tentang Penataan Ruang

Peraturan Daerah Kabupaten Tasikmalaya tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Tasikmalaya Tahun 2011 – 2031

Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 5 Tahun 2008 Tentang Pedoman Penyediaan dan Pemanfaatan Ruang Terbuka Hijau

Permen PU No. 12 Tahun 2009 tentang Penyediaan dan Pemanfaat Ruang Terbuka Non Hijau.

Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 3 Tahun 2014 tentang Pedoman Perencanaan, Penyediaan, dan Pemanfaatan Prasarana dan Sarana Jaringan Pejalan Kaki di Kawasan Perkotaan

Keputusan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 468 Tahun 1998 Tentang Persyaratan Teknis Aksesibilitas pada Bangunan Umum dan Lingkungan

Pedoman Teknis Penanaman Pohon pada Sistem Jaringan Jalan, Kementrian Pekerjaan Umum, Tahun 2010

ISBN : 979-95401-1-9 Tentang Pedoman Perencanaan dan Pengoperasian Fasilitas Parkir

SNI 02-2406-1991 Tentang Tata Cara Perencanaan Umum Drainase Perkotaan

SNI 7391:2008 Tentang Spesifikasi Penerangan Jalan di Kawasan Perkotaan

SNI 03-733-2004 Tentang Tata Cara Perencanaan Lingkungan Perumahan di Perkotaan

Joseph De Chiara dan Lee E Koppelman. 1997. Standar Perencanaan Tapak. Jakarta: Erlangga

T. White, Edward. 1985. Analisis Tapak Pembuatan Diagram Informasi Bagi Perancangan Arsitektur. Bandung: Intermatra

Hakim, Rustam. 2012. Komponen Perancangan Arsitektur Lansekap. Jakarta: Bumi Aksara

Eko Budiharjo dan Djoko Sujarto. 2013. Kota Berkelanjutan. Jakarta: Alumni

Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta

Febringgo, Ryan. 8 Elemen Perancangan Menurut Hamid Shirvani. Ryanfebringgo.blogspot.id. (Diunduh pada 10 Januari 2017 pada http://ryanfebringgo.blogspot.co.id/2013/05/menurut-hamid-shirvani-terdapat-8.html)




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/pwk.v0i0.9370

Flag Counter   Â