Persepsi Mahasiswa STIKOM InterStudi terhadap Minat Menonton Program Talkshow Mata Najwa

Yulinke Ayu Putri, Yasser Fikri

Abstract


Abstrak. Persepsi mahasiswa dan mahasiswi mengenai sebuah tayangan informasi memiliki sifat pribadi sesuai dengan kebutuhan dan pandangan seseorang. Hal tersebut tentunya memiliki keterkaitan khusus bagaimana pandangan berbeda pada tiap mahasiswa-mahasiswi dalam menyikapi informasi terkini dari sudut pandang yang berbeda. Pada konteks sebuah program tayangan khususnya program talkshow persepsi khalayak mengenai tayangan informasi memiliki keterkaitan satu sama lain dari segi minat menonton, untuk itu perlu diketahui bagaimana persepsi tayangan informasi khalayak khususnya mahasiswa-mahasiswi terhadap minat penonton. Studi ini bertujuan untuk mengetahui persepsi tayangan informasi pada mahasiswa dan mahasiswi STIKOM InterStudi terhadap minat menonton program talkshow Mata Najwa Trans 7. Perolehan hasil yang didapatkan dari penelitian ini diharapkan mampu menjadi menjadi referensi secara akademis serta dapat memberi kontribusi pada kajian karya ilmiah terutama tentang persepsi terhadap suatu program acara dan juga dapat dijadikan referensi pada landasan penelitian berikutnya. Pendekatan kuantitatif jenis deskriptif dengan paradigma positivisme digunakan dalam penelitian. Populasi pada penelitian ini merupakan mahasiswa-mahasiswi STIKOM InterStudi Angkatan September 2017 dengan teknik pengambilan sampel puposive sampling non-probability Dengan ketentuan kriteria penarikan sampel merupakan mahasiswa STIKOM InterStudi dengan jurusan Penyiaran yang merupakan subscriber channel Najwa Shihab. Responden yang telah dihasilkan akan diminta untuk menjawab pernyataan pada kuesioner yang telah dibagikan pada link Google Forms dengan pengukuran skala likert 7 poin demi meminimalisir keterbatasan penelitian di masa pandemi Covid-19. Hasil penelitian ini menunjukkan jika persepsi tayangan informasi pada mahasiswa dan mahasiswi STIKOM InterStudi memiliki pengaruh signifikan terhadap minat menonton program talkshow yang dikhususkan pada program Mata Najwa Trans 7.

Abstract. The perception of students and students about an information show has a personal nature according to one’s needs and views. This, of course, has a special relationship with how different view are given to each student in responding to the latest information from a diffenet point of view. In the context of a broadcast program, especially a talk show program, the audience’s perception of infotmation shows has a relationship with each other in terms of viewing interest,  forthat it is necessary to know how the  perception of audience information shows, especially students, towards audience interest. This study aims to determine the perception of information broadcasts on students and students of STIKOM Inter Studi on their interest in watching  the program talkshow Mata Najwa in trans 7 .  An event program and can also be used as a reference on the basic of subsequent research. Descriptive quantitative approach with positivism paradigm is used in this research. The popukation in this study were students of STIKOM Inter Studi class of  September 2017 with a non-probability purposive sampling technique. With the provision of the sampling criteria, they were students of STIKOM  Inter Studi majoring in Broadcasting who were subscribers to Najwa Shihab’s channel. Respondents who have been generated will be asked to answer statement on the questionnaire that has been distributed on the Google  Forms linke with a 7 point like scale measurement in  order to minimize research limitations during the Covid-19 pandemic. The results of this study indicate that the perception of information broadcast on students and students of STIKOM Inter Studi has a significant influence on interest in watching program talkshow that are devoted to the Mata Najwa in Trans7.


Keywords


Persepsi tayangan informasi, Program talkshow, Mata Najwa, Purposive Sampling, Covid-19.

Full Text:

PDF

References


Gómez & Quevedo. (2018). Connecting with audiences in new markets: Netflix´s Twitter strategy in Spain. Journal of Media Business Studies, 15(2), 127–146.

Hardyanti, W. (2017). Diskrepansi Kepuasan Pembaca Media Online Islam: Studi Komparatif Kesenjangan Kepuasan Membaca Situs eramuslim.com di Kalangan Dosen dan Mahasiswa di Malang. JURNAL SOSIAL POLITIK.

Himpong, M. (2017). Persepsi Masyarakat Tentang Talkshow “Mata Nadjwa” Di Metro Tv (Studi Pada Masyarakat Bahu Kecamatan Malalayang). Acta Diurna Komunikasi, 6(2), 1–17.

Holler, A., Götz, M., & Alper, M. (2016). Children’s preferences for TV show hosts: an international perspective on learning from television. Journal of Children and Media, 10(4), 497–507.

Imanda Qinthara Rahman. (2015). PERSEPSI MAHASISWA UNIVERSITAS TELKOM PADA ACARA TALKSHOW DI TELEVISI (Studi Kasus tentang Persepsi Anggota Pers Ikom yang Menjadi Pemirsa Acara Talkshow “Mata Najwa” Episode “Gengsi Berebut Kursi” di Metro TV). E-Proceeding of Management, 2(1), 864.

Malhotra, N. K., & Birks, D. F. (2015). Marketing Approach An Applied Approach.

Mulyana, D., & Rakhmat, J. (2010). Komunikasi antarbudaya. In Penantar Komunikasi antarbudaya.

Muslim. (2016). Varian-Varian Paradigma, Pendekatan, Metode, dan Jenis Penelitian dalam Ilmu Komunikasi. Wahana, 1, No.10(10), 77–85. https://journal.unpak.ac.id/index.php/wahana/article/view/654

Nurfadillah. (2016). Persepsi mahasiswa fakultas dakwah dan komunikasi uin alauddin makassar pada siaran talkshow mata najwa di metro tv. 100.

Ono, K. A. (2020). The future of Communication and Critical/Cultural Studies. Communication and Critical/ Cultural Studies, 17(1), 56–61.

Prawita, A., Purwo, A., & Utomo, Y. (2020). Analysis of Directive Speech Acts in Mata Najwa Youtube Channel “Because of Corona: Why Indonesia Is Not Like Singapore.” Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(1), 101–110.

Priyanti, M. I. (2013). Peranan Media Televisi Dalam Pembentukan Perilaku Politik Berkenaan Dengan Pilkada Jawa Tengah Tahun 2013. 192.

Purwatiningsih, desti sri, & Syafira, N. A. (2020). PENGARUH TAYANGAN PROGRAM TALKSHOW MATA NAJWA TERHADAP MINAT MENONTON ANGGOTA DPR RI PERIODE 2019-2024. XXIV(1), 96–106.

Salaudeen, M. A., & Onyechi, N. (2020). Digital media vs mainstream media: Exploring the influences of media exposure and information preference as correlates of media credibility. Cogent Arts and Humanities, 7(1).

Shrestha, N. (2021). Factor Analysis as a Tool for Survey Analysis. Journal of Applied Mathematics and Statistics, 9(1).

Tella, A., Bode-Obanla, O., & Sulyman Age, A. (2020). The perspective of undergraduate students on information needs and seeking behavior through YouTube. Journal of Electronic Resources Librarianship, 32(2), 94–109.

Wahyuniarti, F. (2018). Konsetrasi Jurnalistik Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Zaqiwali, B., Puspadarmaja, N., & Agustiningrum, H. (2021). Representasi Platform Video Streaming dalam Kepuasan Penonton. Jurnal Syntax Admiration, 2(7).




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v8i1.31791

Flag Counter   Â