Strategi Produser Program “Bang Jamal” Radio Elgangga 100.3 FM Bekasi dalam Mempertahankan Eksistensi Pendengar
Abstract
Abstrak. Radio Elgangga merupakan Radio yang berada di Kota Bekasi dan telah dilabeli dengan Radio Dangdut sejak Januari 1986. Radio Elgangga berfungsi memberikan edukasi, hiburan, Kesehatan, informasi. Masyarakat Kota Bekasi menggunakan Radio sebagai sarana Informasi, hiburan. Radio Elgangga memiliki Program unggulanya yaitu Program BANG JAMAL (Bangun Jangan Malas). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi produser dalam mempertahankan Eksistensi Pendengar. Penelitian ini menggunakan Metode Deskriptif Kualitatif dengan mengumpulkan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan Teori David Fred yang terdiri dari Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan strategi produser memiliki tahapan perencanaan yang sudah ditetapkan, dilakukanya pemeriksaan sebelum acara agar tidak terjadi kesalahan serta produser wajib mengetahui target pendengarnya, selalu melakukan evaluasi terhadap program dan juga penyiarnya. Tujuan tersebut dilakukan untuk mengetahui apakah program tersebut berjalan sesuai strategi yang dilakukan produser atau tidak dan untuk menghasilkan program acara yang baik dan dapat mempertankan eksistensi pendengar.
Abstract. Radio Elgangga is a radio located in the city of Bekasi and has been labeled with Radio Dangdut since January 1986. Elgangga Radio serves to provide education, entertainment, health, information. The people of Bekasi City use Radio as a means of information, entertainment. Radio Elgangga has its flagship program, namely bang JAMAL Program (Wake Up Don't Be Lazy). The purpose of this research is to find out how the producer's strategy in maintaining the Existence of the Listener. The study used the Qualitative Descriptive Method by collecting data through interviews, observations, and documentation. This research uses David Fred's Theory which consists of Planning, Implementation, Evaluation. The results of this study show that the producer's strategy has a predetermined planning stage, an examination is carried out before the event so that no mistakes occur and the producer must know the target audience, always evaluate the program and also the broadcaster. The goal is done to find out whether the program runs according to the strategy carried out by the producer or not and to produce a good program of the show and can strengthen the existence of listeners.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Z. (2007). Analisis Eksistensial. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Ardianto, E., & Komala, L. (2004). Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Ardianto, E., Komala, L., & Karlinah, S. (2007). Komunikasi Massa. Bandung: Simbiosa Rekamata Media.
Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Arikunto. (2006). Prosesdur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. RIneka Cipta.
David, F. (2004). Manajemen Strategis: konsep-konsep. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.
Djabar , R. G. (2021). Peran Produser "Indika Pagi" Di Indika FM Jakarta Untuk Mempertahankan Minat Pendengar.
Effendy, O. U. (2003). Ilmu Teori, Filsafat Komunikasi . Bandung: PT. CItra Aditya Bakti.
Effendy, O. U. (2003). Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti.
Elgangga, R. (2018, Agustus 19). Radio Elgangga . Retrieved from https://www.radioelgangga.com/company-profile/: https://www.radioelgangga.com/company-profile/
Elgangga, R. (2019). Retrieved from https://www.radioelgangga.com/radio-terbaik-bekasi/
Elgangga, R. (2021, Maret 2). Retrieved from https://www.radioelgangga.com/radio-no-1/
Iskandar. (2009). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Gaung Persada Press.
Kristiyantono, R. (2006). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: PT. Kencana Perdana.
Kristiyantono, R. (2006). Teknis Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: PT. Kencana Perdana.
Kurniawan, W.2008. "Strategi Produser Program BANG JAMAL dalam Mempertahankan Eksistensi Pendengar". Hasil Wawancara Pribadi: 11 Januari 2022, Radio Elgangga.
Miftahuddin. (1999). Perencanaan Strategi Organisasi Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Morissan. (2005). Manajemen Media Penyiaran: Strategi Mengelola Radio & Televisi. Jakarta: Ramdina Prakarsa.
Morissan. (2008). Manajemen Media Penyiaran: Strategi Mengelola Radio & Televisi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Morissan. (2009). Teori Komunikasi Organisasi. Bogor: Ghalia Indonesia.
Mudrajad, K. (2006). Strategi Bagaimana Meraih Keunggulan Kompetitif. Jakarta: Erlangga.
Nurudin. (2007). Pengantar Komunikasi Massa. Depok: PT. Rajagrafindo Persada.
Nurudin. (2007). Pengantar Komunikasi Massa. Depok: PT. Rajagrafindo Persada.
Poerwandari, E. K. (2007). Pendekatan Kualitatif dalam Penelitian Psikologi. Jakarta: LPSP3 Universitas Indonesia.
Ratna, N. K. (2011). Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra dari Strukturalisme hingga Postrukturalisme Perspektif Wacana Naratif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Romli. (2009). Dasar-Dasar Siaran Radio. Bandung: Nuansa.
Romli, M., & Syamsul, A. (2009). Dasar-Dasar Siaran Radio. Bandung: Nuansa.
Sarwono. (2003). Psikologi Remaja. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: PT. Alfabet.
Tahir, M. (2011). Pengantar Metodologi Penelitian Pendidikan. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.
Tamburaka, A. (2012). Agenda Setting Media Massa. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Wibowo, F. (2012). Teknik Produksi Program Radio Siaran. Yogyakarta: Grasia Book.
Yudo Triartanto, A. I. (2010). Broadcasting Radio: Panduan Teori dan Praktek. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher.
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v8i1.31785
  Â