Pengaruh Program Mata Najwa Episode “Vaksin Siapa Takut” di Trans7 terhadap Sikap Masyarakat

Oka Alamsyah Yulad, Riyanto Cawas

Abstract


Abstrak. Efek komunikasi massa terhadap sebuah program siaran televisi merupakan bagian penting, hal tersebut dikarenakan menentukan berhasil atau tidaknya sebuah proses komunikasi. Sebuah program siaran televisi dapat menghasilkan effect yang dirasakan langsung oleh khalayak. Seperti halnya effect yang dirasakan langsung oleh masyarakat setelah menyaksikan program talkshow Mata Najwa di Trans7. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uses and gratifications theory, dan konsep yang digunakan untuk mengukur program siaran televisi dari Morissan serta konsep yang digunakan untuk mengukur sikap masyarakat dari Azwar. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitif yang dilakukan di Kampung Bulak Baru Jalan Taruna Dalam, RT. 01 / RW 03, Pulogadung, Jakarta Timur dengan jumlah sampel sebanyak 69 responden, yang diperoleh dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program siaran televisi “Mata Najwa” Trans7 berpengaruh positif dan signifikana terhadap Sikap Masyarakat pada vaksin Covid-19. Hal tersebut memiliki arti jika semakin baik Program Siaran Televisi “Mata Najwa” Trans7 maka semakin baik pula sikap masyarakat pada vaksin Covid-19. Adapun besaran pengaruh Program Siaran Televisi “Mata Najwa” Trans7 terhadap Sikap Masyarakat pada vaksin Covid-19 diperoleh nilai sebesar 23.3%, dan sisanya sebesar 76.7% dipengaruhi faktor lain, dan penelitian ini tidak bertentangan dengan penelitian pendahulu serta bersifat mendukung.

Abstract. The effect of mass communication on a television broadcast program is an important part, it is determined because it is not successful or not a communication process. A television broadcast program can produce effects that are felt directly by the audience. As well as the effect that was felt directly by the public after watching the Mata Najwa talk show program on Trans7. The theory used in this study is the uses and gratifications theory, and the concept used to measure television broadcast programs from Morissan and the concept used to measure public attitudes from Azwar. This research was conducted using a quantitative approach in Kampung Bulak Baru, Jalan Taruna Dalam, RT. 01 / RW 03, Pulogadung, East Jakarta with a total sample of 69 respondents, obtained by purposive sampling technique. The results showed that the television broadcast program "Mata Najwa" Trans7 had a positive and significant effect on public attitudes towards the Covid-19 vaccine. This means that the better the Trans7 "Mata Najwa" Television Broadcast Program, the better the public's attitude towards the Covid-19 vaccine will be. The magnitude of the influence of the Trans7 "Mata Najwa" Television Program on Public Attitudes on the Covid-19 vaccine was obtained a value of 23.3%, and the remaining 76.7% was influenced by other factors, and this research does not contradict the preliminary research and supports it.


Keywords


Program Siaran Televisi, Sikap Masyarakat, Mata Najwa, Vaksin Covid-19.

Full Text:

PDF

References


Ardianto, K. & K. (2012). Komunikasi Massa: suatu pengantar. Simbiosa Rekatama Media.

Azwar, S. (2015). Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya. pustaka pelajar.

Bungin, B. (2017). Metode Penelitian: komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Kencana Prenada.

Effendy, O. U. (2013). Ilmu Komunikasi Teori dan praktek. PT. Remaja Rosdakarya.

Https://theconversation.com). (2021). Keraguan penduduk indonesia terhadap vaksin Covid-19. https://theconversation.com/27-penduduk-indonesia-masih-ragu-terhadap-vaksin-Covid-19-mengapa-penting-meyakinkan-mereka-150172

https://www.alodokter.com/). (2021). Vaksin Covid-19 Salah Satu Langkah Menekan Kasus Covid-19. https://www.alodokter.com/)

Kriyantono, R. (2010). Teknik Praktis: Riset Komunikasi (5th ed.). Kencana Prenada Media Group.

Kriyantono, R. (2012). Teknik Praktik Riset Komunikasi. Kencana Media.

Liana, C. (2017). Pengaruh Terpaan Tayangan Religi di Televisi Terhadap Sikap dan Perilaku Taqwa Pemirsa. Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 2(1). https://doi.org/10.29240/jdk.v2i1.274

Morissan. (2015). Teori Komunikasi Individu Hingga Massa. Kencana Prenada Media Group.

Mudrajad, K. (2013). Metode Riset Untuk Bisnis Dan Ekonomi (4th ed.). Erlangga.

Pungki Oktavia. (2020). Pengaruh Sosialisasi Pemilu 2019 Terhadap Tingkat Pengetahuan Pemilih Pemula Sman 1 Depok. Inter Komunika : Jurnal Komunikasi, 2(2).

Rakhmat, J. (2012). Psikologi Komunikasi. PT. Remaja Rosdakarya.

Riduwan. (2014). Metode & Teknik Penyusunan Proposal Penelitian. Alfabeta.

Riyanto, R. (2017). Efektivitas Media Internet Terhadap Kepuasan Khalayak Media. InterKomunika, 2(1), 61. https://doi.org/10.33376/ik.v2i1.16

Rusman Latif. (2015a). Siara Televisi Non-Drama. Prenamedia Group.

Rusman Latif. (2015b). Siaran Televisi Non-Drama. Prenamedia Group.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasnni (Mix Metode). CV, Alfabeta.

Sumarwan, U. (2011). Perilaku Konsumen : Teori dan Penerapannya Dalam Pemasaran. Ghalia Indonesia.

theconversation.com. (2021). Menjawab Masalah Struktural di balik penolakan Covid-19 di seluruh dunia dan Indonesia. https://theconversation.com




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v8i1.31784

Flag Counter   Â