Pergeseran Fungsi Media Sosial Instagram Menjadi Opsi Bisnis Online
Abstract
Abstrak. Media sosial menjadi media yang menuntut dari waktu ke waktu, dan dengan perkembangan teknologi yang pesat saat ini, perubahan penggunaan media sosial seperti Instagram tidak hanya untuk kepuasan diri, tetapi juga sebagai fungsi bisnis. Instagram menyediakan banyak fitur dan dapat melakukan berbagai aktivitas bagi yang tertarik menggunakan Instagram. Instagram adalah media yang bagus untuk memberikan informasi yang dapat digunakan para pebisnis untuk mempromosikan produk mereka, dan orang-orang dapat menemukan apa yang telah mereka posting. Survei ini bertujuan untuk mengonfirmasi bahwa kemampuan media sosial Instagram bergeser ke opsi bisnis online. Peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, dan pengumpulan data terdiri dari wawancara tidak terstruktur. Hasil survei ini menunjukkan bahwa menggunakan Instagram tidak selalu untuk kepuasan diri, tetapi Instagram melakukan bisnis online dan memanfaatkan kemampuan personalisasinya untuk memfasilitasi perolehan pemirsa. Mungkin cara yang tepat untuk membuat transmisi foto atau video Anda menarik.
Abstract. Social media has become a media that is much in demand through these years. With the rapid development of technology today, the switch from using social media such as Instagram is not only used for self-satisfaction but has also become integral for business. Instagram has many features for people and can do a variety of activities. Instagram is an information delivery medium to be used by business people to promote their products so people can know what has been posted. This study is aimed to find out the shift of Instagram's social media function to an online business option, research is done using qualitative descriptive research methods and the data collected through unstructured interviews. The results of this study suggest that using Instagram is not necessarily used for self- satisfaction, but Instagram can be a great way to do online business can take advantage of its features to personalize to make it easier to get an audience and attract to presenters of photos and videos.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Romli, Khomsahrial. 2016 Komunikasi Massa In PT Grasindo
Soebiagdo dan Poppy Ruliana. (2017) Pengaruh Strategi Promosi Stikom Interstudi Terhadap Peningkatan Ekuitas Merek. Dalam Jurnal INTER KOMUNIKA Vo. 2, No 2. Th 2017
Blake, Reed H. (2009). Taxonomy Of Concept in Communication, diterjemahkan dalam Taksonomi Konsep Komunikasi. Surabaya: Papyrus
Cangara, Hafied. 2015 Pengantar Ilmu Komunikasi In PT Rajagrafindo Persada. 141-142.
Winarni. (2003). Komunikasi Massa: Suatu Pengantar. Malang: UMM Press. 56-143.
Nasrullah, R. (2015). Media Sosial. Bandung: Simbiosa Rekatama Media. Dalam Jurnal Common Volume 3, No 1. Juni 2009.
Kotler, Philip. 2005. Management Of Marketting. Dalam Jurnal JOMFISIP Vol. 4, No 2. Oktober 2017.
Alvin Praditya (2019). Pengaruh Media Sosial dan Komunikasi Terhadap Perkembangan Bisnis Online Shop. Dalam Jurnal Semarak Vol. 2, No 1, Februari 2019.
Dinda Sekar Puspitarini dan Reni Nuraeni (2019). Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Media Promosi. Dalam Jurnal Common Volume 3 Nomor 1, Juni 2019.
Anne Ratnasari, Yusuf Hamdan dan Aan Julia (2017). Promosi Penjualan Produk Melalui Instagram. Dalam INTER KOMUNIKA: Jurnal Komunikasi Vol, 2 No.2, Th, 2017.
Veby Zilfania Rizal (2019). Komunikasi Pemasaran Media Sosial Instagram Pada Toko Kue Selebriti Bandung Makuta @bandungmakuta Terhadap Kesadaran Merek. Dalam Inter Komunika: Jurnal Komunikasi Vol, 4 No 1, Th 2019.
Fadli Harisa Ramadhan (2017). Pemanfaatan Media Sosial Instagram Akun @Mr.Creampuff Sebagai Promosi Dalam Meningkatkan Penjualan. Dalam Jurnal JOM FISIP Vol. 4, No 2, Oktober 2017.
Ary Mulyani Putri dan Poppy Ruliana (2019). Strategi Komunikasi Dalam Meningkatkan Kepuasan Tenant. Dalam InterScript: Journal of Creative Communication Volume 1, No 1. November 2019.
Risa Hardianti (2017) Motivasi Konsumsi Media Online dan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Dikalangan Generasi Milenial oleh Mahasiswi Komunikasi Univ. Multimedia Nusantara.
Burhan Bungin, “Sosiologi Komunikasi: Teori, Paradigma dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat”, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2006), h. 291.
Hoeta Soehoet, “Teori Komunikasi 2”, (Jakarta: Yayasan Kampus Tercinta- IISIP, 2002), h. 70.
Moleong, Lexy. 2006. metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda
Rangkuti, Freddy. 2001 Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
ttps://andi.link/hootsuite-we-are-social- indonesian-digital-report- 2020/#:~:text=Indonesia%20men urut%20Hootsuite- https://andi.link/hootsuite-we-are- social-indonesian-digital-report-2020/#:~:text=Indonesia%20menurut%20Hootsuite-,Gambar%20dibawah%20ini%20menjelaskan%20data%20tren%20internet%20dan%20media%20sosial,penduduk)%3A%20272%2C1%20juta&text=Pengguna%20Internet%3A%20175%2C4%20juta,Media%20Sosial%20Aktif%3A%20160%20jutahttps://www.kompasiana.com/muhzenfikri/552a6aa3f17e61a80ad623e3/fenomena-fashion-di-kalangan-anak-muda
Faztrack, 2008, Jenis Media dalam Online Marketing, dalam http://gofaztrack.com/sales/jenis-media-dalam-online-marketing/, 18:00
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v8i1.31780
  Â