Fenomena Media Sosial Tiktok pada Konten Lifestyle Akun @Syifafnabilaa sebagai Wadah Kreativitas Generasi Z

Muhammad Hanif, Hanoch Tahapary

Abstract


Abstract.The existence of the covid-19 pandemic happening all over the world has caused the TikTok application to be the choice of Generation Z in eliminating boredom while staying at home. The TikTok application has a good effect on Generation Z who are now using it to create positive content, such as tips and tricks, campaigns on health protocols, education, product marketing, and others to create content creators creative. on the TikTok app widely. Researchers are interested in discussing the phenomenon of TikTok social media as a forum forcontent creativity lifestyle. The method used in this study is qualitative, this study also uses key informants, namely acontent creator who lifestyle owns a TikTok account @syifafnabilaa and supporting informants, namely three followers of the TikTok account @syifafnabilaa. The results of this study, TikTok social media can increase the creativity of someone who has skills in fluent thinking, flexible thinking, original thinking, judgmental skills, and self-confidence. Like the account @syifafnabilaa with his curiosity and imagination, he is able to create content that can inspire other TikTok users. By utilizing the features provided by the TikTok Application such as special effects, music and hashtags, he is trending able to add his own charm and be able to enter the FYP (ForYourPage) page on content uploaded by the TikTok account @syifafnabilaa so that he has many followers and popularity. Selection of the type of content that is often in great demand is always a priority in content creation.

Abstrak. Adanya pandemi covid-19 terjadi di seluruh dunia yang menyebabkan aplikasi TikTok menjadi pilihan generasi Z dalam menghilangkan rasa jenuh selama dirumah saja. Aplikasi TikTok berpengaruh baik untuk generasi Z yang kini memanfaatkannya untuk membuat konten positif, seperti tips and trick, campaign tentang protokol kesehatan, edukasi, marketing product, dan lain-lain sehingga menciptakan content creator kreatif di aplikasi TikTok secara meluas. Peneliti tertarik membahas bagaimana fenomena media sosial TikTok sebagai wadah kreativitas konten lifestyle. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, penelitian ini juga menggunakan key informan yaitu seorang konten kreator lifestyle pemilik akun TikTok @syifafnabilaa dan informan pendukung yaitu tiga followers akun TikTok @syifafnabilaa. Hasil dari penelitian ini, media sosial TikTok dapat meningkatkan kreativitas seseorang yang memiliki keterampilan dalam berpikir lancar, berpikir luwes, berpikir orisinil, kecakapan dalam menilai, dan percaya diri. Seperti yang dilakukan oleh akun @syifafnabilaa dengan rasa keingintahuan dan imajinatifnya, ia mampu membuat konten yang dapat menginspirasi pengguna TikTok lainnya. Dengan memanfaatkan fitur yang disediakan oleh Aplikasi TikTok seperti special effect, musik dan hashtag yang sedang trend mampu menambah daya tarik tersendiri dan mampu masuk ke halaman FYP (ForYourPage) pada konten yang diunggah oleh akun TikTok @syifafnabilaa sehingga menjadikan dirinya memiliki banyak followers dan popularitas. Pemilihan jenis konten yang kerap kali banyak diminati selalu menjadi keutamaan dalam pembuatan konten.


Keywords


TikTok, fenomena, kreativitas, lifestyle

Full Text:

PDF

References


Budiarti, Y. (2015). Pengembangan Kemampuan Kreativitas Dalam Pembelajaran. PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 3(1), 61–72. https://doi.org/10.24127/ja.v3i1.143

Bulele, Y. N., & Wibowo, T. (2020). ANALISIS FENOMENA SOSIAL MEDIA DAN KAUM MILENIAL: STUDI KASUS TIKTOK. 1, 565–572.

Fatimah, F. N. D. (2016). Teknik analisis swot: pedoman menyusun strategi yang efektif dan efisien serta cara mengelola kekuatan dan ancaman. Anak Hebat Indonesia.

Hasiholan, T. P., Pratami, R., & Wahid, U. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Tik Tok Sebagai Media Kampanye Gerakan Cuci Tangan Di Indonesia Untuk Mencegah Covid-19. Communiverse: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(2), 70–80. https://doi.org/10.36341/cmv.v5i2.1278

Koagouw, F., Pantow, J. T., & Aisyah, S. (2015). Peran Media Online Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Smk Negeri 1 Manado. E-Journal Akta Diurna, IV(4), 1–9.

Michael, D. (2019). Where Millennials end and Generation Z begins | Pew Research Center. Pew Research Center, 1–7. https://www.pewresearch.org/fact-tank/2019/01/17/where-millennials-end-and-generation-z-begins/

Mustika, T. (2019). Pengaruh Terpaan Media Terhadap Reputasi Lembaga Pemerintah. Inter Script: Journal of Creative Communication, 1(1), 66–79. https://doi.org/10.33376/is.v1i1.350

Nisak, Z. (2013). Analisis SWOT Untuk Menentukan Strategi Kompetitif. Ekonomi Bisnis, 9(2), 468–476.

Pandrianto, N., Oktavianti, R., & Sari, W. P. (2020). Digitalisasi dan Humanisme Dalam Ekonomi Kreatif. PT Gramedia Pustaka Utama. PEMANF. (1369).

Budiarti, Y. (2015). Pengembangan Kemampuan Kreativitas Dalam Pembelajaran. PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 3(1), 61–72. https://doi.org/10.24127/ja.v3i1.143

Bulele, Y. N., & Wibowo, T. (2020). ANALISIS FENOMENA SOSIAL MEDIA DAN KAUM MILENIAL: STUDI KASUS TIKTOK. 1, 565–572.

Fatimah, F. N. D. (2016). Teknik analisis swot: pedoman menyusun strategi yang efektif dan efisien serta cara mengelola kekuatan dan ancaman. Anak Hebat Indonesia.

Hasiholan, T. P., Pratami, R., & Wahid, U. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Tik Tok Sebagai Media Kampanye Gerakan Cuci Tangan Di Indonesia Untuk Mencegah Covid-19. Communiverse: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(2), 70–80. https://doi.org/10.36341/cmv.v5i2.1278

Koagouw, F., Pantow, J. T., & Aisyah, S. (2015). Peran Media Online Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Smk Negeri 1 Manado. E-Journal Akta Diurna, IV(4), 1–9.

Michael, D. (2019). Where Millennials end and Generation Z begins | Pew Research Center. Pew Research Center, 1–7. https://www.pewresearch.org/fact-tank/2019/01/17/where-millennials-end-and-generation-z-begins/

Mustika, T. (2019). Pengaruh Terpaan Media Terhadap Reputasi Lembaga Pemerintah. Inter Script: Journal of Creative Communication, 1(1), 66–79. https://doi.org/10.33376/is.v1i1.350

Nisak, Z. (2013). Analisis SWOT Untuk Menentukan Strategi Kompetitif. Ekonomi Bisnis, 9(2), 468–476.

Pandrianto, N., Oktavianti, R., & Sari, W. P. (2020). Digitalisasi dan Humanisme Dalam Ekonomi Kreatif. PT Gramedia Pustaka Utama. PEMANF. (1369).

Prihatiningsih, W. (2017). Motif Penggunaan Media Sosial Instagram Di Kalangan Remaja. Communication, 8(1), 51. https://doi.org/10.36080/comm.v8i1.651

Rachmawati, Y., & Kurniati, E. (2011). Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak TK. In Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak TK.

Rahardjo, M. (2010). Triangulasi dalam penelitian kualitatif. 80, 3.

Riyanto, R. (2017). Efektivitas Media Internet Terhadap Kepuasan Khalayak Media. InterKomunika, 2(1), 61. https://doi.org/10.33376/ik.v2i1.16

Soraya, I. (2017). Personal Branding Laudya Cynthia Bella Melalui Instagram (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Akun Instagram @Bandungmakuta). Jurnal Komunikasi, 8(2), 30–38. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jkom/article/view/2654

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuatintatif, Kualitatif dan R&D 2008. In Alfabeta.

Sukrilah, A., Ratnamulyani, I., & Kusumadinata, A. (2017). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL MELALUI WHATSAPP GROUP FEI SEBAGAI SARANA KOMUNIKASI. Lingua Didaktika: Jurnal Bahasa Dan Pembelajaran Bahasa, 2(2), 32. https://doi.org/10.24036/ld.v2i2.3525

Susilowati. (2018). Pemanfaatan Aplikasi Tiktok Sebagai Personal Branding Di Instagram (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Akun @bowo_allpennliebe). Jurnal Komunikasi, 9(2), 176–185. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jkom/article/view/4319




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v8i1.31770

Flag Counter   Â