Pengaruh Konten Podcast Youtube Raditya Dika terhadap Sikap Masyarakat
Abstract
Abstract. In the current era the internet is one of the important needs of knowledge and information that can be obtained from the internet is one of the daily needs. With the help of the internet and social media, it is now easier for the public to get information, insight, entertainment, and money, this can be done from the content contained in social media accounts, one of which is Youtube. Youtube is a website with a social network located in the world and is operated by Google Inc. Youtube can be easily accessed via SmarthPhone or Computer that people can enjoy at any time. This can make people have positive and negative attitudes. A person’s attitude can change regarding what he sees and gets from the figure of a public figure on Youtube. A public figure that we can know is someone who is known by the wider community both in the terms of competence and professional who as an influence on society. Where a public figure in the entertainment world who has its own characteristics has interesting content and has a influence on the community so that they like or like themselves and watch themselves. While the content itself consists of a collection of ideas collected through the media. The results of the study, in multiple linear regression the content variable has a positive influence on attitude. On the coefficient of determination of the content variable can be influenced by attitude.
Abstrak. Pada era saat ini internet merupakan salah satu kebutuhan penting pengetahuan serta informasi yang dapat diperoleh dari internet merupakan salah satu kebutuhan setiap hari. Dengan bantuan internet dan media sosial saat ini mempermudah masyarakat mendapatkan suatu informasi, wawasan, hiburan, dan uang. Hal tersebut dapat dilakukan dari konten yang terdapat dalam akun media sosial, salah satunya yaitu Youtube. Youtube merupakan website dengan jaringan sosial berada di dunia serta dioperasikan oleh Google Inc. Youtube dapat mudah diakses melalui SmartPhone atau komputer yang bisa masyarakat nikmati setiap saat. Hal tersebut dapat membuat masyarakat mempunyai sikap positif dan negatif. Sikap seseorang dapat berubah terkait apa yang dia lihat serta dia dapatkan dari sosok public figure di Youtube. Public Figure yang bisa kita ketahui seseorang yang dikenal oleh masyarakat luas baik komptensinya maupun profesinya yang mempunyai pengaruh terhadap masyarakat. Ketika sosok public figure di dunia hiburan yang mempunyai ciri khas tersendiri mempunyai konten-konten yang menarik dan mempunyai pengaruh terhadap masyarakat dengan menggemari atau menyukai dan menoton dirinya. Sedangkan konten terdiri dari kumpulan ide-ide yang dikumpulkan lewat media. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pada regresi linear berganda variabel konten mempunyai pengaruh positif terhadap sikap. pada koefisien determinasi variabel konten bisa dipengaruhi oleh sikap.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ardini, P. P. (2012). Pengaruh Dongeng dan Komunikasi Terhadap Perkembangan Moral Anak Usia 7-8 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak, 1(1), 44–58. https://doi.org/10.21831/jpa.v1i1.2905
Arwani, A. (2015). Pengaruh Sikap Mahasiswa Muslim Terhadap Minat Pada Bank Syariah. Jurnal Penelitian, 12(1), 1–23. https://doi.org/10.28918/jupe.v12i1.640
David, E. R., Sondakh, M., & Harilama, S. (2017). Pengaruh konten vlog dalam youtube terhadap pembentukan sikap mahasiswa ilmu komunikasi fakultas ilmu sosial dan politik universitas sam ratulangi. Jurnal Acta Diurna, 6(1). https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurna/article/view/15479
Fadlurrahman, R. (2018). Pembuatan Konten Visual Kreatif Harian Untuk Media Sosial Produk Pt. Sinar Sosro Menggunakan Adobe Creative Cloud 2017. 1–7. https://doi.org/10.5281/zenodo.1313422
Fourianalistyawati, E. (2012). Komunikasi Yang Relevan Dan Efektif Antara Dokter Dan Pasien. Jurnal Psikogenesis, 1(1), 82–87. https://doi.org/https://doi.org/10.24854/jps.v1i1.37
Ardini, P. P. (2012). Pengaruh Dongeng dan Komunikasi Terhadap Perkembangan Moral Anak Usia 7-8 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak, 1(1), 44–58. https://doi.org/10.21831/jpa.v1i1.2905
Arwani, A. (2015). Pengaruh Sikap Mahasiswa Muslim Terhadap Minat Pada Bank Syariah. Jurnal Penelitian, 12(1), 1–23. https://doi.org/10.28918/jupe.v12i1.640
David, E. R., Sondakh, M., & Harilama, S. (2017). Pengaruh konten vlog dalam youtube terhadap pembentukan sikap mahasiswa ilmu komunikasi fakultas ilmu sosial dan politik universitas sam ratulangi. Jurnal Acta Diurna, 6(1). https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurna/article/view/15479
Fadlurrahman, R. (2018). Pembuatan Konten Visual Kreatif Harian Untuk Media Sosial Produk Pt. Sinar Sosro Menggunakan Adobe Creative Cloud 2017. 1–7. https://doi.org/10.5281/zenodo.1313422
Fourianalistyawati, E. (2012). Komunikasi Yang Relevan Dan Efektif Antara Dokter Dan Pasien. Jurnal Psikogenesis, 1(1), 82–87. https://doi.org/https://doi.org/10.24854/jps.v1i1.37
Hadi, A. R. (2018). Intensi Masyarakat Membayar Zakat Melalui Badan Amil Zakat Kota Banjarmasin Arif. Jurnal Manajemen, 1(1), 104–121.
Hariko, R. (2017). Landasan Filosofis Keterampilan Komunikasi Konseling. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 2(2), 41–49. https://doi.org/10.17977/um001v2i22017p041
Hermawan, I. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif Dan Mixed Methode. Hidayatul Quran Kuningan. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=Vja4DwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP10&dq=pengertian+kuantitatif&ots=XvBij1W2mp&sig=Q-3kLYV39UPlofWFVpk_o3CnKB4&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false
Iis, E., & Totok, S. (2017). Uji Kelayakan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Administrasi Server. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 2(2), 204–210. https://doi.org/10.21831/elinvo.v2i2.17315
Kamhar, M. Y., & Lestari, E. (2019). Pemanfaat Sosial Media Youtube Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia DI Perguruan Tinggi. Ilmu Pendidikan, 1(2). https://jurnal.unitri.ac.id/index.php/inteligensi/article/view/1356/1126
Luviana, A., & Delliana, S. (2020). Pengaruh Terpaan Tayangan Animasi Nussa Official ( Cuci Tangan Yuk ) Di Youtube Terhadap Perilaku Imitasi Anak. Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 44–50. https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/mutakallimin/article/view/3726
Mahkota, A. P., Suyadi, I., & Riyadi. (2014). Pengaruh Kepercayaan Dan Kenyamanan Terhadap Keputusan Pembelian Online (Studi Pada Pelanggan Website Ride Inc). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 8(2), 1–7. http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/359
Manossoh, A., Mananeke, L., & Soegoto, A. S. (2015). Analisis perbandingan sikap konsumen terhadap penggunaan produk shampoo clear dan shampoo pantene di winangun. 3(3), 74–80. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/9312/8886
Mirzaqon, A., & Purwoko, B. (2018). Studi Kepustakaan Mengenai Landasan Teori Dan Praktik Konseling Expressive Writing Library. Jurnal BK UNESA, 8(1), 1–8. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/22037
Ni’mah, U., Tjahjono, A. B., & Shidiq, G. (2019). Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar Pendidikan Agama Islam. 326–340. http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/cois/article/view/8016
Nifita, A. T., & Arisondha, E. (2018). PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP MINAT BERKUNJUNG WISATAWAN DI TAMAN GEOPARK KABUPATEN MERANGIN. Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 7(18), 169–180. https://doi.org/https://doi.org/10.22437/jmk.v7i2.5490
Ningsih, G., Dayyan, M., & Nurjanah. (2019). Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan dan Pengetahuan Terhadap Minat Masyarakat Berinvestasi Logam Mulia di Pegadaian Syariah Langsa Barat. Ihtiyath Jurnal Manajemen Keuangan Syariah, 3(2), 87–110.
Pradana, M., & Reventiary, A. (2016). Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Merek Customade (Studi di Merek Dagang Customade Indonesia). Jurnal Manajemen, 6(1), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.26460/jm.v6i1.196
Pratama, A., & Anggraeni, R. (2019). Pengaruh Youtube Advertising Terhadap Respons Konsumen. Inter Community:Journal of Communication Empowerment, 1(1), 16–30. https://doi.org/10.33376/ic.v1i1.354
Putra, A. (2015). Pencapaian Kompetensi Siswa Dalam Pembelajaran Fisika Ditinjau Dari Kompleksitas Konten Dan Tingkatan Proses Kognitif Pada SMA Negeri Di Kota Padang. Eksata, 1(16), 53–62. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/eksakta/article/view/5264/4151
Rahayu, M., & Aminudin, A. (2013). Kajian Kebahasaan Terhadap Peristilahan Internet. Epigram, 10(1), 7–11. https://doi.org/https://doi.org/10.32722/epi.v10i1.552
Romli, K. (2016). Komunikasi Massa (A. Pramono (ed.)). Grasindo. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=DsRGDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=pengertian+komunikasi+massa&ots=dxwROtzRrF&sig=GwLJUBDrdwsuB4mxikex2rXf57U&redir_esc=y#v=onepage&q=pengertian komunikasi massa&f=false
Santoso, C. E. E. (2013). Perputaran Modal Kerja Dan Perputaran Piutang Pengaruhnya Terhadap Profitabilitas Pada Pt. Pegadaian (Persero). Jurnal EMBA, 1(4), 1581–1590. https://doi.org/https://doi.org/10.35794/emba.1.4.2013.2963
Setyosari, P. (2016). Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Prenamedia Group.
Slamet, R., & Aglis, H. A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan dan Eksperimen. Deepublish. https://books.google.co.id/books?id=W2vXDwAAQBAJ&pg=PA75&dq=uji+reliabilitas&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwid8_LLqf_rAhWVbysKHWlDD48Q6AEwBnoECAYQAg#v=onepage&q&f=false
Sulidah. (2016). Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Masyarakat Terkait Kusta Terhadap Perlakuan Diskriminasi Pada Penderita Kusta. Jurnal Medika Respati, XI(3), 53–65. https://doi.org/https://doi.org/10.35842/mr.v11i3.29
Tosepu, Y. A. (2018). Media Baru Dalam Komunikasi Politik ( Komunikasi Politik Di Dunia Virtual). Jakad Publishing. https://books.google.co.id/books?id=tFnYDwAAQBAJ&pg=PA185&dq=media+baru&hl=en&sa=X&ved=0ahUKEwib96aM_5vpAhXSgeYKHW0vAM0Q6AEINTAB#v=onepage&q=media baru&f=false
Widyawati, N., Purwo, A., Utomo, Y., Universitas, I., & Semarang, N. (2020). Tindak Tutur Ilokusi dalam Video Podcast Deddy Corbuzier Tindak Tutur Ilokusi ddy Corbu dan Najwa Shihab pada Media Sosial Youtube. Jurnal Ilmiah Telaah, 5(2), 18–27. http://journal.ummat.ac.id/index.php/telaah/article/view/2377/pdf
Wijaya, D. A. (2017). Sikap Masyarakat Surabaya Terhadap Video Iklan Uc Browser “ 10 Cara Nembak Cewek ” Di Youtube Pendahuluan. E-Komunikasi, 5(1), 1–12. http://publication.petra.ac.id/index.php/ilmu-komunikasi/article/view/6180
Yanuardianto, E. (2019). Teori Kognitif Sosial Albert Bandura (Studi Kritis Dalam Menjawab Problem Pembelajaran di Mi). Auladuna:Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 94–111. https://doi.org/10.36835/au.v1i2.235
Yustiyawan, R. H., & Ningsih, M. (2019). Analisa Pengaruh Promosi Produk Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli (Studi Kasus Pada Media Youtube Oleh Beauty Vlogger). Jurnal Eksekutif, 16(2), 473–484.
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v8i1.31732
  Â