Analisis Penggunaan Podcast Sebagai Media di Kalangan Mahasiswa Jakarta

Ziky Maulana, Margareta Manalu

Abstract


Abstrak. Media adalah sarana sebuah platform yang didukung dengan internet untuk membantu melakukan aktivitas sehari-hari dan juga mempermudah bagi siapa saja yang memanfaatkannya. Dan media yang popular bagi remaja khususnya mahasiswa sekarang adalah media Podcast, media Podcast adalah adalah konten audio yang diunggah di platform dengan rangkaian episode dengan tema umum. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara dalam pengunaan podcast di kalangan mahasiswa Jakarta sebagai sebuah media. Manfaat dari penelitian ini dapat memperkaya kajian komunikasi mengenai penggunaan media podcast di kalangan mahasiswa Jakarta dan menjadi bahan referensi bagi para mahasiswa Jakarta untuk mengetahui sejauh mana penggunaan podcast sebagai media. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan tujuan untuk menjelaskan dan menganalisis secara utuh fenomena yang ada pada penggunaan podcast sebagai sebuah media di kalangan mahasiswa Jakarta. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa penggunaan podcast sebagai media di kalangan mahasiswa Jakarta lebih efektif sebagai media hiburan karena podcast mempunyai potensi yang terletak pada keunggulannya yang mudah di akses dimana saja dan kapan saja. Efektivitasnya podcast sebagai media hiburan bagi mahasiswa yaitu pada segi konten dan topik pembahasannya yang menarik, dan di podcast mahasiswa juga mendapatkan suatu informasi yang ter up to date, tetapi informasi tersebut di kemas secara komedi sehingga terdapat hiburan di dalamnya.

Abstract. Media is a means of a platform that is supported by the internet to help carry out daily activities and also make it easier for anyone who uses it. And the popular media for teenagers, especially students now is Podcast media, Podcast media is audio content uploaded on a platform with a series of episodes with a general theme. This study aims to find out in-depth the use of podcasts among Jakarta students as a medium. The benefits of this research can enrich communication studies regarding the use of podcast media among Jakarta students and become reference material for Jakarta students to find out the extent to which podcasts are used as media. This study uses a qualitative descriptive method to fully explain and analyze the phenomena that exist in the use of podcasts as a medium among Jakarta students. This study concludes that the use of podcasts as a medium among students in Jakarta is more effective as an entertainment medium because podcasts have the potential that lies in their advantages which are easy to access anywhere and anytime. The effectiveness of podcasts as an entertainment medium for students is in terms of content and interesting discussion topics, and in podcasts students also get up-to-date information, but the information is packaged in a comedic manner so that there is entertainment in it.


Keywords


Podcast, Media Digital, Teori Uses And Gratification, Media Belajar, Media Hiburan

Full Text:

PDF

References


Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodelogi Penelitian Kualitatif. CV Jejak, Sukabumi.

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja grafindo persada.

Badan Pusat Statistik. (2018). Profil Generasi Millenial Indonesia. KPP, PA, dan BPS, Jakarta.

Mulyana, D. (2016). Ilmu Komunikasi. PT Remaja Rosdakarya. www.rosda.co.id

Romli, K. (2016). Komunikasi Massa (Adipramono (ed.)). PT. Grasindo, Jakarta

Sugiyono. (2008). Metode penelitian pendidikan: ( Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D). Alfabeta, Bandung.

Ashari, M. (2019). Jurnalisme Digital: Dari Pengumpulan Informasi Sampai Penyebaran Pesan. Inter Komunika: Jurnal Komunikasi, 4.

Deal, A. (2007). Teaching with Technology Podcasting. Carnegie Mellon University, 15.

Fadilah, E., Yudhapramesti, P., & Aristi, N. (2017). Podcast sebagai Alternatif Distribusi Konten Audio. Kajian Jurnalisme, 1(1), 90–104.

Faradinna, N. (2020). Peran Podcast Dalam Membangun Knowledge Society (Studi Kasus Pada Perilaku Penggunaan Podcast Melalui Aplikasi Spotify). 1–118.

Huttabarat, P. M. (2020). Pengembangan Podcast Sebagai Media Suplemen Pembelajaran Berbasis Digital Pada Perguruan Tinggi. Sosial Humaniora Terapan, 2(2), 107–116.

Lavircana, R., Herman, M., & Humaidi, M. A. (2020). Penggunaan Podcast Sebagai Media Hiburan Dan Informasi Di Banjarmasin. Ilmu Komunikasi.

Nugraheni, Y., & Anastasia, Y. W. (2017). Social Media Habit Remaja Surabaya. Komunikatif, 6(1), 13–30.

Putri, D. U. (2012). Peran Media Baru Dalam Membentuk Gerakan Sosial ( Studi Kasus pada Individu Yang Terlibat dalam Indonesia Unite Di Twitter ). 88.

Ramadhany, I. D. (2020). Peran Podcast Sebagai Media Penyiaran Modern Berbasis Audio (Studi Kualitatif Pengguna Memilih Podcast Sebagai Media Alternatif Hiburan). 21(1), 1–9.

Riyanto. (2017). Efektivitas Media Internet Terhadap Kepuasan Khalayak Media. Komunikasi, 2(1), 61.

Rusdi, F. (2012). Podcast Sebagai Industri Kreatif. 91–94. http://dewanpers.or.id/publikasi/buku/878-data-

Saksono, W. T., & Faiza, I. (2014). Podcast Sebagai Sumber Belajar Berbasis Audio Audio Podcasts As Audio-Based Learning Resources. Teknodik., 18.(3), 304–314.

Shinto, G. W. (2019). Podcast Sebagai Media Distributor Audio Baru Dalam Dunia Penyiaran (Studi Kualitatif Podcast “Pojokan” Dalam Menyiarkan Episode Program Siaran Untuk Pendengar).

Zellatifanny, C. M. (2020). Trend Desiminasi Konten Audio On Demand melalui Podcast: Sebuah Peluang dan Tantangan Di Indonesia. Pekommas, 5(2), 117–132.

Baba Studio. (2019). Penjelasan RSS Feed dan Bagaimana Cara Kerjanya. Www.Techfor.Id.

BINUS University. (2019). Podcast: Media Audio dalam Pembelajaran. Binus.Ac.Id. https://binus.ac.id/knowledge/2019/12/podcast-media-audio-dalam-pembelajaran/

Confluence. (2011). Definition of Digital Media. Wikispaces.Psu.Edu.

Daily Social. (2018). Podcast User Research in Indonesia 2018. Www.Dailysocial.Id.

Kemp, S. (2020). Data Digital: April 2020 Global Statshot Report. Www.Wearesocial.Com.

Kemp, S. (2021). Digital Indonesia 2021. Www.Wearesocial.Com.

Roy Morgan. (2019). 56 Million Indonesians Engage In Online Entertainment. Www.Roymorgan.Com.

Tankovska, H. (2021). Number Of Youtube Users World Wide From 2016 to 2021. Www.Statista.Com.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v8i1.31726

Flag Counter   Â