Persepsi Masyarakat Terhadap Informasi Covid-19 yang Disajikan Melalui Akun Instagram @Dr.Tirta

Kania Aulia Ramadhanty, Muhammad Darwinsyah

Abstract


Abstract—This study is qualitative, with three interviewees, randomly selected based on @dr.tirta followers. The results of the study show that people who follow the Instagram account @dr.tirta have sufficient knowledge and a good understanding of COVID-19. As for how the community responds to the COVID-19 pandemic, such as wearing masks, doing hand hygiene and maintaining physical/social distance due to the Large-Scale Social Restrictions (PSBB), the community monitors everything through virtual communication media, starting from online schools, work from home imposed by the office. . As informed through the Instagram account @dr.tirta. The knowledge and behavior of the majority of Instagram account users who monitor all information through social media, especially as followers of the @dr.tirta Instagram account, are classified as good. This situation is expected to support the effective handling of COVID-19 cases in Indonesia. However, government and community supervision is still needed to maintain good conditions to prevent the spread of COVID-19 and for wise social media users.

 

Abstrak—Studi ini bersifat kualitatif, dengan tiga narasumber yang diwawancarai, dipilih secara acak  berdasarkan  followers @dr.tirta.  Hasil penelitian  menunjukkan bahwa masyarakat  yang  mengikuti  akun  Instagram  @dr.tirta  memiliki  pengetahuan  yang cukup  dan  pemahaman  yang baik  tentang  COVID-19.  Adapun  bagaimana  respon masyarakat terhadap pandemi COVID-19 seperti memakai masker, melakukan kebersihan tangan dan menjaga jarak fisik / sosial karena adanya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) masyarakat memantau semua melalui media komunikasi virtual, mulai dari sekolah online, work from home yang diberlakukan kantor. Seperti yang diinfokan melalui akun Instagram @dr.tirta. Pengetahuan dan perilaku sebagian besar masyarakat pengguna akun Instagram yang memantau semua informasi melalui sosial media terlebih lagi sebagai followers akun Instagram @dr.tirta tergolong baik. Situasi ini diharapkan dapat mendukung efektifitas penanganan kasus COVID-19 di Indonesia. Meski demikian, pengawasan pemerintah dan masyarakat tetap diperlukan untuk menjaga kondisi yang baik guna mencegah penyebaran COVID-19 dan bagi pengguna sosial media yang bijak.

 


Keywords


Informasi, persepsi, covid-19

Full Text:

PDF

References


Mega ardiani. (2020). Media sosial, identitas, transformasi, dan tantangannya. https://books.google.co.id/books?op=lookup&id=q4HsDwAAQBAJ&continue=https://books.google.co.id/books%253Fhl%253Did%2526lr%253D%2526id%253Dq4HsDwAAQBAJ%2526oi%253Dfnd%2526pg%253DPA2%2526dq%253DArdiani,%252Bm.%252B(2020).%252Bmedia%252Bsosial,identitas,transformasi,%252Bdan%252Btantangannya.%25

Salsabila, N. V., & Ernungtyas, N. F. (2020). Berkabung Di Media Sosial: Persepsi Pemberitaan Kasus Kematian Artis Kpop Di Instagram. Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial, 4(1),176. https://doi.org/10.38043/jids.v4i1.2325

Eni farryatul Fahyuni S, P.d, M. P. ., & Dra. Istikomah, M. A. (2016). Kunci Sukses Guru dan Peserta didik dalam Interaksi Edukatif Page i. 206. http://eprints.umsida.ac.id/738/2/PSIKOLOGI BLJR-NEW BOOK.pdf

Malecki, K. M. C., Keating, J. A., & Safdar, N. (2021). Crisis Communication and Public Perception of COVID-19 Risk in the Era of Social Media. 53726(4),699–704. https://doi.org/10.1093/cid/ciaa758

Ainiyah, N. (2018). Remaja Millenial dan Media Sosial: Media Sosial Sebagai Media Informasi Pendidikan Bagi Remaja Millenial. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 2(2), 221–236. https://doi.org/10.35316/jpii.v2i2.76

Sari, W. P., & Irena, L. (2019). Komunikasi Kontemporer dan Masyarakat. 454. https://books.google.co.id/books?id=ebzNDwAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id#v=onepage&q&f=false

Indika, D. R., & Jovita, C. (2017). Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Promosi Untuk Meningkatkan Minat Beli Konsumen. Jurnal Bisnis Terapan, 1(01), 25–32. https://doi.org/10.24123/jbt.v1i01.296

Gil de Zúñiga, H., Weeks, B., & Ardèvol- Abreu, A. (2017). Effects of the News- Finds-Me Perception in Communication: Social Media Use Implications for News Seeking and Learning About Politics. Journal ofComputer-Mediated Communication, 22(3), 105–123. https://doi.org/10.1111/jcc4.12185

Allport, G. W. (1954). Implementation of Inclusive Education in Ghanaian Primary Schools: A Look atTeachers` Attitudes Awal Mohammed Alhassan1. http://www.sciepub.com/reference/42715

Anditiasari, N., & Dewi, N. R. (2021). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget Pada Anak Usia 11 Tahun Di Brebes. Mathline : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(1), 97–108.

Inferensial, S., Asosiatif, P. H., Regresi, A., Deskriptif, P. H., Persamaan, P., Saya, M., & Marlina, L. (2018). Statistik untuk penelitian. 1–14

Sangadah, Khotimatus. (2020). EFEK PEMBERITAAN MEDIA MASSA TERHADAP PERSEPSI MASYARAKAT PAMEKASAN TENTANG VIRUS CORONA. Orphanet Journal Of Rare Diseases,21(1), 1–9. https://doi.org/10.31943/mathline.v6i1.177

Hendryadi Hendryadi. (2017). Validitas Isi: Tahap Awal Pengembangan Kuesioner. https://scholar.google.com/citations? view_op=view_citation&hl=id&user=Tm_vCmUAAAAJ&citation_for_vi ew=Tm_vCmUAAAAJ:W7OEmFM y1HYC

Mustika, T. (2019). Pengaruh Terpaan Media Terhadap Reputasi Lembaga Pemerintah. Inter Script: Journal of Creative Communication, 1(1), 66-79. https://doi.org/10.33376/is.v1i1.350




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v8i1.31723

Flag Counter   Â