Analisis Berita Kampanye Presiden dan Wakil Presiden 2014

aswin husen

Abstract


Media massa memiliki posisi penting dalam pemilihan presiden 2014 selama kampanye. masyarakat mendapatkan seluruh informasi tentang calon presiden dari media. Informasi dan publikasi pada media melaporkan tentang kualitas dan rekam jejak dari calon presiden menjadi faktor penentu yang dapat berubah dan membentuk opini dan menjadi informasi utama bagi pemilih untuk memilih presiden mereka. Masalah utama dari penelitian ini adalah tentang objektivitas berita selama pilpres kampanye 2014 di surat kabar harian Kompas dan Republika. Menurut Westerstahl (1983), kita dapat mengukur objektivitas berita dari faktualitas, nilai informasi, akurasi, kelengkapan dan relevansi. Penelitian ini juga menggunakan metode analisis isi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa surat kabar harian Kompas dan Republika tidak menerapkan semua aspek objektivitas dengan benar, terutama untuk aspek faktualitas. Di sisi lain, mereka telah menerapkan objektivitas pada aspek nilai informasi, akurasi, kelengkapan dan relevansi dalam melaporkan berita presiden Pemilu 2014 selama kampanye. Jadi kedua surat kabar harian Kompas dan Republika belum memenuhi semua unsru objektivitas dengan baik.

Keywords


Objektivitas, Kampanye Presiden 2014, Harian Umum

References


Ardianto, Elivinaro dkk. 2008. Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

_________________dkk. 2004. Komunikasi Massa. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Assegaff, Djaffar H. 1982. Jurnalistik Masa Kini. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Effendy, Onong Uchjana. 2004. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Krippendorff, Klaus. 1993. Analisis Isi: Pengantar Teori dan Metodologi. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Tamburaka, Apriadi. 2012. Agenda Setting Media Massa. Jakarta: Rajawali Pers.

Palapah, M.O. 1983. Studi Ilmu Komunikasi. Bandung: Universitas Padjadjaran.

McQuail, Dennis. 2011. Teori Komunikasi Massa: Buku 1 Edisi 6. Jakarta: Salemba Humanika.

Nurudin M.Si. 2007. Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Sedia Willing, Barus. 2010. Jurnalistik: Petunjuk Teknis Menulis Berita. Jakarta: Erlangga.

Suryawati, Indah. 2011. Jurnalistik Suatu Pengantar. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sumber lain :

KPU. 2013. Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 01 Tahun 2013 Tentang Pedoman Pelaksanaan Kampanye Pemilhan Umum Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, dan Perwakilan Rakyat Daerah. Jakarta: Komisi Pemilihan Umum.

Wulandari, Ria dkk. “Pemilu dan Demokrasi 2013â€. Parludem Jakarta. Edisi Februari 2013 (hal. 131-132)

Yuniati, Yenni. 2002. “Pengaruh Berita di Surat Kabar terhadap Persepsi Mahasiswa tentang Politikâ€, dalam Jurnal MediaTor. Fikom Unisba. Volume 3, Nomor 1, 2002 (hal. 79-95).




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.283

Flag Counter   Â