Hubungan Antara Gaya Kepemimpinan dengan Kinerja Karyawan Bagian Produksi PT. X Bandung

Syifa Fauziah Rahmah Hidayat, Lisa Widawati, Dinda Dwarawati

Abstract


Abstract. One of the companies engaged in the production and sale of mild steel is PT. X. In discussions about the work of the employees resulted in an increase that occurred in 2017. In this study using leadership theory from the Ohio Study and performance theory which won performance appraisals from Yukl, Wexley (1997).

This study aims to determine the relationship between leadership style and employee performance in the production department of PT. X Bandung. The research method used is a quantitative method with the type of correlational research. Samples were taken using a studio with 15 employees. Measuring instruments compiled based on Ohio's leadership theory which has been translated into Indonesian with its license of validity and reliability While measuring performance, it is announced from companies that are approved on performance appraisals. Based on the results of the analysis, Contingency Coefficient C Test obtained conversion values of 0.594 and Cmax of 0.707, which means having the number of additions between variables. Related to the leadership style of the production company PT. X Bandung.

Keywords: Ohio Study Leadership Style, Performance

Abstrak. Salah satu perusahaan yang bergerak di bidang produksi dan penjualan khususnya baja ringan adalah PT. X. Dalam menghadapi pekerjaannya karyawan bagian produksi memiliki kinerja yang rendah disertai rasa ketidak puasan terhadap perusahaan yang terjadi sebelum tahun 2017. Sejak terjadinya perubahan kepemimpinan pada posisi kepala produksi menjadikan karyawan memiliki kinerja yang meningkat. Pada penelitian ini menggunakan teori kepemimpinan dari Studi Ohio dan teori kinerja yang mengacu pada performance appraisal dari Yukl, Wexley (1997).

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara gaya kepemimpinan dengan kinerja karyawan pada bagian produksi PT. X Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Penentuan sampel digunakan dengan menggunakan studi populasi dengan seluruh karyawan produksi yang berjumlah 15 orang. Alat ukur disusun berdasarkan teori kepemimpinan Studi Ohio yang sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dengan diuji validitas dan reliabilitasnya. Sedangkan alat ukur kinerja, berasal dari perusahaan yang mengacu pada performance appraisal. Berdasarkan hasil dari analisis korelasi Uji Koefisien Kontingensi C diperoleh nilai korelasi sebesar 0,594 dan Cmaks sebesar 0.707 yang berarti memiliki korelasi yang tinggi antar variabel. Artinya terdapat korelasi antara gaya kepemimpinan dengan kinerja karyawan bagian produksi PT. X Bandung.

Kata Kunci : Gaya Kepemimpinan Studi Ohio, Kinerja


Keywords


Gaya Kepemimpinan Studi Ohio, Kinerja

Full Text:

PDF

References


Andrew W. Halpin (1957). Leader Behavior Description Questionnaire. Fisher College of Business The Ohio State University Columbus, OHIO.

Dessler, Gary. 2006. MSDM, Jilid II, PT. Indeks, Jakarta.

Kurnia A. (2007). Hubungan antara Tingkah laku Kepemimpinan Dengan Motivasi Kerja Pada Karyawan ichi Bento Setiabudhi Bandung. Skripsi Fakultas Psikologi Universitas Islam bandung

Mangkunegara, A A. Anwar Prabu, 2007. Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia, Cetakan Pertama, Bandung.

Nandadiputra, I. (2018). Hubungan antara Persepsi Gaya Kepemimpinan dengan Kinerja pada Karyawan Operator di Perusahaan PT. WIT Bandung. Universitas Islam Bandung

Pratama, C. Y. (2012). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Otokratis Terhadap Kepuasan Kerja . Jurusan Psikologi, 23.

Robbins, Stephen P. 2011. Perilaku Organisasi.Edisi Ke dua belas. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Thoha, Miftah. 1983. Perilaku Organisasi : Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta : CV Rajawali.

Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta

Wexley, K. N., Yukl. (2005). Perilaku Organisasi dan Psikologi Personalia. Jakarta: Rineka Cipta.

Wexley, K. N., Yukl. (1977). Organizational Behavior and Personnel Pshychology.Illionic. Homewood.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.17572

Flag Counter    Â