Penerapan Hukuman Edukatif untuk Meningkatkan Kedisiplinan Santri di Pondok Pesantren Al-Qur’an Babussalam Bandung

Andi Siti Zulaikah, Eko Eko, Fitroh Hayati

Abstract


Abstract. Educational process is called success because of many factors, one of most important factors is regarding the application of educative penalties to the discipline of student in Pesantren Al-Qur'an Babussalam Bandung. The penalty activities are one method of applying discipline in education in Islamic boarding schools. This thesis aims to obtain data related to planning, implementing and evaluating the results of educative punishment for students Pesantren Al-Qur'an Babussalam Bandung. This study used descriptive analytic method with a qualitative approach. The data for this research was gathered by several approach, those were observation, interviews, and documentation also analysis techniques which referred to the theoretical  background used by researcher. The results of the study can be concluded that educative punishment in Pesantren Al-Qur'an Babussalam Bandung was effective. The educative punishment itself had a purpose to make the students more discipline, reduce violations committed by student. In fact, physical punishment did not cause a deterrent effect on the student. After this educative sentence violated by students decreased, prevented or refused this bad behavior to repeat the same mistakes. This can be seen from the annual data of a decrease in gross violation

Keywords : Educational punishment, Discipline


Abstrak. Keberhasilan suatu proses pendidikan sangat ditentukan oleh banyak faktor, salah satu faktor terpenting adalah mengenai penerapan hukuman edukatif terhadap kedisiplinan santri di Pondok Pesantren Al-Qur’an Babussalam Bandung . Kegiatan hukuman merupakan salah satu metode penerapan disiplin dalam pendidikan di pondok pesantren. Skripsi ini bertujuan untuk memperoleh data terkait perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi hasil hukuman edukatif  bagi santri di Pondok Pesantren Al-Qur’an Babussalam Bandung. Penelitian ini menggunakan metode deskiptif analitik dengan pendekatan kualitatif. Pengelolahan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta teknik analisis yang digunakan mengacu pada landasan teoritis yang digunakan peneliti. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, hukuman edukatif di Pondok Pesantren Al-Qur’an Babussalam Bandung sangan efektif dan hukuman edukatif di Pondok Pesantren Al-Qur’an Babussalam Bandung mempunyai tujuan, mendisiplinkan santi, mengurangi pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan oleh santri di Pondok Pesantren Al-Qur’an Babussalam Bandung yang dimana pada saat adanya hukuman fisik yang diberikan kepada santi tidak menimbulkan efek jera terhadap santri di Pondok Pesantren Al-Qur’an Babussalam Bandung setelah adanya hukuman edukatif ini pelanggaran yang dilakukan santri semakin berkurang, mencegah atau menolak perilaku kejahatan untuk mengulangi lagi kejahatannya. Hal ini dapat diketahui dari data pertahunnya adanya penurunan pelanggaran berat.

 

Kata kunci : Hukuman edukatif, Kedisiplinan


Keywords


hukuman edukatif , kedisiplinan

Full Text:

PDF

References


Ahmad Tafsir, (2001) Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam, Bandung Remaja Rosdakarya.

Al Bana Muhammad, (2004) Anak Cerdas Dunia Akhirat. Bandung: Mujahid Press.

Kartono Kartini, (1992) Pengantar Ilmu Pendidikan Teoritis, Bandung :Mandar Maju

M. Ngalim Purwanto, (2000) Ilmu Pendidikan Praktis dan Teoritis, Bandung Remaja Rosdakarya

M Athiyah Abras, (2003) Dasar-dasar Pokok Pendidikan Islam, Jakarta: Bulan

Zainudin (1991 ) Seluk Beluk Pendidikan Al- Ghazali : Bumi Akjara

Zuhri (2016) kurikulum pendidikan pesantren cv budi utama Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.14507