Persepsi Mahasiswa terhadap Jasa Online Go-Jek

Fauzi Rahman, Nurhastuti Nurhastuti

Abstract


The purpose of this study was to determine the perception of Students of the Faculty of Communication Sciences University Islamic of Bandung force in 2012 to the online services of Go-Jek in 2016 where many of the students who use the services of online Go-Jek to meet day-to-day activities. Under these conditions, the authors analyze the problem through several elements, namely their view in using Go-Jek, their opinion in using Go-Jek and their interest  in using online services Go-Jek. The method used in this research is using qualitative research methods using the case study approach. This is because this study were drawn based on the essence of the experiences of the individual through the interview to 8 students of the Faculty of Communication Sciences University Islamic of Bandung force in 2012 selected by using purposive sampling (according to criteria) and four informants are important to support the company Go-Jek, Go-Jek driver, Department of Transportation Bandung and sociologists expert. The results showed the Perception of the students in the Faculty of Communication Sciences University Islamic of Bandung force in 2012 in general because of Go-Jek is being sought by many communities and society and much talked about by people who exist in the environment so that bandwagon in using Go-Jek. They also have the experience of each of them received a friendly service so that they feel comfortable and make the Go-Jek as the needs in transportation. The habits that arise from each of them which tell their experiences with the closest people in using Go-Jek transportation.

 

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Persepsi Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Bandung angkatan 2012 terhadap jasa online Go-Jek di kota Bandung tahun 2016 dimana banyak dari mahasiswa yang menggunakan jasa online Go-Jek untuk memenuhi aktifitas sehari-hari. Berdasarkan hal tersebut, maka penulis menganalisis masalah tersebut melalui beberapa unsur, yakni pandangan mereka dalam menggunakan Go-Jek, pendapat mereka dalam menggunakan Go-Jek serta ketertarikan mereka dalam menggunakan jasa online Go-Jek. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan Studi kasus. Hal ini dikarenakan penelitian ini diambil berdasarkan esensi dari pengalaman-pengalaman pada setiap individu melalui hasil wawancara kepada 8 mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Bandung angkatan 2012 yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling (sesuai dengan kriteria) serta 4 informan penting untuk mendukungnya yaitu pihak dari perusahaan Go-Jek, supir Go-Jek, Dinas Perhubungan Kota Bandung serta ahli sosiolog. Hasil penelitian menunjukkan Persepsi Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Bandung angkatan 2012 secara umum karena Go-Jek ini sedang diminati banyak masyarakat dan banyak dibicarakan oleh orang-orang yang ada pada lingkungannya sehingga ikut-ikutan dalam menggunakan Go-Jek. Mereka pun mempunyai pengalaman masing-masing di antaranya mendapatkan pelayanan yang ramah, sehingga mereka merasa nyaman dan membuat Go-Jek sebagai kebutuhan dalam transportasi. Adapun kebiasaan yang timbul dari masing-masing yaitu menceritakan pengalaman mereka kepada orang-orang terdekatnya.

 


Keywords


Perception, Gojek, Social Exchange

References


AW Suranto. (2011). Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta: Graha Ilmu.

I Made Wirartha. 2006. Metodologi Penelitian Sosial Ekonomi. Yogyakarta: C.V

Andi Offset.

Kotler, Phillip and Kevin Lane Keller. 2012. Marketing Management 13. New

Jersey: Pearson Prentice Hall.

Sumber Lainnya

https://www.go-jek.com




Flag Counter