Hubungan Menonton Acara Dr Oz Indonesia di Trans TV dengan Persepsi Ibu Rumah Tangga terhadap Gaya Hidup Sehat

Fakhri Rinanda, Satya Indra Karsa

Abstract


This thesis entitled “The Relations watch Dr Oz Indonesia Show on Trans TV with The Perception of Housewives to a healthy lifestyle”. According to the title, the case that is raised is how the relations between Intensity, Credibility Host and Message Content of the show with the perception of housewives to a Healthy lifestyle at RW 05 Sekepondok Bandung City. The problem identification in this research whether there is a relationship between watch dr oz indonesia in Trans TV with the perception of housewives to a healthy lifestyle. The aim of this thesis is to find out the relationship between the intensity, Credibility, and message contect of watching Dr Oz Indonesia in Trans TV with the perception of housewives to a healthy lifestyle in the neighborhood of RW 05 Sekepondok Bandung. The method that is used in this research is correlational, that is the method to research and to find out the relationship between two variables (variables X and Y variables). In the calculation will be obtained correlation coefficient, it is used to determine whether there is a strong relationship, the direction of the relationship, and matters whether or not its relationship. Correlation method that is used in this research is aimed to test whether there is a relationship between the frequency, duration, and intensity of watching the show with the perception of housewives. In this study, researchers selected respondents are housewives as many as 70 people using a simple sampling technique. The Results of this research show that there is a relations between the intensity of watch , credibility host and the message with the perception housewives to a healthy lifestyle. Thus, it can be said that watch the show on television with the term of the a fairly long, guided by host a credible and submission of a message good can make perception changed. In this research is prioritized to perception housewives to a healthy lifestyle, which lead them to practiced on the daily life of.

 

Skripsi ini berjudul “Hubungan Menonton Acara Dr Oz Indonesia di Trans TV dengan Persepsi Ibu Rumah Tangga Terhadap Gaya Hidup Sehat.” Sesuai dengan judul tersebut, maka permasalahan yang akan diangkat adalah bagaimana hubungan antara Intensitas menonton, Kredibilitas Host dan Isi Pesan acara tersebut dengan persepsi ibu rumah tangga terhadap gaya hidup sehat di lingkungan RW 05 Sekepondok  Kota Bandung. Identifikasi masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat hubungan antara Menonton acara Dr Oz Indonesia di Trans TV dengan persepsi ibu rumah tangga terhadap gaya hidup sehat. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara intensitas menonton, Kredibilitas host dan isi pesan  acara Dr Oz Indonesia di Trans TV dengan persepsi ibu rumah tangga terhadap gaya hidup sehat di lingkungan RW 05 Sekepondok Kota Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasional, yaitu metode untuk mneleiti dan mengetahui hubungan di antara dua variabel (Variabel X dan Variabel Y). Di dalam perhitungannya nanti akan didapat koefisien korelasi, koefeisien korelasi ini digunakan untuk mengetahui apakah ada hubungan yang kuat, arah hubungan, dan berarti atau tidaknya hubungan tersebut. Metode korelasional dalam penelitian ini digunakan untuk menguji apakah terdapat hubungan antara Intensitas menonton, Kredibilitas host , dan isi pesan acara dengan persepsi ibu rumah tangga terhadap gaya hidup sehat. Dalam penelitian ini, responden yang dipilih peneliti adalah ibu rumah tangga sebanyak 70 orang dengan menggunakan teknik sampling sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara intensitas menonton , Kredibilitas host dan isi pesan dengan persepsi ibu rumah tangga terhadap gaya hidup sehat. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa menonton suatu acara di televisi dengan jangka waktu yang lumayan panjang, dipandu dengan host yang kredibel dan penyampaian pesan yang baik dapat membuat persepsi berubah. Dalam penelitian ini lebih dikhususkan kepada persepsi ibu rumah tangga terhadap gaya hidup sehat, yang membuat mereka ingin menerapkanya pada kehidupan sehari-hari.


Keywords


Mass Communication, Exposure Events, Perception

References


Ardianto, Elvinaro. 2011. Metodologi Penelitian untuk Public Relations. Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Ardianto, Lukiati Komala dan Siti Karlinah. 2014. Komunikasi Massa. Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Kotler, Phillip. 1993. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga

Mulyana, Dedy. 2005. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Nurudin. 2007. Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada

Rakhmat, Jalaludin. 2006. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Tamburaka, Apriadi. 2013. Literasi Media. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada




Flag Counter