Personal Branding Indahkus sebagai Endorser Produk Geoffgirls di Instagram (Studi Kasus Mengenai Personal Branding Indahkus sebagai Endorser Produk Geoffgirls di Instagram)

Windy Putri Afifah, Anne Ratnasari

Abstract


The under graduate thesis entitled "Personal Branding of Indahkus as Endorser of Geoffgirls Product on Instagram". The background of this study is the development of communication technology that is rapidly increasing, in line with the shifting of conventional media. It changes the way of how people communicate nowadays, thus it arises the new media. One of the technological improvement forms is social media, and one of the most used media in social media is Instagram. The more social media called ‘instagram’ used, the more people use it to share information. Instagram, as a new media, rise a phenomenon among its users. It is known as Selebgram phenomenon or Celebrity in Instagram. The large number of Instagram users makes us easier to share information to public. It is not only generally used for public but also widely used for making a business, as a strategy to promote a product as has been done by Geoffgirls products. This study is the result of research that aims to answer the question of how Personal Branding of Indahkus as Geoffgirls Product Endorser On Instagram.Data of this study are collected through observation, direct interview with CEO of Geoffgirls products, SPV Marketing Division of Geoffgirls and Indahkus as the endorser of Geoffgirls product, and also supported by data from interviewing a follower of Indahkus in Instagram as the relevant supporter to the case that the author raised. Furthermore, this study is analyzed by using qualitative method with case study approach that is the analysis which produces data either in written or spoken form from people and its behaviors that can be observed in accordance with the actual events.Based on the results of this study, it can be concluded that Personal Branding conducted by Indahkus on Instagram fulfill the three elements, that is Indahkus has a character as one of celebrity in Instagram that can inspire many people, and Indahkus is a musician. Furthermore, based on the competence, Indahkus has her own characteristics, inner beauty, and strength in the terms of accomplishment.Finally, in order to make Personal Branding of Indahhkus better, the author suggests Indahkus to keep being positive and developing the accomplishments that already achieved. It is because, in this new media, there will be more emerging endorser. It is due to the promotion is a vital activity in marketing that could impact profits for the company. Then, the media should be widely used, so as many people know it, and the use of content in social media should be attractively made.


Skipsi yang berjudul Personal Branding Indahkus Sebagai Endorser Produk Geoffgirls Di Instagram”. Latar belakang dari penulisan skripsi ini adalah melihat pada perkembangan teknologi komunikasi yang semakin pesat, sejalan bergesernya media-media konvensional. Perkembangan teknologi tersebut merubah cara berkomunikasi banyak orang pada saat ini adalah munculnya media baru (new media). Salah satu bentuk dari kemajuan teknologi tersebut adalah media sosial. Media yang banyak digunakan salah satunya ialah Instagram. Maraknya media sosial yaitu Instagram, membuat semakin banyak pula yang menggunakan media sosial Instagram untuk menyampaikan informasi. Instagram sebagai sebuah media baru memunculkan suatu fenomena di kalangan pemakainya, fenomena tersebut dikenal dengan nama Selebgram atau Selebriti Instagram. Banyaknya pengguna Instagram, membuat kita tidak kesulitan lagi untuk menyampaikan informasi kepada khalayak banyak. Tidak hanya dipakai khalayak umum, media sosial Instagram juga saat ini banyak digunakan untuk berbisnis sebagai bentuk strategi dalam promosi yang dilakukannya untuk menjual sebuah produk seperti halnya yang dilakukan oleh produk Geoffgirls. Penelitian ini merupakan hasil penelitian yang bertujuan menjawab pertanyaan bagaimana Personal Branding Indahkus Sebagai Endorser Produk Geoffgirls Di Instagram.Data penelitian dihimpun melalui teknik observasi, wawancara secara langsung dengan CEO produk Geoffgirls, SPV Divisi Marketing Geoffgirls dan Indahkus sebagai endorser produk Geoffgirls serta didukung data wawancara dengan salah satu followers Instagram Indahkus sebagai pendukung yang relevan dengan permasalahan yang peneliti angkat. Selanjutnya, penelitian ini dianalisis menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, yaitu analisis yang menghasilkan data yang berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati sesuai dengan peristiwa sebenarnya.Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa dalam Personal Branding yang dilakukan oleh Indahkus di Instagram ini memenuhi 3 unsur yaitu Karakter Indahkus memiliki karakter sebagai salah satu artis Instagram yang dapat menginspirasi banyak orang, Indahkus adalah seorang musisi. Kompetensi, Indahkus memiliki ciri khas tersendiri, Indahkus memiliki inner beauty, Kekuatan Indahkus memiliki kekuatan dalam hal prestasi. Agar Personal Branding Indahhkus menjadi lebih baik lagi kedepannya, penulis menyarankan agar Indahkus terus berbuat positif dan prestasi yang sudah di miliki lebih dikembangkan lagi. Karna dalam media yang baru seperti sekarang ini akan lebih banyak endorser baru bermunculan. Hal itu disebabkan karena promosi merupakan salah satu kegiatan vital dalam pemasaran yang dapat memberikan dampak berupa profit bagi perusahaan tersebut. Lalu, penggunaan media yang lebih meluas lagi agar semakin banyak orang yang mengenal  serta pemanfaatan konten untuk sosial media agar dibuat lebih menarik lagi.


Keywords


Personal Branding, New Media, Mondry

References


Adam J.Moleong, Steven. 1999. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Assauri, Sofjan. 2013. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Rajawali Pers.

Cangara, Hafied H, 2006, Pengantar Ilmu Komunikasi, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta

Dewi Haroen. 2014. Personal Branding Kunci Kesuksesan Berkiprah Di Dunia Politik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Effendy,Onong Uchjana. 2003. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Cetakan kesembilanbelas. Bandung. PT Remaja Rosdakarya

Jubilee Enterprise 2011. Personal Branding Lewat Internet. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller, 2008. Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Penerbit Erlangga. Jakarta

_________. 2009. Manajemen Pemasaran Jilid 1, edisi Ketiga Belas, Terjemahan Bob Sabran, MM. Jakarta: Penerbit Erlangga.

_________. 2009. Manajemen Pemasaran Jilid 2, edisi Ketiga Belas, Terjemahan Bob Sabran, MM. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Montoya, P. and Vandehey,T (2009). The Personal Branding Phenomenon, Personal Branding Press.

Mulyana, Deddy (2012). Cultures and communication an Indonesian scholar’s perspective. Bandung: Remaja Rosdakrya.

McQuail, Dennis. 2010. Mcquaill Mass Communication Theory. London: Sage Publication.

Moleong, Lexy J. (2007) Metodologi Penelitian Kualitatif, Penerbit PT Remaja Rosdakarya Offset, Bandung

Mondry. 2008. Pemahaman Teori dan Praktik Jurnalistik. Bogor: Ghalia Indonesia.

O’Brien, Timothy P (2007). The Power Of Personal Branding, Creating Celebrity Status With Your Target Audience, NJ: Mendham Publishing

Rossiter, J.R. and Percy, L. 1998. Advertising Communications & Promotion Management.

Spencer,M.Lyle and Spencer,M.Signe, 1993, Competence at Work:Models for Superrior Performance, John Wily & Son,Inc,New York,USA

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Shimp Terence. 2003. Periklanan dan Promosi, Erlangga, Jakarta

_____________. 2004. Periklanan dan Promosi: aspek tambahan komunikasi terpadu - Jilid 2. Jakarta: Erlangga

Tellis, Gerard J. (1998), Advertising and Sales Promotion Strategy. New Jersey: Prentice-Hall.




Flag Counter