Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam Kegiatan Pemasaran Uberxdapp

Tri Purwadi, M Rochim

Abstract


Dapp is a company that moves in fashion industry in Bandung. Dapp looks for hardworkers, dreamers, and changemakers, because sold the product by dapp is focused to shirt, nevertherless, dapp can also produce other product such as jacket and hat, but still prioritize the shirt, both formal and nonformal. In developing the awareness of community, dapp often organizes the promotion activity like collaboration with other company, either with uber enterprise, the cooperation in form of free voucher code using the transportation from uber namely UberXDapp promotion. While the aim of research is to know UberXDapp activity in aspect of integrated marketing communication, include advertising, sales promotion, direct marketing, personal selling, and public relations. Advertising kind that uses online media namely website, instragram and line official and print media ie flyer sheet. In sales promotion form namely dividing the voucher and discount. Direct marketing form namely directly promoting with known friends. And public relations role namely as awareness of consumer invites buzzer the aid to promote UberXDapp in orde to be famous widely.

 

Dapp merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang industi fashion di Bandung. Dapp mengincar orang-orang yang hardworkers, dreamers, dan changemaker, karena produk yang dijual oleh dapp yaitu fokus pada kemeja, meskipun begitu, dapp juga memproduksi produk yang lain seperti jaket dan topi, namun tetap mengutamakan kemeja, baik formal maupun nonformal. Dalam membangun awareness khalayak, dapp sering melakukan kegiatan promosi seperti kolaborasi dengan perusahaan lain, salah satunya dengan perusahaan uber, kerjasama dalam bentuk kode voucher gratis menggunakan transportasi dari uber yaitu promo UberXDapp. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kegiatan UberXDapp dalam aspek komunikasi pemasaran terpadu, meliputi advertising, sales promotion, direct marketing, personal selling dan public relations. Bahwa Jenis advertising, menggunakan media online yaitu website, instagram dan line official dan media cetak yaitu flyer lembaran. Dalam  bentuk sales promotion yaitu membagikan voucher dan diskon. Bentuk direct marketing yaitu dengan melakukan gerakan langsung turun ke jalan. Pelaksanaan personal selling yaitu mempromosikan langsung dengan teman-teman yang dikenal. Peran public relations yaitu sebagai awareness konsumen dan mengajak buzzer untuk membantu mempromosikan UberXDapp, agar lebih dikenal luas.


Keywords


UberXDapp, Marketing Communication, Integrated Marketing Communicatio

References


Hermawan, Agus. 2012. Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Moriarty, Mitchell dan William Wells. 2011. Advertising. Jakarta: Kencana

Rakhmat, Jalaluddin. 2009. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Sutisna. 2002. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.5326

Flag Counter   Â