Hubungan Manajemen Komunikasi Pelatihan Keterampilan Dasar dengan Motivasi Kerja Karyawan

Yudy Dwi Maulana, Nurhastuti Nurhastuti

Abstract


Abstract. The focus of this research is the communication management in basic skills training directed to employee work motivation at PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk., Bandung I. branch. This research adopts a descriptive analysis method with quantitative approach. The main research data of this research in the quantitative data extracted from questionnaires distributed to 67 respondents as sample from 207 homogenous populations since all of the population originated from employees who graduated from basic skills training. Data calculation from the validity and reliability test demonstrates that the questionnaire is a valid and reliable instrument, thus deemed proper to be utilized as the main research material. Studies revealed that the basic training skills conducted by PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk.,Bandung I branch, still poses several weaknesses. For example, the training has yet to be able to motivate the employee at Alfamart Mini Market under the management of PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk. Bandung I branch. Some of the weaknesses that emerge as result of research showed that the instructor was found to be lacking in socialization and less dynamic. The media has been hampering the learning of training material. On the other hand, the training material also adopts formal language which is deemed complicated by the trainee. On a note, the trainee’ compatibility does not match with the talent and work interest, therefore diminishing their work motivation. The issues above maybe resolved, by developing the instructor in terms of dynamic socialization capability. Training media has to be adjusted with the needs to simplify the presentation of training materials. In addition, training materials should be directed to operational practice. Basic skills trainee should be selected based on their talents and interest so that their work motivation maybe be enhanced with standardized work indication, sense of pride, sense of value, hard working, capable of working independently and resilient.

 

Abstrak. Fokus penelitian ini adalah manajemen komunikasi pelatihan keterampilan dasar yang diarahkan kepada motivasi kerja Karyawan di PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk. Cabang Bandung I. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskritif analisis dengan pendekatan kuantitatif. Data utama penelitian ini adalah data kuantitatif dari hasil kuesioner yang disebarkan kepada 67 responden sebagai sampel dari 207 populasi homogen karena semua populasi berasal dari karyawan lulusan pelatihan keterampilan dasar. Data hitung hasil uji validitas dan reliabilitas menunjukkan bahwa instrument kuesioner tersebut adalah valid dan reliable, sehingga sangat layak untuk digunakan sebagai bahan utama dalam penelitian. Hasil penelitian memberikan gambaran bahwa pelatihan keterampilan dasar yang dilaksanakan di PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk. Cabang Bandung I masih terdapat kelemahan. Hal tersebut ditandai dengan belum mampu membangkitkan motivasi kerja karyawan di Mini Market Alfamart yang bernaung di PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk. Cabang Bandung I. Kelemahan yang terbukti atas dasar hasil penelitian yaitu instruktur yang kurang bersosialisasi dan dinamis. Media kurang memudahkan dalam penyampaian materi latih. Materi latih karena menggunakan bahasa baku yang kurang dikenal peserta latih. Peserta latih kurang tepat dengan bakat dan minat kerja, sehingga kurang motivasi kerja. Penanggulangan permasalahan tersebut dapat dengan membina instruktur agar memiliki kemampuan dalam bersosialisasi dengan dinamis. Media latih yang digunakan disesuaikan dengan kebutuhan agar memudahkan dalam penyampaian materi latih. Materi latih diarahkan langsung kepada pelaksanaan kerja operasional. Peserta latih yang diikutsertakan pelatihan keterampihan dasar disesuaikan dengan bakat dan minatnya. Hal tersebut untuk membangkitkan motivasi kerja karyawan dengan indikator bekerja sesuai standar, senang bekerja, merasa berharga, bekerja keras, sedikit pengawasan, serta semangat juang tinggi


Keywords


Basic Skills Training, Instructional Method, Work Motivation.

References


George Menard, and Gareth R. Johnes 2011. Motivation and Personality Development. New York: Harper & Row Publisher.

Hamidi. 2010. Metode Penelitian dan Teori Komunikasi. Pendekatan Praktis Penulisan Proposal dan Laporan Penelitian. Malang: UMM Press.

Nasution, Zulkarnaen. 2011. Komunikasi Pembangunan: Pengenalan Teori dan Penerapannya. Edisi Revisi 2. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Rakhmat, Jalaluddin. 2009. Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Yusuf, Pawit M. 2010. Komunikasi Instruksional. Teori dan Praktek. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.4229

Flag Counter   Â