Komunikasi Antarpribadi Personal Banker dengan Nasabah dalam Membangun Minat Berdeposito

Aldi Hardiana, Anne Maryani

Abstract


Abstract. Banking as one of the financial institutions that have a strategic value in the economy of a country. The institutions became a intermediaries between peoples have more funds (surplus of funds) with those people need funding (lack of funds). It has become a phenomenon in the banking world where there is competition between banks to encourage customers to cooperate. By offering a variety of benefits and advantages to give a gift that customers want to cooperate with the bank. However, it becomes an obligation for a Personal Banker having to achieve the target set by the bank. The purpose of this research was to find the correlation of openness, empathy, positivity, equality, and support of Personal Banker in doing inter-personal communication with customers in building interest of deposit. In this research, the variable X namely Interpersonal Communication consists of openness, empathy, positivity, equality, and support variable Y is interest of deposit. The research method used is quantitative with correlational approach, with a sample of 80 people, who are customers of Bank BTPN Sinaya Sukajadi. Data analysis techniques and test hypotheses used are Spearman rank. The result of research showed that the variables X, openness, empathy, positivity, equality, and support Personal Banker with customers has a positive and significant in building interest of deposit in Bank BTPN Sinaya Sukajadi.

 

Abstrak. Perbankan sebagai salah satu lembaga keuangan yang mempunyai nilai strategis dalam perekonomian suatu negara. Lembaga tersebut menjadi sebuah perantara pihak yang memiliki dana lebih (surplus of funds) dengan pihak yang kekurangan dan memerlukan dana (lack of funds). Sudah menjadi fenomena di dunia perbankan di mana terjadi persaingan antar bank untuk mengajak nasabah untuk bekerja sama. Dengan menawarkan berbagai kelebihan keuntungan dan sampai memberikan hadiah agar nasabah mau bekerja sama dengan bank tersebut. Namun, itu menjadi sebuah kewajiban bagi seorang Personal Banker karena harus mencapai target yang ditetapkan oleh bank. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan keterbukaan, empati, kepositifan, kesetaraan, dukungan Personal Banker dalam melakukan komunikasi antarpribadi dengan nasabah dalam membangun minat berdeposito. Dalam penelitian ini, variabel X yaitu Komunikasi Antarpribadi yang terdiri dari keterbukaan, empati, kepositifan, kesetaraan, dan dukungan variabel Y yaitu minat berdeposito. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan pendekatan korelasional, dengan sampel yang berjumlah 80 orang, yang merupakan nasabah Bank BTPN Sinaya Sukajadi. Teknik analisis data dan uji hipotesis yang digunakan yaitu rank spearman. Temuan penelitian menunjukkan bahwa variabel X, keterbukaan, empati, kepositifan, kesetaraan, dan dukungan Personal Banker dengan nasabah memiliki hubungan yang positif dan signifikan dalam membangun minat berdeposito di Bank BTPN Sinaya Sukajadi.


Keywords


Interpersonal Communication, Personal Banker, Interest of Deposit

References


Djumhana, Muhammad 2000. Hukum Perbankan Di Indonesia. Bandung: Citra Aditya Bakti

Liliweri, Alo. 1997. Komunikasi Antarpribadi. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti

Rakhmat, Jalaluddin. 2013. Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rakhmat, Jalaluddin. 2012. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Siregar Sofyan. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta. Prenada Media Group

Sugiyono 2012. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.4098

Flag Counter   Â