PEMANFAATAN SELEBRITI INSTAGRAM DALAM MENINGKATKAN BRAND AWARENESS WADEZIG!

Rizky Ahmad Nugraha, Endri Listiani

Abstract


Abstrak. Saat ini industri pakaian memiliki peran untuk melengkapi kebutuhan sandang manusia, karena semakin banyaknya permintaan atas berbagai macam jenis pakaian. Wadezig! adalah salah satu dari banyak perusahaan yang bergerak di bidang industri pakaian atau fashion. Salah satu cara untuk meningkatkan penjualan yang dilakukan oleh Wadezig! adalah promosi menggunakan selebriti Instagram. Adapun tujuan dari penggunaan selebriti Instagram tersebut adalah untuk meningkatkan brand awareness dari Wadezig!. Peneliti tertarik untuk meneliti mengenai bagaimana pemanfaatan selebriti Instagram dalam meningkatkan Brand Awareness Wadezig!. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana tahap perencanaan, pelaksanaan, dan hasil evaluasi pemanfaatan selebriti Instagram dalam meningkatkan brand awareness Wadezig!. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian diperoleh melalui wawancara yang dilakukan kepada 3 orang informan kunci dan 2 informan. Hasil penelitian pada tahap perencanaan pemanfaatan selebriti Instagram, Wadezig! mempertimbangkan dalam memilih sosok selebriti Instagram yang dianggap layak untuk berkerjasama. Kemudian pada pelaksanaannya kerjasama yang terjalin dengan Wadezig! dengan selebriti Instagram tidak mensyaratkan adanya kontrak yang mengatur pola kerjasama bahkan tidak ada kompensasi berupa uang yang diberikan untuk selebriti instagram. Kemudian pada evaluasi, yakni dengan memanfaatkan jasa selebriti Instagram dianggap dapat membantu bagi tercapainya brand awareness meski tidak terlalu signifikan terlihat pada tingkat penjualan atas produk-produk yang dimiliki oleh Wadezig!.


Keywords


kata kunci: promosi, fashion, media sosial, pemanfaatan selebriti instagram, brand awareness

References


Bambang, Dwi Atmoko. 2012. Instagram Handbook: Buku Ulasan Komprehensif Tentang Instagram dan Tips Fotografi Ponsel. Jakarta: Mediakita.

Durianto, Darmadi,dkk. 2004. Strategi Menaklukkan Pasar Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Kaplan, Andreas. M. dan Haenlein, Michael. 2010. Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media. Business Horizons.

Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Jakarta: PT INDEKS Kelompok GRAMEDIA.

K. Yin, Robert. 2013. Studi Kasus : Desain dan Metode. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Morissan.2007. Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Ramdina Prakarsa.

Rangkuti, Freddy. 2009. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Saladin, Djaslim dan Oesman, Yevis Marty. 2002. Perilaku Konsumen dan Pemasaran Strategik. Jakarta: Balai Pustaka.

Saladin, Djaslim. 2004. Manajemen Pemasaran. Bandung: Linda Karya.

Shimp, Terence, A. 2007. Peiklanan, Promo, Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Edisi Kelima, Diterjemahkan oleh Revyani Sjahrial dan Dyah, Jakarta. Airlangga.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.379

Flag Counter   Â