Hubungan antara E-Commerce pada Situs Belanja Online Fashion Zalora dengan Keputusan Pembelian

Sarah Sabili, Zulfebriges Zulfebriges

Abstract


Abstract. Rapid development in communicating not only in the form of print media but also electronic media. The thing that most noticeably in its development was the internet. The development of internet users is also not just the quantity, but also from the internet utilization types, one of which is the use of the internet for online buying and selling activities or more commonly known by the term E-Commerce. The data showed that growth of the market of online shop will continue to increase. Giving rise to effects and factors that affect the behaviour of consumers towards online shop. This research was conducted to find out whether there is a relationship between the E-Commerce site online shopping fashion Zalora by purchasing decisions among the students of SMA Negeri 1 Sumedang. The purpose of this research is to find out whether there is a relationship between trading via the internet with a purchasing decision, whether there is a relationship between trade via the web commerce with a purchasing decision. Whether there is the relationship between trade through a system EDI (electronic data interchange) with the purchase decision.This research uses the quantitative with the approach of correlational that the results obtained can captures the relationship between e-commerce with the purchase decision.The result of this research there are ties in all variable peneliatian but with force very low.

 

Abstrak. Pesatnya perkembangan dalam berkomunikasi tidak hanya dalam bentuk media cetak namun juga media elektronik. Hal yang paling terasa dalam perkembangannya adalah internet. Perkembangan pengguna internet juga bukan hanya dari kuantitas, namun juga dari jenis pemanfaatan internet tersebut salah satunya adalah penggunaan internet untuk aktifitas jual beli online atau lebih sering dikenal dengan istilah E-Commerce. Data menunjukan bahwa pertumbuhan pasar online shop akan terus mengalami kenaikan. Sehingga menimbulkan dampak dan faktor yang mempengaruhi tingkah laku konsumen terhadap online shop. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara E-Commerce pada situs belanja online fashion Zalora dengan keputusan pembelian dikalangan siswa-siswi SMA Negeri 1 Sumedang. Tujuan penelitian ini adalah mencari tahu apakah terdapat hubungan antara perdagangan via internet dengan keputusan pembelian, apakah terdapat hubungan antara perdagangan via web commerce dengan keputusan pembelian, apakah terdapat hubungan antara perdagangan melalui sistem EDI/Electronic Data Interchange dengan keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan metode Kuantitatif dengan pendekatan korelasional agar hasil yang didapat dapat menggambarkan hubungan antara E-Coomerce dengan keputusan pembelian. Hasil dari penelitian ini terdapat hubungan pada seluruh variabel peneliatian namun dengan kekuatan yang sangat rendah.


Keywords


E-Commerce, Online Shop, Purchase Decision

References


Djaslim Saladin. 2001. “Manajemen Pemasaran, Analisis, Perencanaan, Pelaksanaan dan Pengendalianâ€. Bandung: Penerbit Lindakarya

Hidayat, Taufik, 2008. Panduan Membuat Toko Online dengan OS Commerce. Jakarta: Mediakita.

Kotler, Philip dan Armstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran (Edisi Sepuluh Jilid Satu). Jakarta: PT. Indeks Kelompok.

Varmaat, Shelly Cashman, 2007. Discovering Computers: Menjelajah Dunia Komputer Fundamental Edisi 3. Jakarta : Salemba Infotek.

Wong, Jony, 2010. Internet Marketing for Beginners. Jakarta : Elex Media Komputindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.3784

Flag Counter   Â