Hubungan antara Event Exhibition dengan Minat Beli Konsumen

Leo Saputra, Wiki Angga Wiksana

Abstract


Abstract. Bandung is one of the cities in Indonesia which is famous for its fashion and style tourism. Bandung is a city that has been selected as one of the favorite destinations in the Asian region in terms of fashion and has become one of the mecca for selling various kinds of fashion or trendy fashion.With the increasing business0 development in the fashion and creative industries, companies make innovations and develop creativity to attract consumers. One of them is holding an Exhibition Event to introduce products to consumers. One of them is Hi Jack Sandals, which held an event with the concept of Duality A flux Paradox Exhibition as a way to promote its products. By referring to interaction, individuality, and integrity, it is hoped that this event will attract event visitors to buy Hi Jack Sandals products. Based on the AIDA theory (Attention, Interest, Desire, Action), this research has The purpose of this study is to determine the relationship between the Exhibition Event and Consumer Purchase Intention. The research method used is the quantitative method with a correlational approach. The population in this study were 167 visitors to the Duality A Flux Paradox Exhibition Event. And the data collection techniques used were questionnaires and literature study. The results showed that there was a significant relationship between interaction, individuality and integrity.

Keywords: Event, Hi Jack Sandals, Purchase Interest, AIDA Theory

Abstrak. Kota Bandung merupakan salah satu kota di Indonesia yang terkenal dengan wisata fashion dan stylenya. Bandung merupakan kota yang terpilih sebagai salah satu destinasi favorit di kawasan Asia dalam hal fashion dan menjadi salah satu kiblat penjualan berbagai macam fashion atau mode pakaian yang sedang trend.Dengan meningkatnya perkembangan bisnis di bidang fashion dan industri kreatif membuat perusahaan berinovasi dan mengembangkan kreativitas untuk menarik konsumen. Salah satunya menyelenggarakan Event Exhibition untuk memperkenalkan produk kepada konsumen. Salah satunya Hi Jack Sandals yang membuat event dengan konsep Duality A flux Paradox Exhibition sebagai salah satu cara mempromosikan produknya. Dengan mengacu pada interaction, individuality, dan integrity di harapkan event tersebut dapat menarik minat pengunjung event untuk membeli produk Hi Jack Sandals. Berdasarkan pada teori AIDA (Attention, Interest, Desire, Action), penelitian ini memiliki tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan antara Event Exhibition Dengan Minat Beli Konsumen. Metode penelitian yang digunakan yaitu Metode Kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini yaitu pengunjung Event Duality A Flux Paradox Exhibition yang berjumlah 167 orang. Dan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan kuisioner dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan yang cukup berarti antara Interaction, Individuality, dan integrity.

Kata Kunci: Event, Hi Jack Sandals, Minat Beli, Teori AIDA. 


Keywords


Event, Hi Jack Sandals, Minat Beli, Teori AIDA.

Full Text:

PDF

References


Noor, Any. 2013. Manajemen Event. Bandung:Alfabeta

Schiffman, L.G. dan Kanuk L.L. 2000. Perilaku Konsumen, Edisi ke-7. New Jersey: Printice Hall.

Azis Alamsyah Nusantara, Sofyan Aning. (2021). Hubungan antara Daya Tarik Iklan Instagram Nah Project dengan Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Riset Manajemen Komunikasi, 1(1), 10-15




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.31530

Flag Counter