Pengaruh Tayangan Konten Baim Paula terhadap Sikap Mahasiswa Kota Bandung

Resza Alfiari Sudradjat, Aning Sofyan S

Abstract


Abstract. The study entitled "The Effect of Baim Paula's Impressions on the Social Communication of Bandung City Students" (Correlational Study of the Effect of Baim Paula's Impressions on Bandung City Students). Which aims to see to what extent the influence of Baim Paula's youtube shows on Student Social Communication in Bandung City. The research method uses a quantitative approach. The data technique in research using a questionnaire or questionnaire. The population in this study were students of the city of Bandung. While the sample in the study was 100 respondents. To achieve the desired correlational results using the SPSS 25 application. The results of data processing indicate that there is a relationship between Impression Influence and Social Communication. Variables that have a significance value above 0.05 are uncorrelated variables. From the results of the processing data, it can be seen that there is a significant value between the Impression Influence and the resulting Social Communication of 0.00, which means that the variable is strong because it has a correlation value of 0.863 with Social Communication. 

Keywords: Effect of impressions. Social Communication, Youtube.

Abstrak. Penelitian ini berjudul “ Pengaruh Tayangan Baim Paula Terhadap Sikap Mahasiswa Kota Bandung “ (Studi Korelasional Pengaruh Tayangan Baim Paula Terhadap Mahasiswa Kota Bandung). Yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh tayangan youtube dari Baim Paula terhadap Sikap  Mahasiswa Kota Bandung. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuisioner atau angket. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Kota Bandung. Sedangkan sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden.Untuk mencapai hasil yang diinginkan korelasional dengan menggunakan aplikasi SPSS 25. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa adanya hubungan antara Pengaruh Tayangan dengan Sikap Mahasiswa. Variabel yang memiliki nilai signifikasi diatas 0,05 merupakan variabel yang tidak berkorelasi. Dari hasil data pengolahan terlihat bahwa terdapat nilai yang signifikan antara Pengaruh Tayangan dengan Sikap Mahasiwal yang dihasilkan sebesar 0,00 yang artinya bahwa variabel kuat karena memiliki nilai pearson correlation sebesar 0,863 dengan Sikap Mahasiswa 

Kata Kunci: tayangan, sikap, kognitif, afektif, konatif.


Keywords


tayangan, sikap, kognitif, afektif, konatif.

Full Text:

PDF

References


Azwar, S. 2000. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta : Pustaka

Azwar, S. 2007. Metode Penelitian. Yogyakarta : Pustaka pelajar

Creeber, G. & Martin, R (ed.). 2009, Digital Cultures: Understanding New Media, Berkshire-England: Open University Press.

David, Eribka Ruthellia, dkk. 2017. Pengaruh Konten Vlog dalam Youtube Terhadap Pembentukkan Sikap Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sam Ratulangi. “Acta Diurna” volume VI, no. 1 tahun 2017.

Duffett, R. (2020). The YouTube Marketing Communication Effect on Cognitive, Affective and Behavioural Attitudes among Generation Z Consumers. Sustainability, 12(12), 5075. doi:10.3390/su12125075

Emzir. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta. Pt Raja Grafindo Persada.

Effendy, Onong Uchjana. 2009. Komunikasi teori dan praktek. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Halik. Abdul. 2013. Komunikasi Massa. Makassar : AU Press.

Kristianingrum, M. D., Widodo, Y., & Sos, S. Pengaruh Terpaan Tayangan Program Acara Warna Trans7 Terhadap Sikap Penonton.

Madden, A., Ruthven, I., & McMenemy, D. 2013. A classification scheme for content Analyses Of Youtube Video Comments. Journal of Documentation, 69(5), 693–714. doi:10.1108/jd-06-2012-0078

Mulyana, D. (2011). Ilmu Komunikasi. Bandung: PT. Rosda Karya.

Munnukka, J., Maity, D., Reinikainen, H., & Luoma-aho, V. (2019). “Thanks for watching”. The effectiveness of YouTube vlogendorsements. Computers in Human Behavior, 93, 226–234. doi:10.1016/j.chb.2018.12.014

Reijonen, V. 2019. The influence of YouTube influencer marketing on attitudes of generation Z.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta.

West Richard dan Lynn H. Turner. 2008. Pengantar Teori Komunikasi: Analisis Dan Aplikasi. Buku 1 edis ke-3 Terjemahan Maria Natalia Damayanti Maer. Jakarta: Salemba Humanika.

https://www.hitekno.com/internet/2019/11/22/200000/fantastis-segini-penghasilan-channel-youtube-baim-wong

Adrianto Rifqi, Kurnia. (2021). Kredibilitas Influencer dalam Membentuk Kepercayaan Konsumen terhadap Brand. Jurnal Riset Manajemen Komunikasi, 1(1), 54-60




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.30405

Flag Counter