Hubungan Brand Image Kozi Coffee Company Bandung terhadap Keputusan Pembelian

Atriani Pramesti Pratiwi, Aning Sofyan

Abstract


Abstract. Based on the various ways that have been done by the company in maintaining and determining customer loyalty purchasing decisions, one of which is brand image. Brand image can be said that the brand image is a representation of the overall perception of the brand and is formed from information and past experiences with the brand. Kozi Coffee Company is a café in Bandung, precisely on Jalan Banda No. 40 Bandung, which provides a variety of food and beverage that is loved by loyal customers at Kozi Coffee. Customer loyalty is a loyal consumer of a product and chooses to make purchases on and ongoing basis. The research subjects were loyal customers at Kozi Coffee and using qualitative research method. Researchers try to examine what explains the relationship of brand image to purchasing decisions of loyal customers at Kozi Coffee Company. Clearly whether there is a relationship between the Kozi Coffee Company's brand image and the purchasing decisions of loyal customers at Kozi Coffee. The theory used to support variable (X) brand image is according to Tjiptono, which are 5 indicators including product quality, service, company policy, company reputation and marketing activities, while variable (Y) only use three variables such as product selection, supplier selection and time and amount of purchase. This study use brand equity theory. The results showed that (1) Product quality has a very high relationship with the purchasing decision of Kozi Coffee for loyal customers of Kozi Coffee Company. (2) Service has a significant relationship with Kozi Coffee purchasing decisions to loyal customers of Kozi Coffee Company. (3) Company policy has a low but definite relationship with Kozi Coffee purchasing decisions for loyal customers of Kozi Coffee Company. (4) The company's reputation has a significant relationship with the purchase decision of Kozi Coffee for loyal customers of Kozi Coffee Company. (5) Marketing activities have a low but definite relationship with Kozi Coffee purchasing decisions to loyal customers of Kozi Coffee Company.

Keywords: Brand Image, Purchase Decision, Customer Loyality, Kozi Coffee Company.

Abstrak. Berdasarkan berbagai cara yang telah dilakukan oleh pihak perusahaan dalam menjaga serta menentukan keputusan pembelian loyalitas pelanggan salah satunya adalah brand image. Brand image ialah representasi dari keseluruhan persepsi terhadap merek dan dibentuk dari informasi dan pengalaman masa lalu terhadap merek. Kozi Coffee Company adalah salah satu café di Bandung tepatnya di Jalan Banda No. 40 Bandung yang menyediakan berbagai menu makanan dan minuman yang disukai oleh pelanggan loyal di Kozi Coffee. Loyalitas pelanggan adalah konsumen yang setia akan suatu produk dan memilih untuk melakukan pembelian secara terus menerus. Dalam penelitian ini, subjek penelitiannya adalah pelanggan loyal di Kozi Coffee dan menggunakan metode penelitian kuantitatif. Peneliti berusaha meneliti yang menjelaskan hubungan brand image terhadap keputusan pembelian pelanggan loyal di Kozi Coffee Company. Lebih jelasnya adalah apakah terdapat hubungan brand image Kozi Coffee Company dengan keputusan pembelian pelanggan loyal di Kozi Coffee. Teori yang digunakan untuk mendukung variabel (X) brand image adalah menurut Tjiptono yaitu terdapat 5 indikator meliputi kualitas produk, pelayanan, kebijakan perusahaan, reputasi perusahaan dan kegiatan pemasaran, sedangkan pada variabel (Y) hanya menggunakan tiga variabel yaitu pemilihan produk, pemilihan penyalur dan waktu dan jumlah pembelian. Penelitian ini menggunakan teori ekuitas merek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kualitas produk memiliki hubungan yang sangat tinggi dengan keputusan pembelian Kozi Coffee pada pelanggan loyal Kozi Coffee Company. (2) Pelayanan memiliki hubungan yang cukup berarti dengan keputusan pembelian Kozi Coffee pada pelanggan loyal Kozi Coffee Company. (3) Kebijakan perusahaan memiliki hubungan yang rendah tapi pasti dengan keputusan pembelian Kozi Coffee pada pelanggan loyal Kozi Coffee Company. (4) Reputasi perusahaan memiliki hubungan yang cukup berarti dengan keputusan pembelian Kozi Coffee pada pelanggan loyal Kozi Coffee Company. (5) Kegiatan pemasaran memiliki hubungan yang rendah tapi pasti dengan keputusan pembelian Kozi Coffee pada pelanggan loyal Kozi Coffee Company.

Kata Kunci: Brand Image, Keputusan Pembelian, Loyalitas Pelanggan, Perusahaan Kozi Coffee.


Keywords


Brand Image, Keputusan Pembelian, Loyalitas Pelanggan, Perusahaan Kozi Coffee.

Full Text:

PDF

References


Aaker, D. (n.d.). Managing Brand Equity: Capitalizing on the value f a brand name. New York: Press.

Akbar, Kurnia. “Analisis Pengaruh Harga, Brand Image, dan Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone atau Smartphone Samsung Jensi Android: Survei pada Mahasiswa universitas Diponegoro”. Skripsi. Semarang: Universitas Diponegoro.

Fitrikorama, Faizal ; Sofyan, Aning. 2019. Promotion of Kopi ABC’s Brand Trough Bintang Bola Kopi ABC 2016 Activites in Building a Brand Image. http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/7236. Diakses pada 10 Januari 2020 pukul 11.40 WIB

Kotler, P., 2004. Manajemen Pemasaran Jilid II Edisi Milenium. Jakarta: PT.Prenhalindo.

Kotler, P. dan Keller, K.L., 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi ke 13. Diterjemahkan oleh Bob Sabran. Jakarta: Erlangga.

Khasawneh, K. dan Hasouneh, A.B.I., 2010. The effect of familiar brand names on consumer behaviour: A Jordanian Perspective. International Research Journal of Finance and Economics, 43: 33-57.

Kotler, P., 2004. Manajemen Pemasaran Jilid II Edisi Milenium. Jakarta: PT. Prenhalindo.

Kotler, P. dan Keller, K.L., 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi ke 13. Diterjemahkan oleh Bob Sabran. Jakarta: Erlangga.

Lin, Nan-Hong dan Bih-Syah Lin. 2007. The Effect of Brand Image and Product Knowledge on Purchase Intention Moderated by Price Discount. Journal of International Managements Studies, 121 132.

Tambrin, M., 2010. Pengaruh Brand Image Terhadap Pelanggan Kartu Simpati Terhadap Kepuasan Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura. Jurnal S tudi. Manajemen. Vol 4 No.1 April 2010.

Nurul Huda. 2012. “Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Motor Scuter Matic Yamaha.” Makasar. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Hasanuddin.

Alvian B. 2012. “Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Mobil Toyota Kijang Innova pada PT. Hadji Kalla cabang Polman.” Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Hasanuddin.

Akbar, Kurnia. “Analisis Pengaruh Harga, Brand Image, dan Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone atau Smartphone Samsung Jensi Android: Survei pada Mahasiswa universitas Diponegoro”. Skripsi. Semarang: Universitas Diponegoro.

Azis Alamsyah Nusantara, Sofyan Aning. (2021). Hubungan antara Daya Tarik Iklan Instagram Nah Project dengan Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Riset Manajemen Komunikasi, 1(1), 10-15




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.30364

Flag Counter